Latest News

Tips Menentukan Dan Marawat Burung Anis Bata

Memilih Anis dari Bahan atau Trotol, Memelihara burung Anis Merah dari muda (trotol atau bahan) memang mempunyai cita rasa tersendiri. 

Selain harganya relatif lebih murah alasannya ialah masih berupa bahan, Apalagi ketika berakal balig cukup akal ternyata burung yang kita rawat dari kecil mempunyai penampilan yang cantik di lapangan.

Hal ini akan memperlihatkan rasa puas yang lebih dari pada kita membeli burung yang sudah jadi.

Namun kita harus jeli untuk membeli burung materi atau trotol, jangan hingga kita sudah susah payah merawat dari kecil ternyata ketika berakal balig cukup akal burung tidak mempunyai kualitas bunyi yang istimewa.

Oleh alasannya ialah itu kita harus benar-benar selektif dalam menentukan burung materi atau trotol.

Berikut tips menentukan burung Anis Merah (AM) yang bagus, menurut ciri fisik (katuranggan) :

  • Pilih AM jantan, biasanya menggunakan ring atau kita sanggup minta garansi ke penjual bahwa AM yang kita beli jantan. 
  • Pilih AM yang sehat, tidak sakit & tidak cacat fisik. Biasanya AM yang sehat mempunyai sinar mata tajam tdk mengantuk / sering tidur dan tidak bersemangat. 
  • Bentuk mata besar & sinar mata tajam.
  • Bentuk kepala lonjong. 
  • Bentuk paruh tebal, besar dan panjang. Biasanya mempunyai power bunyi yang kuat. 
  • Bentuk paruh kalau dilihat dari atas terlihat lancip keatas (seperti bentuk buah belimbing). 
  • Sobekan paruh pilih yang paling akrab dengan mata. 
  • Bentuk lubang hidung memanjang dan lebar. 
  • Posisi lubang hidung akrab dengan pangkal paruh. 
  • Bentuk leher panjang. 
  • Postur tubuh proposional (leher, tubuh dan ekor yang panjang) dan tidak gemuk. 
  • Sayap mengepit rapat (singset). 
  • Jari-jari panjang. 
  • Ekor berbentuk aksara M.

Gaya teler menurut pengamatan bentuk fisik :

Gaya Teler Klasik, bila cara berdirinya tegak, sehingga kaki tampak lebih panjang & jenjang.

Gaya Teler Doyong, bila cara berdirinya cenderung ngangkang, artinya posisi jari-jari atau telapak dalam mencengkeram di pangkringan tampak melebar, sehingga posisi tubuh menjadi lebih rendah. AM dengan gaya teler doyong kini sedang banyak diminati.

Tips ini berlaku untuk menentukan Anis Merah mulai dari trotol, usia muda (bahan) ataupun sudah berumur. Semoga kita sanggup memoles dari burung materi menjadi burung jawara.

Adapun tips menentukan anis merah yang lainnya yaitu:

Karena sulitnya menentukan anis merah jantan dan betina bakalan, maka kalau menentukan anis merah bakalan kita perlu menambah budget pembelian. Datanglah ke pedagang burung yang sudah mapan di pasar manapun atau kepada pengepul. 

Pedagang atau pengepul yang sudah mapan tidak akan mengambil risiko kehilangan pelanggan yang mau mengeluarkan uang lebih. Sementara itu untuk patokan secara umum dalam meilih anis merah ialah sebagai berikut:

Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Anis Merah berjenis kelamin jantan sanggup dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu dibawah paruh bab bawah lebih pudar, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.

Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bab bawah harus lurus. Jangan menentukan materi burung Anis Merah yang mempunyai paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

Postur badan, pilihlah materi Anis Merah yang berpostur sedang dengan panjang leher, tubuh dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan menentukan materi yang berleher dan berbadan pendek.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini membuktikan materi tersebut sehat.

Warna kaki tidak besar lengan berkuasa terhadap mental burung.
Lincah dan bergairah makan besar. Ini merupakan ciri-ciri materi yang bermental baik.

Berdiri pada posisi kepala mendangak 45 derajat. 

Boleh percaya boleh tidak, apabila anda mendapat materi yang ibarat ini, dijamin umur 7 bulan sudah ngerol dan mulai teler.


Cara perawatan

Cara perawatan Burung Anis Merah ini tidak sanggup dijadikan hal yang khusus akan tetapi masing-masing burung dan para pehobi kicau mania mempunyai cara dan kebiasaan yang berbeda – beda, dan mempunyai trik – trik khusus tergantung dari kebiasaan burung tersebut dan dibawah ini sanggup juga sebagai materi pertimbangan dalam memelihara anis bata ini secara umum.

-Tempat: Anis merah sanggup dipelihara dengan sangkar bundar maupun kotak ukuran 40 x 40 x 60 cm atau sanggup juga bundar dengan diameter 30 cm. Sementara tenggeran atau pangkringan sanggup dibentuk dengan diameter 1,5 cm, dengan materi cabang kayu asam yang keras, permukaan kulit yang agak kasar sehingga sanggup untuk mengasah paruh semoga tidak runcing. Untuk perawatan harian, anis merah tidak perlu dikerodng dan hanya dikeorodng malam hari semoga tidak kedinginan.

