Latest News

Hindari Bunyi Ini Semoga Lovebird Dapat Ngekek Panjang Dan Tidak Gampang Lelah


Suara lovebird yang dianggap ideal dalam lomba burung, selain mempunyai variasi lagu, pakem utamanya yaitu bersuara panjang dan rajin (frekuensinya sering). Untuk kontes besar bertaraf nasional, durasi yang dicari paling tidak dapat 30 detik, ada pula yang sampai 1 menit bahkan lebih. Biasanya, untuk lovebird yang lagunya panjang sampai satu menit atau lebih,frekuensi bunyi menjadi berkurang atau masa ngetem atau diamnya lama.

Hal ini tentu juga kurang ideal untuk burung lomba. Burung yang sering juara pada kesudahannya yang lagunya tidak perlu panjang sekali, tapi gacor atau rajin bunyi dan tiap bunyi panjangnya stabil atau relatif sama, contohnya rata-tata 30an detik. 

Untuk melatih Lovebird sejak kecil tentu sudah dimaster. Lalu, master apa yang cocok untuk lovebird supaya kelak hasilnya bagus? Menurut Antok 999 breeder lovebird seorang jago bunyi dan pemilik lovebird juara Cenat-Cenut dari Sragen, master yang cocok untuk lovebird yaitu burung yang lagunya tidak terlalu rapat.

“Suara rapat ibarat cililin, srindit, membuat lovebird kelak tidak dapat mengeluarkan bunyi panjangnya setrik maksimal, alasannya yaitu menjadi praktis lelah. Lagu-lagu yang lebih lambat seperti cucak jenggot lebih pas. Atau bunyi kenari yang lelah, atau lambat, juga baik,” kata Antok

Master untuk lovebird dapat dari bunyi burung benaran, dapat pula dari perangkat elektronik, bahkan dari hand phone jaman kini yang umumnya sudah dilengkapi dengan pemutara suara.

Dasar suara
Sementara itu berdasarkan Om Dwi Lovebird Jogja (pemilik DT BirdFarm) yang beberapa burung produknya banyak menyabet predikat jawara, selain perlu melaksanakan pemasteran setrik rutin, pemilihan awal lovebird juga sangat menentukan.

“Suara panjang atau pendek, sesungguhnya juga bawaan atau menurun dari indukan ke anakan. Nah, menentukan burung lovebird untuk keperluan lomba perlu dilihat indukannya. Pilih indukan yang bersuara panjang. Setelah itu, pastikan burung bersuara panjang dengan pemasteran yang benar.

Jadi hindari pemasteran lovebird yang lagunya terlalu rapat.
Bagaimana dengan lovebird Anda?

Sumber : omkicaudotcom



0 Response to "Hindari Bunyi Ini Semoga Lovebird Dapat Ngekek Panjang Dan Tidak Gampang Lelah"

Total Pageviews