Latest News

Pedoman Sukses Budidaya Kenari

- Burung kenari yaitu salah satu burung kicau yang menjajikan untuk dijadikan peluang bisnis, tidak sedikit para pembudidaya burung kenari yang sukses. Akan tetapi sebelum memulai bisnis kenari yang markotop ini kita dilarang asal-asalan kita harus memperhitungkan dengan baik-baik untuk memulai bisnis budidaya kenari.

Berikut yaitu hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis budidaya kenari :

 Burung kenari yaitu salah satu burung kicau yang menjajikan untuk dijadikan peluang bisn Pedoman Sukses Budidaya Kenari

A. Pedoman Budidaya
1. Persiapan
    Penting untuk menentukan induk yang berkualitas. Tentukan dan pilih terlebih dahulu indukan mempunyai postur yang bonsor (besar) dan panjang lebih dari ukuran kenari pada umumnya hal ini dikarenakan badan indukan yang besar sanggup dipastikan mempunyai penampang dada yang lebar sehingga proses mengerami telur mempunyai suhu sangat konstan antara 32-37 derajat celcius sehingga proses mengerami mempunyai prosentase kebershasilan 80%. Postur yang kecil dari burung kenari mempunyai penampang dada yang cenderung lebih sempit sehingga pada dikala menjalanakan proses mengerami telur suhu yang sanggup tidak begitu konstan dikarenakan lebar dada tidak bisa menampung seluruh telur, jumlah telur burung kenari rata-rata berjumlah antara 3-6 butir.

2. Pemeliharaan
    a. Perawatan Pengeraman 
    Perlu di ingat proses mengerami telur memakan waktu kurang lebih selama 2 ahad dan tentunya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain :
  • Jangan memandikan burung pada dikala burung menjalani pengeraman telur alasannya bulu yang lembap akan mengakibatkan suhu telur menjadi cuek sehingga sanggup mengakibatkan kegagalan dalam pembentukan anakan.
  • Hendaknya tidak memperlihatkan wadah kawasan air minum dengan ukuran yang besar semoga burung tidak mandi.
  • Jangan melaksanakan penjemuran pada dikala burung menjalani proses pengeraman telur alasannya pada dikala menjalani proses pengeraman telur burung akan cenderung makan dan minum lebih sedikit dibandingkan pada dikala burung tidak mengerami telur, sehingga kalau dilaksanakan penjemuran badan buurng akan banyak mengalami evaporasi (penguapan) sehingga sanggup menimbulkan kekurangan cairan tubuh (kekeringan) dan sanggup menybabkan kematian. 
 Burung kenari yaitu salah satu burung kicau yang menjajikan untuk dijadikan peluang bisn Pedoman Sukses Budidaya Kenari

    b. Penyapihan Anakan
        Lakukan penyapihan anakan kenari setelah mereka telah berumur satu bulan atau lebih atau ditandai dengan anakan tersebut telah bisa untuk hidup berdikari mirip makan, minum dan sanggup melaksanakan aktifitas tanpa derma indukanya atau dengan kata lain induk tersebut telah tidak lagi menyuapi anakanya. Lakukan penjemuran secara rutin antara 07 : 00 hingga dengan 08 : 30 pagi lakukan penjemuran secara sedikit demi sedikit hal ini mencoba pembiasaan burung terhadap sinar matahari dan jangan menjemur anakan melebihi ketentuan yang tersebut di atas dikarenakan anakan burung masih belum bisa untuk menahan terik matahari yang terlalu panas hal ini sanggup mengakibatkan mortality (kematian), anakan yang telah berumur 2 bulan atau lebih sanggup dilakukan penjemuran antara 07 : 00 hingga dengan  jam 10 : 00 dan jangan melebihi dari jam tersebut alasannya cahaya terlalu terik dan juga sinar matahari di atas jam 11 : 00 bersifat racun yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit dan bahkan kematian.

B. Analisis Usaha
    1. Investasi
  • Modal awal                          : Rp 3.500.000;-
  • Sangkar ternak  2 buah         : Rp 150.000;-
  • Biaya pakan selama 1 bulan  : Rp 50.000;-
  • Sarana penunjang lain           : Rp 10.000;-
    2. Keuntungan
        Jarak kenari bertelur hingga anak lepas  sapih dan bertelur periode berikutnya 1,5 bulan dan setiap 1 tahun kenari mengalami mabung 1 kali, lamanya mabung hingga siap ternak sekitar 3 bulan, jadi dalam 1 tahun kenari bisa punya anak sekitar 6 periode. Jika dalam 1 periode berhasil menetas dan hidup hingga besar sebanyak 2 ekor maka dalam 1 tahun menghasilkan 12 anak.
  • Harga 1 ekor kenari F1/F2 yorkshire : Rp 1.250.000;-
  • Maka dalam 1 tahun hanya ternak dengan 1 pasang saja anda bisa menghasilkan 15.000.000;- dengan biaya operasional sekitar Rp 75.000;- perbulan.
Sumber referensi  : dari banyak sekali sumber buku, omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit isu perihal Pedoman Sukses Budidaya Kenari yang bisa sampaikan semoga ini bisa bermanfaat buat kicau mania semuanya kami juga akan selalu mengupdate atau memperbarui isu lainya secara berakala, jadi pastikan anda tidak ketinggalan, dengan cara berkunjung kembali di situs ini lagi.

Baca Juga :

0 Response to "Pedoman Sukses Budidaya Kenari"

Total Pageviews