Latest News

Terbang Bolak-Balik 500 Kali Dikandang Umbaran Pribadi Mocer Juara 1


Kandang umbaran untuk murai kerikil dan kacer pada umumnya mempunyai panjang 3 meter. Tetapi Om Aris sengaja memesan sangkar polier itu dengan panjang 6 meter, untuk meningkatkan performa fisik serta pernafasan murai kerikil R Vampir.
“Penggunaan sangkar umbaran untuk R Vampir ini biasanya sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Selebihnya tetap di sangkar harian,” kata Om Aris di kediamannya, Jalan Pangkalan Jati IV, Jatiwaringin,  Jakarta Timur.
Di dalam sangkar umbaran inilah, murai kerikil R Vampir dilatih fisiknya dengan trik digoda sehingga burung akan terbang bolak-balik sampai 500 kali. Rinciannya, 250 kali pada latihan fisik pagi hari, dan 250 kali lagi pada sore hari.
Hasilnya, sehabis sebulan di tangan Om Aris, prestasinya pribadi ngejosss dan moncer dalam kontes Fauna Cup di Lapangan Banteng Jakarta (20/11). Prestasinya terus berlanjut pada awal tahun ini, dengan menjuarai Road to Bang Boy Cup 1 di TMII Jakarta.
Murai kerikil R Vampir mempunyai tipe ngerol-nembak. Materi isiannya terdiri atas tembakan bunyi burung rio-rio, serindit, cililin, cucak jenggot, dan ngekek lovebird. Durasi kerjanya hebat, semenjak awal digantang sampai menit simpulan terus ngedur tanpa henti.

Bukan hanya berprestasi, stamina burung ini juga luar biasa, meski kesehariannya tanpa dijemur. “R Vampir bisa turun tiga atau empat sesi dalam sebuah even. Melihat prestasinya akhir-akhir ini, saya yakin R Vampir bisa bersaing dalam even-even sepanjang tahun 2017,” ujar Om Aris.
Murai kerikil R Vampir mempunyai beberapa kebiasaan unik. Berbeda dari murai kerikil pada umumnya, burung ini sama sekali tidak pernah mengkonsumsi kroto. Sehari-hari hanya makan voer dan jangkrik.
“Dalam sehari, burung bisa menghabiskan 20-30 ekor jangkrik. Kalau menjelang lomba, biasanya ditambah beberapa ekor ulat hongkong, tergantung keadaan cuaca dan kondisi burung,” tambah Om Aris.
R Vampir juga tidak perlu dijemur. Kesehariannya cukup di sangkar harian. Mandi dilakukan setiap pagi. Usai mandi, burung cukup diangin-anginkan.
Apabila staminanya agak menurun, R Vampir biasanya dipindah ke sangkar umbaran, dari pagi sampai sore. “Sebagai pengganti jemur, ya saya umbar saja untuk mengkondisikan staminanya,” tandas Om Aris.


disunting dari omkicau.com

0 Response to "Terbang Bolak-Balik 500 Kali Dikandang Umbaran Pribadi Mocer Juara 1"

Total Pageviews