Latest News

Tips Mempersiapkan Burung Untuk Lomba

 kali ini aku mau menyebarkan tips kepada para pehobi kicau mania khususnya burung ocehan yan Tips Mempersiapkan Burung Untuk Lomba
Salam Kicau Mania dimanapun anda berada, kali ini aku mau menyebarkan tips kepada para pehobi kicau mania khususnya burung ocehan yang memang sudah dikondisikan dari awal dalam membeli burung tersebut ialah untuk dilombakan atau untuk kontes.

Mengikuti burung ke dalam perlombaan burung berkicau, kita harus  mengetahui kualitas mental, bunyi / volume dan fisik burung kita dan jangan mengikuti nafsu hehheh, biasanya burung kita kalau dirumah rajin berkicau dan terlihat vit tapi begitu turun di arena lomba malah melempem kaya krupuk ke siram air ( wakakaka..), gak mau ngadu, nggak mau teler dan malah bisu, apakah hal demikian sering para pehobi burung mengalaminya..? mungkin saja hal tersebut alasannya kurangnya persiapan khusus yang apa kesannya sangat menciptakan kita kecewa.

Perlu digaris bawahi bahwa burung yang akan dibawa ke arena tempur dilapangan harus diperhatikan secara rinci, dan kita harus benar-benar memperhatikan kualitas burung kita, baik mental, volume suara, gaya, fisik, dan variasi-variasi ocehannya, tidak jarang burung yang sudah tampil manis dirumah akan ngambek sesampainya dilapangan, sanggup juga penyebabnya ialah faktor fisik dan mental yang kurang siap,  untuk itu ada beberapa hal sedikitnya yang perlu diperhatikan dikala kita akan mengikut sertakan burung kita kearena lomba supaya kondisi mental dan performa burung stabil sesampainya di Lapangan, diantaranya ialah :
  1. Persiapkan burung yang akan dilombakan kira-kira 2 – 1 ahad burung tersebut jangan dibawa latihan atau dipertemukan dengan sejenisnya atau lawan jenisnya, namun 2-3 hari sebelum lomba boleh didekatkan dengan betinanya kalau memang setelannya menyerupai itu ( biasanya burung anis merah ).
  2. Sering dikerodong/kain epilog kandang dan boleh dibuka seperlunya menyerupai mandi jemur dan memberikannya makanan.
  3. Sesaat sebelum berangkat dari rumah menuju arena lomba, burung diberikan kuliner yang segar dan alami menyerupai telor semut ( kroto ), ataupun buah-buahan segar menyerupai apel, pepaya, pear, pisang. ( Untuk pinjaman kroto sebaiknya diberikan 4-5 harinya sebelum turun lapangan secara rutin berikanlah secukupnya dan jangan ada yang tersisa di sangkar, alasannya kroto atau kuliner yang tersisa sanggup menyebabkan  amis ).
  4. Sebelum berangkat, semprotkan atau spray burung tersebut secukupnya supaya burung tidak kepanasan dan akan tetap segar.
  5. Tutup kandang burung dengan krodong secara rapat dalam perjalanan ( krodong/kain epilog sangkar) harus pas ukurannya dengan sangkarnya, jangan terlalu besar.
  6. Untuk jarak lomba yang akrab kurang dari 2 jam perjalanan burung tidak perlu diberikan obat anti stres, tapi kalau perjalanan menumpuh waktu lebih dari 3 hingga 7 jam dibutuhkan obat anti stres sekitar 2-3 hari sebelum berangkat.
  7. Burung sebaiknnya sudah hingga di lokasi lomba, kurang lebihnya 2 jam sebelum dimulai lomba supaya burung tidak mengalami stres ataupun merasa kaget, alasannya supaya burung hening dan istirahat dahulu sehabis menempuh perjalanan.
  8. Simpan dan gantang burung kita sesampainya dilokasi dengan mencari daerah yang teduh dan jauhkan dari burung lomba lainnya, dan krodong segera dibuka sebagian saja supaya burung sanggup menghirup udara segar kembali.
  9. Beri kroto ataupun jangkrik dan ulat hongkong sesuai dengan hidangan dan makanannya supaya burung  segar kembali.
Cukup sudah aku menyebarkan info kepada para pecinta burung berkicau, aku rasa tips diatas sanggup digunakan kalau burung anda ingin mengikuti lomba, ini ialah sekedar sharing saja yang mungkin sanggup menjadi manfaat buat para pehobi burung di Indonesia, dan atas kekurangannya mohon dimaklumi ya….Oke Gan..salam kicau mania dan sukses buat anda.

0 Response to "Tips Mempersiapkan Burung Untuk Lomba"

Total Pageviews