Latest News

Macam-Macam Jenis Landak Mini, Binatang Malam Yang Imut

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai insan dengan durinya yang melekat disekujur tubuhnya. Tetapi lain landak biasa lain pula yang namanya landak mini, meskipun  sama-sama berjulukan landak tetapi landak mini sama sekali tidak berbahaya. Landak Mini berasal dari Negara Afrika, yang dikenal dengan nama African Pygmy Hedgehog. Jenis Landak Mini ini sanggup menjadi binatang peliharaan. Karena duri yang ada pada Landak Mini tidaklah berbahaya selain itu juga mempunyai wajah yang lucu dan bentuknya sanggup melingkar ibarat bola duri.


Landak Mini tergolong binatang Nocturnal (aktif pada malam hari). Ketika di siang hari Landak Mini lebih suka untuk tidur di bawah rumput, tumpukan serutan kayu atau liang-liang yang tersedia.
Pakan Landak Mini. Landak mini membutuhkan 70-100 kalori/hari, tapi ia sanggup makan melebihi kebutuhan normalnya. Jadi, kalau berat tubuh landak mini Anda tampak bertambah (gemuk), mungkin Anda membatasi jumlah makanannya. Pelet catfood atau dogfood harus berukuran kecil sehingga sanggup memudahkan landak mini untuk memakannya. Gunakanlah cat food dengan ukuran standar atau lebih kecil. Jumlah protein yaitu 28-30 persen atau dua kali jumlah FAT yaitu 15-16 persen. Sediakan sesekali ulat hongkong atau ulat jerman. Jumlahnya sekitar satu sendok makan. Berikanlah dua kali seminggu. Makanan harus dijaga dari materi pengawet yang berbahaya. BHA, BHT dan ethoxyquin biasanya dipakai untuk materi pengawet yang keamanannya dipertanyakan dan tidak lagi diperbolehkan dalam kuliner manusia. Hindarilah pemanis buatan ibarat sirup jagung, sukrosa, dan gliserin, serta warna tiruan atau rasa. 
Landak Mini ketika merasa terancam atau terganggu ia akan menentukan untuk lari, atau kalau terdesak ia sanggup melindungi dirinya dengan membentuk gumpalan bola dengan menegakan duri-durinya.

Macam dan Jenis Landak Mini
Landak Mini yaitu binatang pemakan serangga. Ia biasa berburu kuliner pada malam hari. Selain itu ia agak oportunis dan mau memakan tikus kecil, reptil, burung bersarang,tanah telur, dan adakala sayuran serta buah-buahan.
Landak mini mempunyai beberapa jenis yang sangat menggemaskan, biasanya landak mini dibedakan menurut warna pada duri-durinya yang sangat bervariasi. Untuk sanggup menghasilkan jenis landak mini yang gres biasanya dilakukan perkawinan silang antara landak mini jenis satu dengan jenis lainya.

Berikut beberapa jenis landak mini yang banyak beredar di masyarakat luas, diantaranya:

Jenis. Landak Mini Albino (http://kwhedgehogs.webs.com/)

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini ALBINO
Landak Mini jenis ini yang sangat rentan di serang predator, disebabkan lantaran kurangnya kamuflase. Dinamakan Albino lantaran tidak mempunyai pigmem warna, jadi seluruh tubuhnya akan berwarna putih atau pucat, dan juga warna matanya merah lantaran tidak ada pigmen warna di matanya. Sedangkan warna kulit dan hidungnya berwarna merah muda.

Harga landak mini jenis albino ini berkisar antara 150 – 300 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 175 – 300 ribu. Harga mungkin sanggup berubah tergantung pada kondisi dan kesehatan dari landak mini.

Jenis Landak Mini Platinum (www.pinterest.com)
Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini Platinum
Tergolong landak mini yang langka. Ciri khasnya yaitu biasanya durinya berwarna putih dan pada kepingan kulit, hidung serta pendengaran mempunyai warna agak gelap dengan warna coklat.

Jenis Landak Mini Pinto (http://kwhedgehogs.webs.com/)

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini Pinto
Disebut landak mini Pinto yaitu lantaran adanya kelainan bercak putih yang terdapat pada warna aslinya.

