Latest News

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur

 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur

      Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan. Namun selain menjadi bumbu penyedap, daun serai juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.


Serai berjulukan latin Cymbopogon Citratus dan merupakan salah satu tanaman famili poaceae. Tanaman bumbu rempah yang mempunyai bentuk menyerupai rumput tetapi berukuran lebih besar. Bagian daunnya mempunyai tekstur yang garang serta tajam di cuilan samping-sampingnya. Saat cuilan daunnya disobek maka wanginya yang khas akan pribadi menyerebak keluar. Bagian dari tanaman serai yang pada umumnya digunakan untuk bumbu masak yaitu cuilan batang. Batang serai berwarna putih, mempunyai struktur garang yang tidak lunak namun juga tidak terlalu keras, berumbai pada daun tengah yang tumbuh di tandan tebal. Tinggi tandannya sanggup tumbuh sampai sekitar 3 meter.


 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
Daun Serai
Tanaman ini berasal dari Asia Selatan yaitu kawasan India dan Sri Lanka. Menurut riset daun serai mempunyai kandungan minyak atsiri yang sangat kaya yaitu terdiri dari asam sitrat, sitronelol, kamfen, sabinene, dan lain-lain.

Serai ialah salah satu tanaman rempah yang sangatlah terkenal di Indonesia juga digunakan secara luas untuk masakan-masakan Asia. Cara memakai tanaman serai sebagai bumbu kuliner pada umumnya dengan dihancurkan / digeprek biar aroma amis khasnya sanggup keluar dan menyebar ke kuliner kita. Seperti yang kita ketahui, untuk membumbui kuliner batang tanaman serai bisa menghasilkan aroma masam menyerupai aroma lemon dan menambah cita rasa yang sangat enak pada makanan. Serai bisa digunakan untuk memasak sup, kaldu, saus, kari, hingga diseduh dengan teh menjadi teh serai yang menyehatkan. 

 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
Sate Tengiri Tusuk Serai

Selain diambil aromanya sebagai bumbu masakan, tanaman serai ternyata juga mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Serai ini telah termasuk tanaman terpopuler di negara menyerupai vietnam, thailand, kamboja, malaysia, sampai indonesia dan beberapa negara di benua Amerika - Afrika sebagai obat-obatan. Daun, batang sampai umbi tanaman serai bisa menghasilkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sereh mempunyai banyak nutrisi aromatik penting dimana sanggup menunjukkan banyak sekali manfaat  bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini merupakan sumber vitamin penting yang diharapkan tubuh yaitu vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), juga vitamin B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), vitamin C serta folat. Selain itu mengandung mineral yaitu fosfor, mangan, potasium, kalsium, magnesium, tembaga, seng dan besi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang sehat. 


Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral, berikut ini ialah manfaat daun serai untuk kesehatan tubuh kita :


1. Anti Kanker
Sebuah hasil riset menyimpulkan tanaman serai mengandung citral yaitu zat anti-kanker dimana bisa membunuh sel kanker. Tetapi kita tetap harus mempertahankan sel / jaringan sehat di tubuh lantaran bukan berarti jikalau minum air rebusan serai akan menyembuhkan penyakit kanker secara permanen jikalau dikonsumsi oleh penderita kanker, tapi serai sanggup membantu untuk menghambat penyebaran sel kanker.

2. Meringankan Diabetes
Tanaman serai bisa membantu membersihkan / detoksifikasi organ pankreas serta sanggup meningkatkan fungsinya, sehingga tingkat gula darah pada penderita diabetes sanggup turun.

3. Mencegah Anemia


 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
Manfaat Daun Serai Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada tanaman serai sangatlah penting untuk sintesis Hb (hemoglobin, protein di dalam sel-sel darah merah dimana bertugas untuk membawa O2/ oksigen ke seluruh tubuh). Sehingga tanaman ini sudah terang bisa membantu banyak sekali jenis tanda-tanda anemia, terutama jikalau disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh.

4. Membersihkan Bakteri serta Infeksi Jamur
Karena kandungan yang bersifat anti-septik, dengan meminum teh serai bisa membantu menghilangkan mikro-organisme jahat pada tubuh kita. Selain itu juga detoksifikasi / membersihkan darah dan menghilangkan bakteri dan jamur / ragi.

5. Anti Inflamasi serta Anti Septik
Sifat tanaman serai yang anti-inflamasi dan anti-septik, meminum jus serai bisa bermanfaat sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit arthritis, asam urat bahkan radang susukan kencing.

6. Sebagai Minyak Angin
Tanaman serai mempunyai kandungan minyak atsiri dimana sanggup membantu melaksanakan tindakan balsamic yaitu jikalau kau mempunyai duduk masalah dalam susukan pernapasan. Pada umunya tanaman serai ini berkhasiat untuk meringankan tanda-tanda flu dan demam cuek lantaran berefek menghangatkan tubuh.

