Latest News

Tips Cepat Dan Kondusif Menjodohkan Lovebird Warna Sesuai Warna Yang Telah Dipilih


Burung di alam bebas, meski sudah berjodoh, biasanya juga sibuk dengan “urusan” sendiri. Mereka pun butuh berinteraksi dengan burung-burung lain di sekitarnya, jadi tidak hanya dengan pasangannya saja. Aktivitas itulah yang kerap menciptakan burung di alam bebas relatif terbebas dari kejenuhan.
Nah, di dalam penangkaran kebutuhan, seekor lovebird terpaksa atau dipaksa untuk selalu bertemu dengan teman lovebird yang itu-itu saja. Mereka menyerupai tidak dapat memperoleh hal gres dalam sangkar penangkaran.
Padahal kita tahu, LB dan juga kelompok burung paruh bengkok lainnya mempunyai kecerdasan melebihi jenis burung lainnya. Mereka membutuhkan banyak aktifivas yang dapat merangsang otaknya untuk bekerja, menyerupai mencari makan, atau berinteraksi dengan burung lainnya.
Jika kondisi ini tak segera dicermati oleh pemiliknya, dan berlangsung dalam waktu lama, tidak mengherankan bila muncul masalah di mana seekor lovebird tiba-tiba menjadi agresif, bahkan menyerang pasangan atau calon pasangannya sendiri.

Tips menjodohkan lovebird Warna tanpa gelodok dari Om Tony Music

Menjodohkan lovebird warna memang lebih sulit ketimbang lovebird suara. Pasalnya, kita tidak dapat begitu saja memasukkan calon induk betina dan jantan dalam sangkar koloni, apalagi kalau sangkar juga berisi beberapa lovebird lain yang hendak dijodohkan.
Dalam breeding lovebird warna, proses penjodohan harus lebih selektif, sebab kita akan menjodohkan burung jantan dan betina yang sudah diseleksi menurut jenis warnanya. Kendala lainnya, kata Om Tony Music, lovebird warna dikenal sensitif dan agak susah birahinya.
Karena itu, calon induk harus menjalani proses perkenalan terlebih dulu/ Dalam hal ini, lovebird jantan dan betina siap produksi (umur 7-8 bulan) dimasukkan dalam sangkar kotak, tanpa gelodok.
Biarkan keduanya saling mengenal lebih dekat. Untuk mendongkrak birahinya, berikan pakan komplemen / extra fooding (EF) menyerupai kangkung, tauge, jagung, biji bunga matahari (kwaci), ditambah sedikit fumayin.
Selama berada dalam sangkar kotak tanpa gelodok, perkembangan pasangan ini harus selalu dipantau. Jika sudah terlihat beberapa kali kawin, pindahkan ke sangkar beeding yang sudah dilengkapi dengan gelodok.

“Kalau gres saja berjodoh pribadi dimasukan ke sangkar gelodok, biasanya induk betina akan menguasai gelodok.  Induk betina akan sering memasuki gelodok ketimbang berduaan dengan pasangannya. Kawinnya pun akan lama, dan ini hanya buang-buang waktu saja,” terang Om Tony Music.

semoga bermanfaat
sumber : www.omkicau.com

0 Response to "Tips Cepat Dan Kondusif Menjodohkan Lovebird Warna Sesuai Warna Yang Telah Dipilih"

Total Pageviews