Latest News

Hindari Master Ini ! Jikalau Murai Tidak Mau Hanya Melongo Waktu Lomba


SUARA KHUSUS yang akan dijadikan bunyi lebih banyak didominasi pada murai kerikil yang akan kita master, dipilih berdasar kondisi lomba dan evaluasi ketika ini, yang perlu diadaptasi dengan jenis burung isian atau jenis bunyi masteran dan gimana mereka biasanya dibawakan murai kerikil di arena lomba.

Banyak sekali burung yang hanya terlihat termenung padahal tidak mbalon atau tidak terlihat takut. Inilah. Burung pun suka mencar ilmu untuk menirukan suara-suara absurd yang ia dengar.
Kalau burung Anda “kurang piknik” dengan tidak banyak diperkenalkan dengan lagu dan jenis bunyi yang banyak dan variatif, ia akan menjadi “pendengar yang baik” di arena lomba. Artinya burung Anda hanya akan mencoba mendengar dan merekam suara-suara absurd yang gres didengarnya, alias membungkam  saja.
Lain masalahnya jika burung Anda yaitu burung istimewa, yakni dapat menirukan seketika suara-suara yang gres didengarnya, maka ia akan  membuntuti lawan dengan bunyi yang justru ia tirukan dari lawan. Istilah jawanya yaitu “numpangi”. Burung yang dapat “numpangi” bunyi lawan yaitu burung istimewa dan biasanya bunyi tumpangannya justru lebih panjang dan bertenaga ketimbang burung lawan yang ketika itu sedang menjadi “gurunya”.
Dibawah ini yaitu bunyi masteran yang termasuk "haram" sbagai isian burung murai batu
1. Suara burung prenjak (padahal jika murai kerikil menyuarakan bunyi prenjak saya paling suka. Sayangnya, tidak akan menonjol atau disukai di arena lomba).
2. Suara patah-patah jalak suren (tajam sih tajam tetapi tidak menonjol alasannya jarang disuarakan setrik panjang-panjang apalagi ngerol).
3. Suara patah-patah jalak kebo (wah janganlah).
4. Suara burung cucakrowo (ini apalagi, meski kadang bunyi cucakrowo tidak akan keluar ketika murai kerikil dilombakan).
5. Suara patah-patah/angkatan ciblek.
6. Suara patah-patah asli anis kembang.
7. Suara patah-patah aseli anis merah.
8. Suara burung kutilang.
9. Suara aseli burung cucak hijau.
10. Suara burung trucukan.
11. Suara ayam.
12. Suara siulan manusia.
13. Suara aseli burung kacer.
14. Suara blackthroat (jarang murai kerikil dapat sukses ngerol menirukan blackthroat).
15. Suara helda sanger.
16. Suara burung betet.
17. Suara aseli burung beo.
18. Suara perkutut.
19. Suara derkuku.
20. Suara kucing.
21. Suara anjing.
22. Dan semua bunyi yang sifatnya monoton pendek-pendek apalagi dengan frekuensi rendah (contoh gampang bunyi burung perkutut).
Oke. Demikian tips pendek ini supaya bermanfaat. 
artikel lengkap baca omkicau.com



0 Response to "Hindari Master Ini ! Jikalau Murai Tidak Mau Hanya Melongo Waktu Lomba"

Total Pageviews