Latest News

Cara Merawat Lovebird Supaya Memperoleh Poin Maksimal Lovebird Beauty Contest


Kontes Lovebird Beauty atau Kontes Lovebird Show (pameran), pada hakekatnya sangat berbeda dibandingkan dengan Kontes Lovebird Singing (lomba suara) menyerupai yang kita lakukan selama ini di Indonesia.
Pada Kontes Lovebird Beauty atau Lovebird Show, yang dinilai ialah tampilan fisik dari burung Lovebird, sesuai kriteria standar penilaiannya.
Acuan standar dasar penilaiannya ialah sesuai standar evaluasi internasional yang sudah disepakati. Penilaian mulai dari komposisi proporsional postur burung, komposisi warna bulu burung, komposisi anatomi luar dan lain sebagainya.
Minimal ada 8 teladan standar dasar evaluasi yang akan diterapkan pada kontes Lovebird Beauty atau Lovebird Show. 
Salah satu faktor yang mensugesti tinggi atau rendahnya poin evaluasi pada ketika kontes ialah kebersihan bulu burung dan kerapian bulu burung Lovebird itu sendiri.

Berikut standar dasar evaluasi pada Kontes Lovebird Beauty atau Lovebird Show yang sudah ditetapkan setrik internasional:
  1. Badan burung gempal, padat berisi. Bulu kepala dan bulu leher penuh harmonis dengan tubuh keseluruhan. Mata bundar higienis dengan garis kacamata (ring mata) yang higienis dan lebar. Mata berada ditengah kepala setrik proporsional.
  2. Bulu sayap penuh, tidak ada bulu yang terlepas dan bulu rapat. Sayap burung rapat dengan badan. Sayap tidak terkulai menjuntai ke bawah dan juga tidak menyilang.
  3. Dada dan punggung burung lebar, bidang padat berisi. Kloaka burung harus higienis dan tidak ada kotoran yang menempel.
  4. Kepala besar, bundar dan bulu kepala padat rapi. Bagian bulu di atas hidung terlihat menonjol.
  5. Muka burung lebar dan bersih. Bentuk paruh besar, utuh, menutup rapat. Paruh harus higienis tidak ada cacat ataupun goresan. Warna paruh harus solid. Batas pangkal paruh lebar dan terlihat dengan jelas.
  6. Warna bulu burung higienis tidak ada kotoran yang menempel, rapi, solid, kontras dan bulu burung mengkilap.
  7. Ekor burung padat, bentuk ekor meruncing searah dengan bidang punggung burung. Ekor tidak menjuntai dan ekor harus bersih.
  8. Kaki dan jari-jari burung normal, bersih, tidak ada cacat.

Point PenilaianNilai Maksimal
Ukuran15
Kepala10
Badan10
Sayap dan Ekor10
Kaki, Jari dan Kuku5
Warna25
Kondisi Burung15
Tingkah Laku Burung10
sumber:
www.smartmastering.com

0 Response to "Cara Merawat Lovebird Supaya Memperoleh Poin Maksimal Lovebird Beauty Contest"

Total Pageviews