Latest News

Cara Beternak Dan Mengawinkan Hamster Biar Cepat Bunting

Panduan Singkat Beternak Hamster
Hamster ialah binatang sejenis binatang pengerat, terdapat banyak sekali jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang kecil membuat hamster gampang untuk dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan sangkar yang terlalu besar untuk merawatnya. Nama ilmiah dari hamster ialah Cricetinae

  • Hamster mempunyai bermacam-macam jenis dengan ciri-cirinya masing-masing. bagi kalian yangbaru akan mencoba beternak hamster, kami sarankan mulailah dengan jenis campbel alasannya harganya tergolong murah ataupun juga perawatannya mudah, namun hamster jenis ini cenderung galak. Selain campbel, jenis winter white serta pearl bisa kalian gunakan sebagai dasar dari ternak hamster. Jenis ini tergolong jinak ataupun juga harganya tidak terlalu mahal. untuk menentukan indukan yang baik, pilihlah dari kelincahan hamster tersebut dan juga nafsu makannya. lain dari itu, untuk indukan jantan, tetapkanlah yang mempunyai bokong yang besar ( konon ciri tersebut menyuruh hamster tersebut subur).
  • Untuk beternak hamster dengan biaya yang minimal, kite-kite sanggup mendayagunakan box bekas es krim maupun aquarium atau benda lainnya yang sekiranya hamster tidak sanggup lepas dari tempat tersebut. akan tetapi jikalau kalian mempunyai dana yang cukup, bisa juga melaksanakan sangkar hamster yang ratusan juta didagangkan di toko. Sebagai ganjal sangkar hamster, kita sanggup memakai serbuk kayu maupun pasir. Hal ini bertujuan supaya sangkar tidak wangi alasannya keringat ataupun kencing dari hamster. Alas tersebut juga berfungsi untuk membersihkan bulu-bulu hamster supaya selalu terlihat rapi. Selain itu, kebersihan sangkar juga bagaimanapun juga dijaga. Bersihkan sungguh-sungguh enggak satu ahad sekali dan juga ganti serbuk kayu maupun pasir yang dipakai sebagai fondasi.
  • Hamster merupakan jenis binatang yang memakan biji-bijian. bagi memulai peternakan, kita-kita sanggup memakai masakan kemasan langsung hamster yang banyak dijual ditoko-toko hewan. selain itu kita sanggup juga memberinya variasi masakan menyerupai tauge, jagung, kuaci, dan beberapa jenis biji-bijian. Namun untuk masakan tersebut kami harus membatasinya. Tauge memang baik untuk kesuburan induk hamster, tapi terlalu banyak mengkonsumsi tauge dan juga jagung sanggup menimbulkan debu hamster membuat encer sehingga sanggup menjadi sarang penyakit dan juga membuat bulu hamster menjadi basah.
  • Hamster sama dengan model binatang yang suka poligami. Dalam hal ini, kita sanggup mengawinkan satu indukan dengan beberapa induk betina. Namun sebaiknya masing-masing induk betina dipisahkan kandangnya bagi mengantisipasi perkelahian. Apabila salah eka induk betina telah hamil, kita sanggup memindahkan induk jantan ke sangkar betina yang lain.
  • Ciri-ciri hamster hamil sanggup kita lihat dari bentuk perutnya yang membulat dan juga juga perilakunya yang agresif. bila terlihat gejala tersebut, segera pisahkan induk jantan serta biarkan induk betina sendirian. Hamster sanggup melahirkan sekitar 8 ekor bayi. diwaktu anak hamster lahir, putuskan masakan serta minuman bagi sang induk selalu tersedia dan juga tempatkan sangkar di tempat yang jauh dari keramaian. Hal ini alasannya hamster akan memakan anaknya disaat makanannya habis dan juga merasa terganggu oleh lingkungan kisaran. Selain itu, jangan sudah memindahkan bayi hamster dan juga memebersihkan sangkar selama bayi tersebut berusia kurang kian satu bulan supaya sang induk selalu merawat bayi-bayinya.
Cara Membuat Kandang Hamster Murah
Contoh membuat sangkar hamster memakai kayu cor (*kayu untuk cor bangunan) beli di material ada, kenapa saya pilih alasannya harganya relatif murah kisaran 15 rb sanggup 2 lembar dah cukup buat 4-5 kamar.., rus kayu ini di gergaji yummy tapi tidak alot untuk hamster, empuk tidak membuat paku bengkok ..