7. Detoksifikasi
Sebagai anti-oksidan, anti-septik serta berefek diuretik dimana membantu pengeluaran racun di dalam tubuh secara efektif., menciptakan tanaman serai menjadi tanaman herbal yang cocok dimasukkan dalam sajian diet kau dikala detoksifikasi. Proses ini akan sangat membantu sebagai pembersih dan pemurnian organ hati, pankreas, ginjal, kandung kemih, serta sanggup meningkatkan sirkulasi darah. 

8.  Menurunkan Berat Badan


 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
Manfaat Daun Serai Menurunkan Berat Badan
Dengan meminum teh serai bisa membantu tubuh untuk meluruhkan lemak-lemak tubuh melalui cara detoksifikasi. Efek diuretiknnya sanggup membantu melancarkan buang air besar dalam jumlah relatif banyak, efektif serta cepat sehingga sanggup menurunkan berat badan.

9. Mengurangi Insomnia
Gangguan insomnia atau menjadi insomnia dikala malam hari bisa terjadi lantaran ketidak seimbangan zat-zat di dalam tubuh / gangguan saraf. Zat pemurnian yang mempunyai dampak positif menenangkan dari tanaman serai ini membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

10. Mengurangi Kolesterol
Tanaman serai mengandung zat anti-kolesterol serta anti-aterosklerosis dimana keduanya sanggup membantu mengurangi absorpsi kolesterol berlebih dari usus dan oksidasi LDL (kolesterol jahat) yang ada di dalam darah sehingga bisa mencegah terjadinya salah satu proses awal pembentukan plak aterosklerotik.

11. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Kandungan potasium relatif tinggi  dapat mendorong diuresis yang bisa membantu untuk menurunkan serta mengatur tekanan darah kau apabila berada diatas normal. Minum teh serai hangat secara teratur untuk hasil maksimal.


 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
Manfaat Daun Serai Teh Serai
12. Melancarkan Pencernaan
Manfaat lain dari tanaman serai yang paling kesehatan pencernaan yang notabene mengatur fungsi usus serta motilitas melalui sifat anti-mikroba di dalam serai. Zat pada serai berfungsi sebagai pembunuh basil jahat serta parasit, dan juga mengembalikan bakteri baik di dalam usus. Hal ini menciptakan masalah-masalah pencernaan yang umum contohnya gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit, diare, kembung usus, kejang perut sanggup dihindari. Sari tanaman serai bisa memulihkan rasa mulas/gastritis/gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kandungan zat asam berlebih di dalam usus. 

13. Menjaga Sistem Saraf
Magnesium, fosfor serta folat ialah nutrisi penting yang sangat diharapkan untuk perkembangan serta menstabilkan fungsi sistem saraf. Zat-zat tersebut berfungsi membantu meningkatkan konsentrasi, ingatan dan kemampuan otak dalam memproses informasi.

14. Pembersihan Racun
Khasiat utama yang paling menonjol dari tanaman serai yaitu sanggup memurnikan seluruh tubuh kita, lantaran racun dari dalam tubuh sanggup hilang lantaran pencucian usus besar berjalan baik.

15. Menghaluskan Kulit Wajah
Jika kau ialah seorang penggemar kosmetik yang berbahan alami, air rebusan serai dimanfaatkan menjadi solusi alternatif pengganti toner. Penyegar wajah yang alami ini tentunya menciptakan wajah terlihat lebih higienis dan anggun lantaran mengandung astringent dan antiseptik dimana membantu menghilangkan jerawat, komedo sampai menghaluskan kulit wajah. Disamping itu, tanaman ini juga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

16. Menjaga kesehatan sel-sel tubuh
Tanaman serai mengandung zat antioksidan dimana membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Serai juga membersihkan darah serta memperkuat fungsi limpa untuk membuang sel-sel darah yang kotor. Selain itu juga mendukung fungsi kelenjar timus dimana sebagai penghasil sel darah putih dan membantu merangsang regenerasi sel. Folat serta kalium pada sereh berperan membantu pembentukan DNA dan juga mempromosikan pembelahan sel yang sehat.

17. Aromaterapi



 Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana bisa meningkatkan nafsu makan Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
Manfaat Daun Serai Sebagai Aromaterapi
Serai mengandung senyawa sehat minyak esensial, contohnya nerol, sitronelol, geraniol, myrcene, dipentene, dan metil heptenone dimana mempunyai sifat anti-jamur, insektisida serta antiseptik. Minyak pada umunya digunakan sebagai aromaterapi lantaran menunjukkan imbas terapeutik yang membantu merevitalisasi serta menyegarkan tubuh. Minyak serai mempunyai zat alami sebagai perangsang sirkulasi darah serta meremajakan jaringan kulit sehingga membantu untuk mengangkat dan sanggup  mengencangkan kulit.

18. Melancarkan Menstruasi
Tanaman ini juga sangat efektif sebagai pelancar pemikiran menstruasi dan sanggup menenangkan kram perut serta pinggul dan ketidaknyamanan lain dikala menstruasi.

Tumbuhan ini sangat kondusif untuk dikonsumsi dan tidak mempunyai imbas samping dikala mengkonsumsinya. Kaprikornus tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya sebagai alternatif obat herbal ya!

0 Response to "Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur"

Total Pageviews