Jenis Landak Mini Appricot (www.petinfoclub.com)

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini Apricot
Landak Mini jenis Appricot yaitu Landak Mini yang mempunyai duri berwarna agak ke oranye yang bercampur coklat krem. Sorot matanya mempunyai warna merah ruby, pada kepingan perutnya mempunyai warna putih, sedangkan hidungnya mempunyai warna merah muda.

Jenis Landak Mini Cinnicot (http://kwhedgehogs.webs.com/)

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini Cinnicot
Jenis Landak Cinnicot merupakan hasil dari perkawinan silang antara Landak Mini jenis Cinnamon dan Appricot. Warna landak jenis Cinnicot ibarat warna emas atau karat yang pudar. Karena jenis ini hasil dari perkawinan silang, jadi terkadang akibatnya ibarat Cinnamon atau ibarat Appricot.

Jenis Landak Mini Salt and Pepper (http://kwhedgehogs.webs.com/)

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini Salt and Pepper
Jenis Landak Mini yang satu ini termasuk yang sering dijumpai baik di alam liar atau di pasaran. Landak Mini Salt and Pepper mempunyai warna puti dan dibalut warna hitam, warna mata dan hidung sama-sama hitam.

Selain dibalut warna hitam, ada beberapa landak jenis ini yang dibalut dengan warna coklat atau abu-abu. Untuk harga landak mini jenis salt and paper ini berkisar antara 175 – 250 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 225 – 300 ribu

Jenis Landak Mini Champagne (http://kwhedgehogs.webs.com)

Mendengar kata landak yang terbayang yaitu binatang berduri tajam yang sanggup melukai manus Macam-macam Jenis Landak Mini, Hewan Malam Yang Imut
Landak Mini Champagne
Jenis Landak Mini yang satu ini merupakan jenis Landak Mini yang jarang ditemui. Landak Mini jenis Champagne merupakan Landak Mini yang mempunyai warna pirang atau warna pastel. Warna putih pada durinya lebih mayoritas sekitar 75%, dan sissanya dibaluti warna oranye atau krem.

Waspadai Penyakit Yang Sering Menyerang Landak Mini

Penyakit Diare (Mencret)

Diare yang terjadi pada landak mini biasanya disebabkan lantaran sangkar atau serbuk kayu dipakai sebagai bantalan sangkar landak mini dalam kondisi kotor atau jarang dibersihkan dengan rutin. Selain itu, kawasan makan dan kawasan minum landak mini juga dalam kondisi kotor.

Selaind ari factor kebersihan sanggup juga dari factor kuliner yang diberikan kepada landak mini diletakan begitu saja ke dalam sangkar sehingga akan menimbulkan kuliner yang masuk ketubuhnya kurang steril yang akan mendatangkan kuman dan banyak sekali basil yang sanggup mengganggu kinerja pencernaan, sehingga akan menimbulkan penyakit ibarat diare.

Penyakit Saluran Pernafasan (Flu)

Penyakit flue sanggup menyerang landak mini disebabkan lingkungan baik di dalam sangkar ataupun disekitar sangkar kurang bersih. Selain itu, sanggup juga lantaran serbuk kayu yang dipakai sebagai las kurang tepat, semisal serbuk kayu yang terlalu halus dan berdebu, sehingga menjadikan debu debu itu masuk ke dalam saluran pernafasan.

Penyakit Mata Pada Landak Mini - Katarak

Penyakit mata ini sering menyerang landak mini yang memang telah lanjut usia. Namun, bukan mustahil kalau penyakit katarak ini juga menyerang pada landak mini yang sanggup dibilang masih cukup muda.

Landak mini muda yang terjangkit penyakit mata katarak biasanya lantaran proteksi makan yang mengandung protein tidak seimbang yaitu jenis kuliner yang mengandung protein terlalu tinggi semisal proteksi kuliner ulat hongkong yang terlalu berlebihan.

Kelebihan Berat Badan Alias Kegemukan atau Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat tubuh sanggup terjadi kepada landak mini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi kuliner yang mengandung lemak dan gula. Sebaiknya, berikan saja landak mini ibarat kuliner kucing atau kuliner anjing yang mengandung rendah lemak, protein tinggi serta cukup serat.

Apabila berat tubuh yang terjadi pada landak mini diabaikan begitu saja, maka sanggup memicu datangnya penyakit hati berlemak yang cukup membahayakan kesehatan landak mini kesayangan anda.

