Latest News

Gunakan 9 Cara Ini Untuk Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina


Jenis love bird yang gampang diidentifikasi jenis kelaminnya yakni golongan dimorfik. Jenis lainnya yaitu golongan intermediet yang agak sulit diidentifikasi menurut penampilan. Sedangkan jenis yang ketiga yakni love bird kacamata yang perbedaan jenis kelaminnya juga tidak sanggup dipastikan atau sulit diidentifikasi menurut penampilan.

Meskipun secara umum burung love bird kacamata sulit dibedakan, tetapi kalau Anda jeli memperhatikannya, jenis kelaminnya sanggup dengan gampang dibedakan. Berikut cara membedakan Love bird jantan dan betina:

1. Bentuk Paruh


Lovebird jantan mempunyai bentuk garis putih paruh yang lancip sedangkan betina tumpul. Silahkan perhatikan pada gambar biar lebih terang dan paham.

2. Ciri Fisik




LB jantan cenderung mempunyai badan yang kecil sedangkan betina mempunyai ukuran badan yang lebih besar. Kepala LB jantan juga berbentuk cepak, sedangkan betina berbentuk melengkung/ cekung. Untuk sanggup membedakan harus ada beberapa burung untuk dibedakan.

3. Bentuk Ekor




Burung lovebird jantan mempunyai ekor yang lancip sedangkan betina bentuk ekornya melebar rata.

4. Bentuk Lubang Hidung





Lubang hidung Lovebird untuk memilih jantan atau betina sanggup dilihat pribadi dengan cara memegang burung tersebut kemudian ditiup pada bab hidung, kalau hidung membentuk lonjong/oval maka sanggup dipastikan jenis kelamin LB jantan dan kalau hidungnya lingkaran lebar maka itu LB Betina.

5. Cara Membangun Sarang




Saat membangun sarang, di antara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif yakni Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk menciptakan sarang. Sedangkan, Lovebird jantan hanya memperlihatkan kulit kayu kepada Lovebird betina.

6. Tulang Supit
Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit kalau diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih lentur dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

7. Memakai Cincin Emas/ Jarum
Cukup sediakan cincin emas atau jarum dan benang. Gantung cincin pakek benang, pegang burung dan letakkan cincin yg tergantung diatas kepala, awal dempetkan tarik keatas perlahan hingga magnet di burung mulai terlihat. Usahakan tetap damai dan burung kepalanya satu arah jangan sampek tolah toleh. Betina cincin akan berputar sedangkan Jantan akan maju mundur.

8. Tes DNA Lovebird dengan keakuratan 99%

Jenis kelamin Lovebird sanggup dibedakan memakai DNA yang diambil dari bulu atau darah. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99 persen. DNA yakni kependekan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan dan betina.
Dengan perbedaan DNA inilah, Anda sanggup tahu mana Lovebird jantan dan betina. Anda sanggup melaksanakan tes DNA di laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.


9. Lubang/ Bentuk Kloaka/ Anus/ Silit Lovebird



Lovebird jantan mempunyai kloaka yang lebih panjang daripada LB betina. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar saja.



semoga bermanfaat

diambil dari aneka macam sumber

0 Response to "Gunakan 9 Cara Ini Untuk Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina"

Total Pageviews