1.Ukuran keliling per kamar sekitar 15cm ini sudah mepet banget kalo lahir 10 dan besar semua sudah terasa sesak

2.Untuk kawat strimin (*kawat kotak2) saya pakai 2 ukuran 1cm sama, 0,5 cm sebagai alasnya, kenapa saya pilih 0,5 cm ini untuk merawat kaki bayi hamster biar gak bengkok alasannya ganjal terlalu keras.

Rahasia dari sangkar untuk beternak ialah adanya sirkulasi udara yg baik, dan sirkulasi kotoran sehingga kotoran tidak busuk di dalam kandang, bab,kencing dll. Kandang ini gampang dibersihkan, cukup bawahnya diambil di basuh dan jemur sangkar dah bersih, alasannya sangkar ini di design supaya kotoran bisa turun kebawah.

Pada dasarnya semua sangkar bisa dan anggun dipergunakan oleh Hamster, mau pakai akuarium, sangkar beli di toko kek sama saja akan tetapi kandang2 diatas itu mempunyai kelemahan-kelemahan:

1.Misalnya pada ketika hamster melahirkan sangkar tidak bisa dibersihkan hingga nunggu anaknya besar,efek sampingnya bisa merubah aroma si baby yg menimbulkan dimakan indukan alasannya disangka makanan

2.Kalo untuk ternak yang kapasitasnya besar pakai sangkar akuarium itu nanti bisa timbul duduk perkara dengan air kencing hamster, yang terperinci wangi kalo kebanyakan hasmternya pakai sangkar akuarium

3.Biaya operasional perawatan lebih besar sangkar akuarium... Beli pasirlah, serbuk kayulah

Cara Agar Hamster Cepat Bunting dan Beranak, Ikuti Langkah-langkah Dibawah Ini
  • Pilih hamster indukan dengan kualitas yang sangat baik kira-kira yang berumur 2 bulan.Biasanya umur segitu sudah produktif dan siap untuk dibuahi.
  • Menyiapkan tempat atau sangkar yang baik usahakan tempatnya agak luas.Taruh sangkar ditempat yang gelap dan hening supaya hamster tidak ada yang mengganggu dan stress.Setiap pasang hamster ditempatkan pada sangkar yang terpisah
  • Untuk menyatukan hamster anda bisa membuat sangkar khusus terserah karenan sangkar hamster bermacam-macam jenisnya.Kemudian buatlah sekat ditengahnya cara ini dikhususkan untuk hamster jenis campbel.Biarkan selama kurang lebih satu ahad supaya mereka saling mengenali aroma tubuh.Anda juga bisa mengoleskan bedak bayi ketubuh hamster tersebut supaya prosesnya lebih cepat dan mereka gampang berdaptasi dengan baunya.
  • Apabila anda punya jenis roborovski anda bisa langsung memasukannya kedalam kandang.Karena hamster jenis ini mempunyai sifat yang jinak dan ga suka menggigit dibandingkan dengan campbel.Usahakn badan sang jantan lebih besar dari badan sang betina.
  • Selain itu anda juga memakai media baskom untuk mengawinkan hamster.Usahakan baskom berwarna gelap kemudian cari kain untuk menutupi baskom tersebut dan kasih lubang sedikit saja atau secukupnya untuk bernafas.Berikan serbuk kayu dan tempat kecil untuk mandi hamster.
  • Biarkanlah selama satu ahad segera pindahkan jantan kalau bisa anda siapkan satu betina lagi.Segera pindahkan betina yang satunya dengan jantan dengan menggunkan cara pakai baskom yang saya sebutkan tadi.
  • Sebenarnya insting mereka secara alami pada waktunya akan mengalami masa perkawinan tetapi bebrbeda dengan keadan sang jantan dan betina yang masih muda.Biasanya mereka akan sering bertengkar dan sulit bersatu.Untuk itu ada beberapa acar yang harus anda coba yaitu dengan menawarkan pakan touge berikan beberapa batang touge 3 kali sehari usahakan jangan banyak-banyak ya.Apabila jantan sudah mulai membuahi segera stop pinjaman pakan ini akan berdampak tidak baik bisa menimbulkan diare.
  • Kalau anda menginginkan variasi warna usahakan pilih jenis campbel.Hamster campbel mempunyai banyak varian warna.Anda bisa eksperimen melaksanakan perkawinan hamster campbell dengan warna yang berbeda.
  • Idealnya 2-4 hamster betina dikasih satu hamster jantan yang subur dan sudah memasuki masa perkwinan.Apabila hamster jantan sudah membuahi para betinanya dan dinyatakan sudah hamil maka hal yang harus anda lakukan ialah memisahkan betina tersebut sendiri-sendiri.Apabila tidak dilakukan kasihan bayi ahmster bisa dimakan hamster betina lainnya apabila dalam satu kandang.
Hamster dan Biji Bunga Matahari
Kalau kita penggemar binatang hias yang berjulukan hamster tentu kita sangat familiar dengan bunga matahari kenapa? Karena sudah usang diketahui bahwa hamster kalau di film-film kartun ialah binatang yang sangat menggemari biji bunga matahari, jadi hamster identik dengan biji bunga matahari sebagai masakan favoritnya. Tetapi tahukah anda jikalau dalam biji bunga matahari terkandung banyak manfaat bagi kesehatan alasannya kandungan nutrisi yang ada didalam biji bunga tersebut?