Solusinya sebaiknya sering sering diajak bermain atau berikan beliau kawasan bermain supaya tubuhnya terus bergerak sehingga fisik landak mini tetap berpengaruh dan sehat dan berikan kuliner kuliner yang mengandung gizi cukup yang sesuai kebutuhan landak mini.

Penyakit Kulit (Gudig) Scabies Landak Mini

Penyakit scabies yaitu penyakit yang disebabkan oleh kutu atau tungau notoedres cati yang pada umumnya menyerang kucing dan tungau sarcoptes scabie pada anjing.

Meskipun demikian, terkadang ada juga tungau notoedres cati yang menimbulkan scabies pada anjing dan sarcoptes scabie menimbulkan scabies pada kucing.

Penularan penyakit scabies pada umumnya melalui kontak fisik atau kontak dengan benda-benda yang telah tercemar tungau scabies, baik itu berupa sisir, aksesoris hewan, kandang, dan lainnya. Perlu diketahui juga bahwa scabies atau scabiesis sanggup juga menular ke manusia.

Lalu bagaimana cara mengobati landak mini yang telah terkena penyakit scabies?

Berikut beberapa cara dan tips untuk mengobati scabies pada landak mini:
  • Bersihkanlah kandang, perlengkapan, serta sandang secara menyeluruh. Kemudian siram perlengkapan tersebut memakai desinfektan atau sanggup juga air yang telah dicampur dengan belerang. Jemur di bawah terik matahari semua perlengkapan tersebut. Lakukan hal ini kurang lebih 2 minggu.
  • Mandikan landak mini yang menderita scabies, jangan lupa untuk memakai sabun yang mengandung sulfur. Setelah dimandikan, siram atau rendam landak mini ke dalam kolam berisi air yang telah diberi sulfur atau sulfur sebanyak 2% atau 3%. Lakukan hal ini selama kurang lebih dua minggu.
  • Apabila langkah pertama dan kedua kurang memperlihatkan hasil yang memuaskan atau tidak ada perubahan yang signifikan selama dua minggu, saran saya sebaiknya bawa binatang peliharaan anda ke dokter binatang terdekat dengan segera.
Tips Cara Merawat Landak Mini

Tips Memandikan Landak Mini 
Memandikan landak minimemerlukan teknik dan peralatan khusus. Sebenarnya anda sanggup saja memandikan landak mini dengan peralatan seadanya, namun tetap ada beberapa teknik yang perlu anda lakukan supaya landak mini merasa nyaman dan sehat. Landak mini menyukai air hangat dan akan merasa nyaman kalau dimandikan dengan air hangat, disarankan memandikan landak mini di kolam mandi bayi yang mempunyai lubang di dasarnya, lubang tersebut memudahkan untuk penggantian air. Ketinggian air sebaiknya tidak melebihi hidung landak mini.

Frekuensi Jadwal mandi tergantung dari kondisi landak mini anda. Anda sudah seharusnya mempunyai ukuran kalau landak mini anda harus dimandikan. Ukuran tersebut mencakup bau, kotoran yang melekat di duri, kulit yang kering, bulu yang kusut oleh kotoran, banyak spot anointing, dan lain-lain. Landak mini tidak membersihkan tubuhnya sendiri ibarat binatang peliharaan lainnya. Beberapa landak mini perlu dimandikan lebih sering daripada landak mini lainnya, hal ini tergantung dari kondisi landak mini tersebut namun yang paling sering yaitu seminggu sekali. Mandi sanggup membantu dilema kulit kering pada landak mini, namun kalau terlalu sering sanggup menimbulkan kulit kering bertambah parah jadi kita harus cendekia melihat kondisi dari masing-masing landak mini peliharaan kita :).

