Latest News

Pleci Sangihe Si Burung Kacamata Kecil Yang Hampir Punah

Burung Kicau Nusantara - Burung pleci kacamata yang berjulukan latin Zosterops nehrkorni ialah salah satu burung kacamata (pleci) dari 22an jenis burung pleci yang ada di Indonesia. Burung yang sering disebut dengan burung kacamata sangihe ini merupakan burung yang tergolong langka. Burung kacamata sangihe atau dalam bahasa inggris disebut dengan Sangihe White-eye ini dianggap dari kelompok jenis species Zosterpos atrfrins ( kacamata dahi-hitam). Akan tetapi species burung kacamata dahi-hitam ini dibedakn menjadi 3 species yakni Zosterops stalkeri, (kacamata menakutkan ), Zosterops nehrkorni (kacamata sangihe) dan Zosterops astrifrons. Burung pleci sangihe ini bahkan terancam punah informasi ini di sanggup dari IUCN dan birdlife dimasukkan dalam status konservasi "kritis" (Critically Endangered). Berdasarkan infonya burung sangihe ini jumlahnya kurang dari 50ekor burung sampaumur saja.

Habitat dan Pesebaran
Burung pleci sangihe ini sering ditemukan di daerah perbukitan maupun hutam primer dengan ketinggian antara 700 hingga 1000 meter dari permukaan air laut. Persebaran buurng pleci sangihe ini terbatas dan hanya sanggup ditemukan di pulau Sangihe, Sulawesi utara itu pun hanya sanggup di jumpai di daerah Sahengbalira dan daerah gunung Sahendaruman dengan luas habitat sekitar 8 km2. Burung kacamata sangihe atau sangihe white-eye ini tidak diketahui niscaya populasinya tidak diketahui. Yang ironisnya walaupun populasi burung pleci ini diyakini kurang 50 ekor didalam habitatnya seluas 8km2 dan di kategorikan burung langka atau dikategorikan sebagai spesies Critaclly Endangered, di Indonesia burung ini tidak termasuk dalam daftar nama burung yang di lindungi.

Deskripsi
Burung pleci sangihe atau Sangihe White-eye ini mempunyai postur sekitar 12cm, dengan ciri badan bab atas berwarna zaitun dengan perpaduan warna kuning kehijauan, dan ekor berwarna hitam pekat. Sementara lingkar mata di bab mata berwarna putih sedikit lebar, dahi berwarna hitam, pipi, tenggorokan dan epilog ekor berwarna kuning cerah sedangkan bab badan bab bawah dari burung pleci sangihe berwarna putih-mutiara dengan sisi badan abu-abu, paruh dan kaku berwarna jingga pucat. untuk lebih terang sanggup lihat gambar di bawah ini.

Burung pleci kacamata yang berjulukan latin Zosterops nehrkorni ialah salah satu burung beling Pleci sangihe si burung kacamata kecil yang hampir punah
Burung pleci kacamata yang berjulukan latin Zosterops nehrkorni ialah salah satu burung beling Pleci sangihe si burung kacamata kecil yang hampir punah 

Burung pleci sangihe ini merupakan burung endemik yang sering beraktifitas di hutan primer dan didaerah perbukitan dengan makanan utamanya berupa serangga dan juga buah. Suara kicau pleci atau kacamata sangihe ini hampir sama dengan bunyi burung kacamata dahi hitam namun lebih halus dan tipis dan kicaunya bernanda lebih cepat.
Sumber referensi  : dari banyak sekali sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Itu tadi informasi mengenai Pleci sangihe si burung kacamata kecil yang hampir punah yang sanggup burung kicau nusantara sampaikan biar dengan sedikit informasi ini sanggup bermanfaat bagi anda semuanya. Pastikan anda berkunjung kembali alasannya kami akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala.

Baca Juga Artikel Lainya : 

0 Response to "Pleci Sangihe Si Burung Kacamata Kecil Yang Hampir Punah"

Total Pageviews