Latest News

Menganal Ciri-Ciri Murai Kerikil Borneo

- Burung murai kerikil merupakan burung pengicau yang mempunyai nama latin dinamai copsychus malabaricus burung ini banyak tersebar di  Asia Tenggara, China barat daya, sunda besar, India, semenanjung malaysia, dan juga Indonesia. Di Eropa burung murai kerikil sering disebut white rumpe sementara di Indonesia sendiri burung murai kerikil berdasarkan kalangan hobbiest dibedakan berdasarkan tempat asalnya.

Beberarapa jenis murai kerikil yang dikenal di Indonesia diantaranya mirip Murai Larwo yang berasal dari Jawa, Murai kerikil Sumatera dan murau kerikil Borneo yang berasal dari kalimantan. Untuk burung murai borneo sendiri juga mempunyai beberapa jenis mirip Murai kerikil Palangka, Murai kerikil Mahkota (Kepala Putih) dan juga murai kerikil Banjar. Murai kerikil Borneo mempunyai karakteristik yang sangat gampang dikenali yaitu gayanya pada saat tarung, yaitu kepala yang menengadah ke atas lalu membungkuk ke bawah dengan gerakan cepat maupun lambat, dan juga murai borneo saat bertarung suka membusungkan dada dan bulu yang mengembang.

 Burung murai kerikil merupakan burung pengicau yang mempunyai nama latin dinamai copsychus ma Menganal Ciri-ciri Murai Batu Borneo


Pesebaran Murai Batu Borneo
  1. Murai kerikil Mahkota (whit  crowned shama) banyak tersebar di kalimantan bab utara dan juga kalimantan barat.
  2. Burung burneo Palangka atau murai kalteng banyak tersebar di wilayah kalimantan Barat dan juga kalimantan tengah.
  3. Murai borneo Banjar tersebar di tempat Kalimantan Timur dan juga Kalimantan Selatan.

Tips Memilih Murai Batu Borneo

Untuk menentukan burung borneo yang cantik sebaiknya pilih yang mempunyai kepala yang berbentuk papak, dengan leher yang agak besar ini membuktikan besarnya volume yang akan dihasilkan. Serta pilih burung murai borneo yang mempunyai tatapan mata yang tajam dan tidak sayu, pilih juga dengan paruh yang mempunyai bukaan yang lebar biasnya pada saat tarung murai kerikil borneo akan mengeluarkan tembakan dengan full power. Pilih burung borneo yang mempunyai ekor agak pendek dari 10cm hingga dengan 13cm.  Untuk kaki sebaiknya pilih warna kaki yang Cokelat kehitaman, atau hitam peka dan juga Coklat kemerahan jangan menentukan yang putih kekuningan. sementara untuk warna bulu dada pilih dengan warna bulu coklat muda, biasanya murai kerikil borneo mirip ini mempunyai sifat fighter yang tinggi.
Sumber referensi  : dari aneka macam sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google
Untuk membedakan murai jantan dan betina dapat melihat di postingan sebelumnya :

Ciri-Ciri Membedakan Burung Murai Batu Jantan Dan Betina

0 Response to "Menganal Ciri-Ciri Murai Kerikil Borneo"

Total Pageviews