Latest News

Terapi Sederhana Pleci Lebih Rajin Ngalas Dan Ngerol


Berdasarkan pengalaman para plecimania, burung pleci yang diperoleh dari ombyokan meski telah dirawat selama 3 bulan lebih, cenderung hanya mengeluarkan bunyi ngeriwik saja. Kalaupun dapat bersuara ngalas, biasanya sehabis ia mendengar bunyi pleci liar atau bunyi rekaman pleci betina. Namun tak semua pleci ombyokan susah bunyi, 

Akibatnya, menjadi gampang merasa bosan ketika plecinya tak kunjung bunyi. Namun, bagi plecimania sejati, mereka akan berusaha mencari penyebab burung tidak mau mengeluarkan bunyi ngalasnya, meski sudah dirawat berbulan-bulan.

Saat menentukan pleci ombyokan, selain menentukan burung jantan, kita juga harus dapat mengamati mana pleci yang diprediksi merupakan satu koloni sewaktu di alam liar. Umumnya pleci-pleci tersebut akan saling mengikuti satu sama lainnya. Nah, burung-burung itu yang nantinya kita ambil untuk menjadi partner dari pleci yang kita anggap potensial tersebut.

Mengamati jenis pakan yang disukainya
Ada beberapa pleci yang sangat suka dengan satu jenis pakan tertentu, tapi kurang begitu menyukai pakan yang lainnya. Untuk itu, kita dapat melaksanakan pengamatan lebih lanjut. Masalah pakan menjadi satu hal yang juga harus diperhatikan, terutama pada pleci rawatan usang yang susah ngalas atau ngerol.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat hongkong, maka perawatan harian dapat dilakukan dengan memperlihatkan ulat hongkong warna putih sebanyak 4 – 5 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai kroto, maka perawatan harian dapat dilakukan dengan memperlihatkan kroto sebanyak satu sendok teh pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat kandang, maka perawatannya pun dapat diakukan dengan memperlihatkan ulat sangkar sebanyak satu cepuk setiap pagi dan sore harinya.

Perawatan khusus bagi pleci susah ngerol
Selain perubahan dalam pinjaman pakan, teladan perawatan harian yang dapat diterapkan bagi pleci rawatan gres atau usang yang susah ngerol yaitu sebagai berikut:
  • Rutin melaksanakan pengembunan, di mana sangkarnya dapat dikerodong maupun tidak dikerodong. Jika mempunyai beberapa ekor pleci, sangkarnya dapat digantang berjejeran. Saat pleci diembunkan, maka pakan harus sudah disiapkan dalam cepuknya.
  • Setelah matahari mulai terbit, masing-masing sangkar pleci dipisahkan agak berjauhan, sehingga mereka akan saling memangil satu sama lain. Hal ini akan merangsangnya untuk mengeluarkan bunyi ngalas atau ngerol.
  • Lakukan hal itu setrik rutin, hingga pleci-pleci tersebut terbiasa mengeluarkan bunyi ngalasnya tanpa perlu dipancing oleh bunyi pleci lain dalam satu koloninya.
  • Untuk lebih memancing pleci supaya makin rajin mengeluarkan ngalas / ngerol, maka ketika digantang berjejeran (baik ketika dijemur atau istirahat), pleci tersebut berada di tengah-tengah koloninya.
Sambil tetap melaksanakan teladan perawatan teratur lainnya menyerupai mandi, jemur, dan dibawa jalan-jalan, maka dalam waktu yang tidak terlalu usang pahlawan Anda akan lebih rajin mengeluarkan bunyi ngalas dan ngerol, hingga karnanya siap untuk dilombakan.
Semoga bermanfaat.

disunting ulang dari omkicau.com

0 Response to "Terapi Sederhana Pleci Lebih Rajin Ngalas Dan Ngerol"

Total Pageviews