Latest News

7 Cara Mengatasi Induk Lovebird Yang Tak Kunjung Bertelur Atau Telurnya Tidak Dapat Menetas


Sebenarnya lovebird termasuk salah satu komoditas burung yang relatif gampang dikembangbiakkan. Bahkan kita dapat memanfaatkan sangkar koloni / aviary, dengan menempatkan beberapa ekor burung jantan dan betina, dilengkapi dengan sejumlah gelodok.
Sepanjang lovebird-lovebird tersebut sudah memasuki usia produksi / siap kawin (minimal umur 7-8 bulan), mereka akan mencari pasangan sesuai dengan selera masing-masing. Begitu menemukan jodohnya, pasangan lovebird akan menempati gelodok yang dipilihnya sendiri.
Persoalan menjadi lain dikala lovebird jantan dan betina dijodohkan melalui dukungan insan (pemilik / perawat) dan ditempatkan dalam sangkar battery. Kandang kotak khusus breeding ini biasanya hanya diisi sepasang induk.
Pasangan induk yang sepertinya sudah berjodoh di sangkar battery belum tentu dapat menghasilkan, dalam arti induk betina bertelur, namun tak pernah menetas.
Bahkan kasus menyerupai ini juga dapat dijumpai pada sangkar koloni, di mana burung jantan dan betina berjodoh secara alami. Meski sudah berjodoh, dan sama-sama kerap berada di dalam gelodok, ternyata telur yang dierami tak pernah menetas.
Apa artinya? Ada dua kemungkinan yang terjadi, yakni:
  • Lovebird jantan sudah mengawini betinanya, namun seluruh telur yang dihasilkannya bersifat infertil (gabuk / tak ada discus germinalis alias bakal calon embrio).
  • Lovebird jantan dan betina tak kunjung kawin, meski sudah berjodoh.
Jika induk lovebird tak kunjung kawin, ada beberapa faktor penyebab, antara lain:
  • Pasangan tersebut belum benar-benar berjodoh. Meski terlihat selalu berdekatan, bersama-sama lovebird jantan dan betina belum akur sepenuhnya. Biasanya, salah satunya bersifat terlalu berangasan (bisa burung jantan, namun dapat juga burung betina).
  • Burung jantan jarang atau tak pernah memberi / melolohkan pakan  kepada betinanya. Seperti diketahui, proses kawin lovebird biasanya dimulai sehabis burung jantan meloloh betinanya. Setelah ritual tersebut, perkawinan dapat terjadi beberapa kali dalam sehari.
  • Lovebird betina rajin merapikan sarang, tapi selalu dirusak oleh burung jantan.
  • Pasangan lovebird, atau dapat juga salah satu calon induk, belum mencapai umur dewasa kelamin sehingga tidak mau mengawini atau dikawini.
  • Salah satu calon induk tak memungkinkan kawin, contohnya sakit, kurang birahi, atau mempunyai cacat tubuh.
  • Pasangan lovebird tersebut mempunyai jenis kelamin yang sama, sehingga tak pernah bertelur (jantan vs jantan), atau telur tak pernah menetas (betina vs betina). Perlu diketahui, pasangan lovebird sesama jenis kadang terlihat sangat akur, saling meloloh, bahkan berperilaku menyerupai pasangan normal.

Cara mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin

Setelah menemukan akar permasalahannya, Anda dapat melaksanakan aneka macam tindakan semoga induk lovebird mau kawin atau dikawini. Perhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Pastikan calon induk sudah cukup umur. Meski lovebird umur 7-8 bulan sudah dapat kawin, pilihkan calon induk dengan umur minimal 9 bulan, semoga seluruh organ reproduksinya sudah berkembang sempurna.
  • Berikan pakan secara bervariasi dan bergizi menyerupai milet, kuaci, canary seed, gabah merah, dan sebagainya.
  • Berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) untuk merangsang birahi induk, contohnya kangkung, jagung muda, dan belahan buah apel yang diberikan 2 – 3 kali seminggu.
  • Berikan pelengkap khusus burung penangkaran, yang dapat membantu proses penjodohan dan meningkatkan birahi burung induk sehingga dapat lebih cepat kawin dan bertelur. 
  • Jika memakai sangkar battery, sebaiknya gelodok jangan dimasukkan dulu ke sangkar sebelum pasangan lovebird benar-benar berjodoh, Gelodok gres dimasukkan ke sangkar sehabis lovebird jantan dan betina saling meloloh, sehingga akan merangsang pasangan loveburd untuk segera kawin dan bertelur di daerah yang sudah disediakan.
  • Bersihkan sangkar secara rutin setiap hari. Kandang yang kotor bakal menjadi daerah berkembangnya benalu dan biro penyakit lain, sehingga mengganggu pasangan induk.
  • Merangsang induk lovebird semoga cepat kawin dan bertelur juga dapat dilakukan dengan meletakkan sangkar ternaknya berdekatan dengan sangkar lain yang berisi induk lovebird lainnya yang sudah kawin dan bertelur.

semoga bermanfaat

sumber : www.omkicau.com

0 Response to "7 Cara Mengatasi Induk Lovebird Yang Tak Kunjung Bertelur Atau Telurnya Tidak Dapat Menetas"

Total Pageviews