Latest News

Inilah Sapi Juara Kontes Ternak Probolinggo 2017

Kontes Ternak Kabupaten Probolinggo Tahun 2017

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE secara resmi menutup expo dan kontes ternak yang digelar oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo dalam rangka memeriahkan Hari Makara Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-271 di Lapangan PTKL Kecamatan Leces, Kamis (20/4/2017).
Dari hasil lomba, Kategori Sapi Perah juara I diraih Kelompok Puring Sari Desa Ngepung Kecamatan Sukapura, juara II diraih Kelompok Makmur Satu Desa Bermi Kecamatan Krucil dan juara III diraih Kelompok Maju Sukses Desa Bermi Kecamatan Krucil.

Kategori Sapi Potong, juara I diraih Kelompok Mulyo Santoso Desa Wangkal Kecamatan Gading, juara II diraih Kelompok Sumber Makmur IV Desa Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih dan juara III diraih Kelompok Senar Harapan Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar.
Untuk Komoditas Kambing/Domba, juara I diraih Kelompok Rejeki 17 Desa Watupanjang Kecamatan Krucil, juara II diraih Kelompok Makmur II Desa Wonogoro Kecamatan Lumbang dan juara III diraih Kelompok Kampung Ternak Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan.

Komoditas Unggas, juara I diraih Kelompok Jalan Lestari Desa Randujalak Kecamatan Besuk, juara II diraih Kelompok Gemah Ripah Krajan Desa Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar dan juara III diraih Kelompok Sumber Rejeki Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar.

Untuk Lomba Dokter Hewan Puskeswan, juara I diraih oleh Drh. S. Adi Pratowo, juara II diraih oleh Drh. Machrus dan juara III diraih oleh Drh. Andika Victor.

Kegiatan yang digelar mulai Rabu (19/4/2017) ini dihadiri oleh anggota Komisi VIII dewan perwakilan rakyat RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si didampingi anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Serta, Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni, kepala perangkat kawasan dan camat se-Kabupaten Probolinggo.

Kontes ternak ini terbagi dalam 2 (dua) jenis binatang yang diperlombakan. Yakni kontes ternak kambing dan kontes ternak sapi dari tiap-tiap kecamatan dengan jumlah penerima 176 ekor sapi dan 115 ekor kambing. Sehingga total penerima mencapai 291 ekor.
Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE memberikan bahwa kontes ternak ini dilakukan untuk meningkatkan semangat para peternak dengan tujuan meningkatkan kualitas peternak di Kabupaten Probolinggo. “Semoga kegiatan ini menjadi motivasi untuk peningkatan potensi ternak di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara anggota Komisi VIII dewan perwakilan rakyat RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si menyatakan bahwa sudah menjadi kewajiban pemimpin kawasan untuk memotivasi rakyat semoga supaya lebih berdaya dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pekerjaan merupakan hal yang wajib dan tidak ada pekerjaan yang hina bagi kita semasih tidak menyimpang dengan hukum agama. Dengan syarat pekerjaan menerima rezeki yang halal, semasih kita diberikan kemampuan dan ilmu syarat wajib untuk bekerja mencari riski Allah SWT. Bekerja merupakan salah satu ibadah sesuai ketentuan agama Islam,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri didampingi suaminya Hasan Aminuddin dan Forkopimda melakukan pelepasan balon. Kemudian dilanjutkan dengan penyuntikan straw atau semen sebagai upaya khusus sapi induk wajib bunting (Upsus Siwab) yang merupakan aktivitas dari Dirjen untuk meningkatkan populasi ternak.
Selain itu, juga dilaksanakan penyerahan hasil lomba kontes dengan banyak sekali jenis atau kategori yang secara simbolis diserahkannya juara binatang ternak terekstrim dan juara umum, dilanjutkan dengan pemilihan stand terbaik.
Seperti diketahui sebelumnya bahwa dalam rangka Peringatan Hari Makara Kabupaten Probolinggo ke-271, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo akan menyelenggarakan kegiatan Kontes Ternak, Temu Usaha Peternakan dan Bakti Sosial berupa pengobatan pada binatang kesayangan, yang rencananya akan dilaksanakan pada :
Hari   :  Rabu – Kamis
Tanggal  :  19 – 20 April 2017
Pukul  :  08.00 WIB – selesai
Tempat  :  Lapangan PT. Kertas Leces – Kecamatan Leces
Kategori yang dilombakan :
Sapi Potong
1.  Sapi PO
     -  Calon Kereman
     -  Calon Induk
     -  Induk
     -  Jantan Kereman
2.  Sapi Cross / Hasil IB
     -  Calon Kereman
     -  Calon Induk
     -  Induk
     -  Jantan Kereman
3.  Sapi Kereman / Ekstrem
4.  Sapi Madura - Kereman
Kambing / Domba
1.  Kambing PE
     -  Induk
     -  Pejantan
2.  Domba Ekor Gemuk
     -  Induk
     -  Pejantan   

0 Response to "Inilah Sapi Juara Kontes Ternak Probolinggo 2017"

Total Pageviews