- Pakan: Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal pakan ialah sajian yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya ibarat protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya ibarat vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial ibarat D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya ialah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D

Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melaksanakan fungsinya ibarat memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Yang termasuk mineral yang diharapkan burung anis merah ialah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

Makanan yang sesuai untuk burung Anis Merah

Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Anis Merah. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang gres setiap dua hari sekali.

Buah Segar, burung ini sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak proteksi buah Pepaya, alasannya ialah buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat gampang dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.

EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Anis Merah yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu diubahsuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan niscaya pengaruh klausal dari pemberiannya EF tersebut.

Perawatan dan setelan harian burung anis merah / anis bata / anis cacing relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Anis Merah:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung). 
  • Bersihkan sangkar harian. Ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar. 
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memperlihatkan Jangkrik secara pribadi pada burung. 
  • Penjemuran sanggup dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis. 
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, kemudian sangkar dikerodong. 
  • Siang hari hingga sore (jam 10.00-15.00) burung sanggup di Master dengan bunyi Master atau burung-burung Master. 
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu. 
  • Berikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF. 
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan bunyi Master selama masa istirahat hingga pagi harinya.

Penting

Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.

Pemberian Cacing diberikan 2 ekor 1x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi.

Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin hingga hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.

Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali.


Penanganan burung Anis Merah over birahi

  1. Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore. 
  2. Lakukan pengembunan (jam 05.30-06.00). 
  3. Berikan Cacing 1 ekor 2x seminggu. 
  4. Frekuensi mandi dibentuk lebih sering, contohnya pagi-siang dan sore. 
  5. Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja. 
  6. Burung sebaiknya diisolasi, jangan melihat dan mendengar bunyi burung Anis Merah lain dahulu untuk sementara waktu.


Penanganan burung Anis Merah ngedrop

  •  Tingkatkan porsi proteksi Jangkrik menjadi 3 pagi dan 3 sore. 
  • Tingkatkan porsi proteksi Kroto menjadi 3x seminggu. 
  • Tingkatkan porsi proteksi Cacing menjadi 2 ekor 3x seminggu. 
  • Mandi dibentuk 2 hari sekali saja. 
  • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Anis Merah lain dahulu. 
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari.


Trik ANIS MERAH JELANG  LOMBA

Perawatan dan setelan burung anis merah untuk lombaPerawatan lomba gotong royong tidak jauh berbeda dengan perawatan harian.

Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung semoga mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan mempunyai stamina yang stabil.

Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Anis Merah:
  1. H-3 sebelum lomba, Jangkrik sanggup dinaikkan menjadi 2 ekor pagi dan 2 ekor sore. 
  2. H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja. 
  3. 1 Jam sebelum di gantang lomba, burung di mandikan dan berikan Jangkrik 1 ekor saja. 
  4. Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.
    Penting
        
Jangan memperlihatkan Ulat Hongkong dalam menggenjot birahi pada burung Anis Merah. alasannya ialah sanggup menciptakan birahi burung tersebut menjadi sangat meningkat dan menjadi tidak stabil.

Sebaiknya, Joki lapangan ialah orang yang tidak pernah terlibat di dalam perawatan harian pada burung Anis Merah tersebut.


Perawatan setelan burung Anis Merah pasca lomba

Perawatan pasca lomba gotong royong berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Anis Merah:

  • Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian. 
  • Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 sesudah Lomba. 
  • Sampai H+3 sesudah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.


Perawatan dan setelan Anis Merah mabung

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). 

Burung harus mengonsumsi masakan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapat gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhan protein, mengakibatkan burung harus mengonsumsi lebih banyak masakan selama meranggas untuk sanggup mempertahankan pertumbuhan bulu baru. 

Untuk diketahui saja, energi yang diharapkan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat contohnya klarifikasi pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi acuan utama untuk goresan pena mengenai duduk perkara mabung ini).

Faktor-faktor yang besar lengan berkuasa pada masa mabung tidak sanggup sepenuhnya dipahami, alasannya ialah sangat kompleks. Umur burung, animo ketika mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat ialah bahwa pada ketika burung mabung, Anda harus memperlihatkan suplai pakan yang cukup sehingga mereka sanggup menyebarkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diharapkan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung welirang ibarat metionin dan sistin. Protein ibarat itu sanggup ditemukan di dalam daging hewan. 

Daging sanggup diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus proteksi pelengkap masakan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung banyak sekali vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.


Lakukan pemasteran

Masa mabung menciptakan burung lebih banyak pada kondisi membisu dan mendengar. Inilah ketika yang tepat untuk mengisi variasi bunyi sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe bunyi burung dengan bunyi burung master.

Artikel dikutip dari : omkicau & smart mastering

0 Response to "Tips Menentukan Dan Marawat Burung Anis Bata"

Total Pageviews