Add caption
Bunga matahari ini, termasuk bunga musiman alasannya hanya bisa tumbuh hanya semusim. Namun bunga ini mempunyai beberapa manfaat. Bunga ini juga memeiliki beberapahal yang kita ungkin lom tahu belakang layar dibalik itu. Baik daun maupun bunga dari bunga matahari bersifatheliotropis, yaitu, selalu mengikuti cahaya matahari. Tanaman bunga matahari menyimpan auxin. Auxin merupakan suatu hormon tumbuhan yang mengendalikan pertumbuhan. Biasanya jumlah auxin lebih banyak di sisi yang jauh dari sinar matahari. Itulah penyebab batang bunga matahari selalu tumbuh ke arah sinar itu. Tetapi, bunga yang sudah mekar penuh tidak lagi bersifat heliotropis. Meski demikian bunga matahari selalu menghadap ke arah timur.

Saat ini, bunga matahari mempunyai nilai ekonomis. Biji bunga matahari bisa dipakai untuk menghasilkan minyak yang sangat anggun mutunya. Minyak tersebut bisa dipakai dalam masakan, saus salad, dan margarin. Biji bunga matahari mempunyai nilai gizi yang tinggi.

Bunga matahari tidak sanggup hidup di kawasan yang tergenang air dikarenakan akarnya akan membusuk. Budidaya bunga matahari di Indonesia kurang memuaskan. Blogiztic.net akan mengupas cara budidaya bunga matahari yang benar sebagai berikut.

Bunga matahari ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari, sebagai tumbuhan hias. Tanaman ini cocok di segala alam tetapi tumbuhan ini paling subur di kawasan pegunungan, kawasan yang mempunyai kelembaban cukup dan banyak mendapat sinar matahari langsung. Bunga matahari sanggup tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Bunga matahari ini diperbanyak dengan biji. Biji benih berasal dari bunga pertama induknya yang sudah tua. Caranya dengan penyemaian. Biji benih diambil dan ditabur dalam bekas yang mengandung tanah basah, ia gampang berkecambah dan cepat membesar. Jika hanya butuh sedikit, cukup memakai pot sebagai wahana persemaian. Untuk skala besar, semaikan di bedengan. Tunggu 10 hari semenjak masa tabur, atau bila tinggi bibit sekitar 15 – 20 cm, gres boleh dipindahkan ke lokasi tanam. Satu lubang, cukup satu bibit. Jarak tanam sekurang – kurangnya 1 meter persegi. Jika terlalu rapat, batang tak akan berkembang dan bercabang. Besaran bunga pun akan mengecil, bahkan kerdil.

Tanaman bunga matahari sebaiknya ditanam pada tanah gembur. Di awal penanaman, taburkan 3 kg pupuk sangkar (kotoran ayam, kotoran kambing, kotoran lembu) per bibit. Ulangi ketika tumbuhan berumur sebulan. Berikan 25 gram ZA per batang. Di usia 1,5 bulan, tambahkan 15 gram TSP per batang. Jangan lupa, perhatikan terusan pembuangan air, hama dan penyakit yang bisa mendera. Umur 2 bulan, bunga dari batang utama mulai kuncup, diikuti cabang – cabang di ruas – ruas daun di bawahnya. Satu batang tumbuhan bisa menghasilkan 10 – 12 tangkai bunga.

Untuk pemeliharaan bunga matahari, lakukan penyiraman setidaknya sekali sehari. Spesies pokok hiasan ini bisa menarik serangga yang turut membantu proses pendebungaan untuk menghasilkan biji benih bagi pertumbuhan anak benih baru.

Kaprikornus jikalau anda bisa mempunyai kebun bunga matahari sendiri maka berarti pula anda punya stock pakan kesukaan hamster yang berlimpah.

Diolah dari banyak sekali sumber

0 Response to "Cara Beternak Dan Mengawinkan Hamster Biar Cepat Bunting"

Total Pageviews