Latest News

Listrik Dari Pohon Kedondong, Ahli Sekali Inovasi Bocah Ini, Tolong Share Untuk Mengharumkan Nama Bangsa

gambar listrik dari buah kedondong


JAKARTA - Naufal Rizki, pelajar kelas 2 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh sanggup menemukan energi. Uniknya Naufal menemukan energi listrik berasal dari pohon kedongdong.

Anak pertama berasal dari dua bersaudara pasangan Supriaman daan Deski inii sebelumnya cuma coba-coba. Berawal berasal dari pelajaran di sekolah, Naufal risikonya berhasil membuat tenaga listrik berasal dari batang pohon.

"Pada awalnya pada ketika saya mempelajari ilmu pengetahuan alam, saya membaca bahwa buah yaang memiliki kandunga asam katanya sanggup menghantarkan listrik, risikonya saya mencoba lakukan sebuah pengujian pada buah kentang. Setelah itu saya berpikir lagi, kalau buahnya memiliki kandungan asam berarti pohonnya tersebut juga memiliki kandungan asam, risikonya saya mulai mencoba melaksanakan eksperimen," katanya ke  SINDOnews pada program Pertamina Science Fun Fair 2016, Jakarta, hari Sabtu

Baca juga : 15 Kesalahan orang bau tanah ke anak " Yang Menghancurkan Masa Depan Anak "

Dia memaparkan , pertama kali eksperimen itu ia dilakukan terhadap pohon mangga daan ternyata tidak layak atau gagal. Pada risikonya saya menemukan kedondong pagar yaang kadar asam atau getahnya sanggup menghantarkan listrik. (Baca: Pengunjung Pertamina Science Fun Fair 2016 Membeludak)

Meskipun demikian, Naufal mengaku bahwa bekal yang ia dimiliki tidak cuma berasal dari sekolah. Namun itu juga alasannya yaitu adaanya  tunjangan dari sang Ayah yaang sangat membantu saya dalam percobaannya tersebut.



"Kebetulan ayah Naufal bekerja di elektronik. Makara sedikit banyak saya tahu mengenai alat-alat elektronik," paparnya.

Hasil temuan energi berasal dari pohon kayu inii memang sederhana, dengan rangkaian yaang terdiri berasal dari pipa tembaga, batangan besi, kapasitor daan dioda, arus listrik yaang dihasilkan sangat tergantung kepada kadar keasaman pohon.

Sebelumnya, Naufal telah melaksanakan lebih berasal dari 60 kali percobaan daan menelan biaya sekitar Rp14 juta. Dengan temuannya inii, satu rumah sanggup dialiri listrik melalui sepuluh pohon kedondong pagar.

Ditanya impian daan keinginannya ke depan. Dengan sigap Naufal eksklusif menjawab ingin menjadi ilmuwan. "Saya ingin jadi ilmuwan daan kedepannya ingin mengembangkan eksperimen untuk menghidupkan alat elektronik," tukasnya.


Naufal sendiri diundaang dalam program Pertamina Science Fun Fair 2016 untuk membuatkan ide kepada para akseptor lomba untuk sanggup menghasilkan sebuah karya yaang inovatif daan inspiratif. Melalui ajang inii itu juga diharapkan, akan lahir Naufal lainnya yaang sanggup mengharumkan nama bangsa.

0 Response to "Listrik Dari Pohon Kedondong, Ahli Sekali Inovasi Bocah Ini, Tolong Share Untuk Mengharumkan Nama Bangsa"

Total Pageviews