Kebutuhan Mandi Siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang diharapkan sebelum anda memulai memandikan landak mini. Perlengkapan mencakup sabun cair atau shampo, sikat gigi halus, dan handuk. Penggunaan temperatur air harus hangat. Anda sanggup mengukurnya dengan memakai kepingan siku anda, rasakan apakah terlalu panas atau terlalu hirau taacuh dan anda sanggup mencampurkan sedikit DETOL cair untuk membunuh basil yang ada di tubuh landak mini anda. Ada teknik untuk memandikan landak mini anda: * Mandikan landak mini ketika beliau sedang santai, lantaran landak mini yang sedang murka akan sulit dimandikan. * Tuangkan sabun ketangan anda terlebih dahulu kemudian usapkan ke tubuh landak mini. Hal itu akan lebih gampang dan kondusif daripada anda pribadi menuangkan sabun ke tubuh landak mini. * Gunakan sikat gigi halus untuk menyikat seluruh kepingan tubuh landak mini. Usahakan supaya air tidak hingga masuk ke telinga, mulut, hidung dan mata landak mini. * Bilas seluruh sabun dari tubuh landak mini hingga benar-benar bersih, sisa sabun pada kulit landak mini sanggup menimbulkan kulit landak anda menjadi kering. * Keringkan landak mini memakai handuk kering yang lembut. Hindari penggunaan hair dryer secara pribadi pada landak mini anda dan pastikan landak mini anda benar-benar kering untuk mencegah kedinginan.

Tips Memotong Kuku Landak Mini 
Beberapa landak mini perlu dipotong kukunya, lantaran kuku yang terlalupanjang akan melengkung hingga sanggup menimbulkan kerusakan atau perubahan bentuk kaki. Jika terjadi kerusakan (luka) maka landak mini akan berjalan tidak normal bahkan sanggup menimbulkan risiko infeksi.

Cara memotong kuku landak mini: * Gunakan pemotong kuku untuk bayi, sebaiknya memotong kuku dilakukan sesudah landak mini anda di mandikan lantaran kukunya lebih lunak dan landak mini anda lebih santai. * Memotong kuku landak mini terkadang berisiko menciptakan luka, namun tidak akan menimbulkan luka permanen.

Anda sanggup memakai obat merah atau betadine untuk menghentikan pendarahan. Makara sebelum anda memotong kuku landak mini, ada baiknya anda mempersiapkan betadine dan kassa hydrofil terlebih dahulu. Amatilah selalu kondisi kaki dan kuku landak mini setiap kali anda memandikannya. Terkadang beberapa landak mini mempunyai kuku panjang yang tidak perlu anda potong (akan patah sendirinya).

Tip Cara Memberi Makanan pada Landak Mini 
Pakan alami yang sanggup diberikan kepada landak mini yaitu banyak sekali jenis serangga ibarat jangkrik tetapi harus di potong kakinya yang ada durinya, giat hongkong dan giat jerman. Bahkan landak mini di alamnya juga terkadang memakan buah-buahan ibarat melon, semangka, berri, dan lain-lain. Pemberian ulat hongkong/ulat jerman diberikan 1-2 ahad sekali.

Pakan utama landak mini sebagai binatang peliharaan yaitu Cat Food atau Dog Food. Hal ini lantaran sulitnya mencari pakan alamiuntuk landak mini, dan harganya pun cukup terjangkau. Namun, pemilihan CF / DF yang sempurna juga mempengaruhi perkembangan landak mini, jumlah protein harus berkisar antara 28-30% atau harus dua kali jumlah FAT15-16%. Salah satu katagori materi yang sering dilihat dan harus dihindari yaitu pengawet kimiawi.

Beberapa pengawet yang harus dihindari yaitu BHA, BHT, dan ethoxyquin. Ethoxyquin ini dikenal sebagai karnisogen yang dicurigai. Alternatf dari materi pengawet kimiawi yaitu vitamin, vitamin E telah banyak dipakai dalam kuliner sebagai pengawet.

Katagori lain yang harus dihindari yaitu pemanis. Ini biasanya dipakai untuk menciptakan kuliner supaya menggugah selera dan lebih cocok untuk hewan. Pemanis biasanya menambahkan ekstra kalori,dan sangat sedikit memperlihatkan gizi. Propylene glycol yaitu pemanis kimia antibeku yang memperlihatkan rasa manis. Pewarna aditif juga sering ditemukan dalam kuliner binatang peliharaan, dengan tujuan memberi kesan yang lebih menarik. Merah, Jingga, atau warna lainnya sering menciptakan orang tertarik daripada kuliner yang berwarna coklat polos.

0 Response to "Macam-Macam Jenis Landak Mini, Binatang Malam Yang Imut"

Total Pageviews