Latest News

Burung Wambie Atau Hwa Mei

Burung Wambie ini ialah burung yang berasal dari benua Asia yaitu China Burung Wambie Atau Hwa Mei
Burung Wambie ini ialah burung yang berasal dari benua Asia yaitu China, Wambie ialah burung import, alasannya itu burung yang satu ini sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia.

Tidak menyerupai tahun 90'an, burung wambie atau hwa mei ini sering dan banyak kita jumpai di pasar-pasar burung, bahkan harganya pun relatif sangat murah.

Memasuki kurun tahun 2000'an ini kita sudah jarang sekali menemukan burung ini terlebih di pasar burungpun sudah tidak ada dan susah di temukan.

Burung ocehan asal China ini ada didaerah Huang Co dan konon katanya penyebarannya hingga ke pulau Bali, Jawa, Lombok dan Irian.

Burung ini hidup berkelompok di hutan-hutan bambu dan semak belukar yang selalu bersahabat dengan pemikiran air sungai.

Asal ajakan burung ini di Chinanya di jadikan burung aduan menyerupai layaknya langgar ayam sabung di Indonesia, ya..burung ini di langgar ketangguhannya dan acap kali di jadikan taruhan dan burung yang mati di anggap kalah.

Dan sesudah beberapa tahun berjalan seiring dengan berkembangan burung berkicau di Indonesia, burung ini jadinya sering di lombakan juga di arena kontes burung berkicau, alasannya suaranya yang khas dan tajam serta volume yang keras, dan burung ini mempunyai variasi kicauan yang sangat komplit, alasannya berakal menirukan suara-suara burung lainnya.

Ada salah satu ciri khas pada burung wambi ini yaitu, adanya garis putih yang melingkar di sekeliling kedua matanya layaknya menyerupai kita memakai beling mata, paruhnya berwarna cokelat, ciri ini memang terdapat pada burung wambi jantan dan betina alasannya itu kalau secara fisik akan sulit membedakan jantan dan betinanya.

Namun kalau kita perhatikan dengan teliti akan terlihat terang perbedaannya antara wambi jantan dan betina, diantaranya adalah:
  • Burung Wambie Jantan yang terang akan rajin berkicau, dan mempunyai variasi bunyi atau kicauan yang banyak dan suaranya akan keras di dengar, sedangkan yang betina hanya sieerr..sieerr...siierr yang berarti kicauan memanggil si jantan.
  • Warna bulu wambie jantan akan terlihat kecoklatan dan mengkilap, tapi wambie betina bulunya memang berwarna cokelat akan tetapi terlihat agak kusam.
  • Tubuh Wambie jantan terlihat lebih besar dan panjang serta ramping dibandingkan dengan wambie betina yang akan terlihat lebih kecil dan pendek. 
Burung Wambie atau Hwa Mei riwayatmu tidak menyerupai dulu entah dimana, yah mungkin di tempat asalnya masih banyak dan jangan hingga punah, alasannya aku sendiri termasuk penggemar dengan burung wambie ini.

0 Response to "Burung Wambie Atau Hwa Mei"

Total Pageviews