Latest News

Panduan Beternak Murai Kerikil Untuk Pemula


Anda akan beternak burung murai batu? untuk beternak burung murai watu yang penting anda mengerti dan mengenal trik beternak burung murai watu dengan benar dan baik, Banyak juga para peternak yang mencoba menangkarkan burung ini dan menemui kegagalan menyerupai mencoba mengawinkan burung murai batu. Bukannya anak burung yang didapatkan malah sanggup membunuh indukan burung murai watu tersebut. Budidaya murai watu memerlukan pengetahuan dasar dan teknik yang pas dan sesuai bagi anda para peternak pemula supaya berhasil dan sukses dalam beternak burung murai ini. Ikuti langkah-langkah yang akan kami tulis dibawah ini dengan seksama.


Persiapan Kandang
Dalam beternak burung muai watu langkah pertama yang adna lakukan adlah menyiapkan sangkar tentunya sangkar yang sesuai mekanisme dan pengalaman peternak. Untuk ternak burung Murai Batu pastinya anda membutuhkan sangkar burung, dimana sangkar burung tersebut didesain dengan ukuran yang cukup luas dan jangan terlalu sempit serta mempunyai sikulasi udara yang baik. 


Adapun untuk penempatan kandang, sebaiknya ditempatkan pada daerah yang kondusif yang jauh dari jangkauan anak-anak, dan jauh juga dari kebisingan serta mempunyai sirkulasi udara segar yang baik. 


Selain itu Kandang burung murai watu juga sebaiknya terpisah dengan beberapa jenis burung pengganggu menyerupai merpati dan sebagainya,hal ini alasannya yaitu murai Batu termasuk pemalu apabila melihat burung tipe lainnya yang sanggup membuat burung kicau satu ini tak berkicau. Kemudian sangkar burung murai watu juga harus terkena cahaya matahari yang pas pada pagi hari untuk mendapat vitamin D, dan juga harus mempunyai daerah teduhan dikala sinar matahari telah terlalu panas untuk burung Murai Batu.


Cara Memilih Indukan Murai Batu

Pemilihan indukan murai watu yang berkualitas dan unggul untuk dikawinkan benar-benar penting untuk mendapat anakan yang bernilai pula, adapun trik trik menentukan indukan murai watu yang baik sebagai berikut :
  1. Pilihlah indukan yang sudah jinak dan erat dengan keberadaan manusia, untuk menghindari stress pada burung tersebut.
  2. Plihlah indukan jantan yang berumur 2 tahun lebih, dan untuk betina berumur 1 tahun lebih dimana mereka lebih matang dan siap berproduksi.
  3. Pilihlah indukan yang tidak mempunyai cacat menyerupai pada kaki, sayap, kepala, dan bulu yang baik.
  4. Pilihlah indukan yang mempunyai nafsu makan yang baik dan lincah.

.

Cara memberi Pakan Murai Batu yang benar

Pakan alamiah dan organik yaitu pakan yang paling baik untuk ternak burung murai watu dimana pakan tersebut mempunyai nilai asupan nutrisi dan vitamin bagi kesehatan dan kelincahan burung murai batu, adapun pakan murai watu mulai dari Kroto atau semut rangrang, jangkrik, ulat dan berikan pakan embel-embel menyerupai Voer.

Pertama kali yang harus anda lakukan dalam penjodohan burung murai yaitu antara burung murai watu jantan dan murai watu betina dipisahkan disangkar atau sangkar yang berbeda dikarnakan jika pribadi dalam satu sangkar burung akan sabung yang akan mengakibatjan burung betinanya akan mati.

Dalam penjodohan sanggup memakan waktu 3 hari , 1 ahad , 1 bulan bahkan sanggup lebih, itu semua tergantung dari masa birahi burung tersebut


Langkah-langkah Penjodohan Burung Murai Batu
  • Jarak antara sangkar burung murai watu jantan dan betina kurang lebih 1 meter.
  • Beri EF ( Extra Fooding ) dengan perbandingan hari pertama untuk pejantan 10 ekor jangkrik dan betina 9 ekor. Beri EF setiap harinya untuk burung betina kurang lebih satu ekor dan untuk jantan tetap 10 ekor jangkrik.
  • Mandikan burung setiap hari dan sesekali burung murai betina betina dan jantan dicampurkan 1 kramba (tempat mandi burung) pantau keadaan burung jika burung pejantan dan betina tetap menyambar atau sabung cepat segera pindahkan burung betinanya . Itu berarti burung belum jodoh. Tapi jika antara burung jantan dan betina tak sabung dan kedua burung saling bercumbu berarti burung telah berjodoh.

Demikian Artikel yang sanggup kami tulis untuk anda perihal "Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula" semoga bermanfaat bagi anda semua. Silahkan share supaya semua peternak burung sukses! Salam Peternak Indonesia!

disunting dari ternakpertama.com

0 Response to "Panduan Beternak Murai Kerikil Untuk Pemula"

Total Pageviews