Latest News

Ciri Khas Nyamuk Demam Berdarah Yang Harus Dikenali

 Musim pancaroba ketika cuaca tak menentu menyerupai ketika inilah Ciri Khas Nyamuk Demam Berdarah yang Harus Dikenali
Tahukah Anda bagaimana ciri-ciri dari nyamuk Aedes Aegypti, si penyebab penyakit demam berdarah?

Musim pancaroba ketika cuaca tak menentu menyerupai ketika inilah, merupakan waktu paling subur bagi nyamuk untuk berkembangbiak. 

Bagaimana tidak, ketika isu terkini penghujan tiba, sampah-sampah yang berserakan, tempat-tempat yang tergenang air hujan, dan tempat-tempat penampungan air di rumah kitapun menjadi kawasan perkembangbiakan telur dan jentik-jentik nyamuk yang mempunyai kemampuan jarak terbang 100 meter ini.

Berikut ini ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh nyamuk demam berdarah yang harus kita ketahui, semoga kita lebih waspada dan meminimalisir segala kemungkinan terburuknya. Dengan mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah itu sendiri, diperlukan kita bisa melaksanakan langkah pencegahan penyakit demam berdarah sebelum semuanya terlambat. Adapun ciri khas dari nyamuk berdarah yang harus kita kenali yakni sebagai berikut :

Jenis nyamuk demam berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang diketahui mempunyai empat serotipe virus dengue, di antaranya DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Di Indonesia sendiri, virus ini ditularkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina, yaitu Aedes aegypti sebagai vektor utama dan Aedes albopictus sebagai vektor sekunder.

Jenis nyamuk demam berdarah ini mempunyai sifat anthropofilik, artinya mereka lebih menentukan untuk menghisap darah manusia. Selain itu juga bersifat multiple feeding, artinya untuk memenuhi kebutuhan darah hingga kenyang biasanya nyamuk ini bisa menghisap darah beberapa kali.

Sifat multiple feeding inilah yang sanggup meningkatkan risiko penularan demam berdarah di wilayah perumahan yang penduduknya lebih padat. Sebab, satu nyamuk yang infektif dalam satu periode waktu menggigit akan bisa menularkan virus kepada lebih dari satu orang.

Warna dan bentuk badan nyamuk

Cara gampang mengenali nyamuk demam berdarah yakni dengan melihat warna dan bentuknya. Bila Anda menemukan nyamuk dengan ciri-ciri berukuran kecil dan berwarna hitam dengan belang (loreng) putih di seluruh tubuh, maka sanggup dipastikan itu merupakan nyamuk demam berdarah. Nyamuk ini mempunyai kemampuan untuk terbang setinggi 100 meter sehingga daya jangkau penularannya cukup jauh.

Waktu gigit

Sifat khas dari nyamuk demam berdarah sanggup dilihat dari waktu gigitan. Nyamuk demam berdarah aktif menggigit pada pagi hingga sore hari, paling aktif ketika dua jam sehabis matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Nyamuk demam berdarah terkadang menggigit tanpa sepengetahuan Anda lantaran biasanya nyamuk ini menggigit dari belakang badan Anda dan menuju pergelangan kaki dan siku. Gigitannya pun seringkali tidak menjadikan rasa sakit sehingga Anda mungkin tidak sadar ketika terkena gigitan nyamuk demam berdarah.

Tempat perkembangbiakan

Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus termasuk jenis nyamuk pemukiman. Jadi, nyamuk ini menyukai kawasan atau wadah penampungan air yang jernih untuk meletakkan telurnya. Tempat-tempat ini pun tidak hanya di dalam rumah saja, alasannya yakni kawasan penampungan di luar rumah pun bisa menjadi kawasan perkembangbiakannya dan seringkali luput dari perhatian.

Secara umum, nyamuk demam berdarah menyukai kawasan yang agak gelap dan lembap. Nyamuk Aedes aegypti lebih banyak ditemukan berkembang biak di tempat-tempat penampungan air buatan, contohnya kolam mandi, ember, vas bunga, kawasan minum burung, kaleng bekas, dan tempat-tempat sejenis.

Sementara itu, nyamuk Aedes albopictus lebih banyak ditemukan di penampungan air alami di luar rumah, menyerupai ketiak daun, lubang pohon, dan bagian bambu.

Bila Anda mempunyai kebiasaan menggantung baju di belakang pintu, Anda perlu waspada alasannya yakni tumpukan baju ini juga menjadi kawasan hinggap yang disenangi oleh nyamuk demam berdarah.

Pola jentik nyamuk demam berdarah

Selain mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah, Anda juga perlu tahu jentik mana yang merupakan jentik nyamuk demam berdarah. Saat Anda mengecek kolam mandi atau kawasan penampungan lainnya, jentik nyamuk demam berdarah biasanya bergerak aktif dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang. Nah, kalau Anda menemukannya, segeralah untuk menguras kolam mandi guna mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Itulah beberapa ciri khas nyamuk demam berdarah yang harus kita ketahui. Semoga gosip ini menunjukkan manfaat dan pengetahuan ihwal nyamuk demam berdarah, guna mencegah dan menghindari penyakit yang bisa merenggut keselamatan penderitanya ini.

0 Response to "Ciri Khas Nyamuk Demam Berdarah Yang Harus Dikenali"

Total Pageviews