Latest News

Manfaat Pete Untuk Kesehatan Badan Kita 32 +

Buah pete atau dalam bahasa Indonesia dinamakan petai, mungkin banyak sekali yang membenci buah yang satu ini lantaran baunya yang minta ampun. Buah ini mempunyai bentuk lingkaran pipih dengan warna hijaunya yang khas. Selain itu, bijinya yang berada di dalam bentuk papan-papan juga menambah keunikan buah yang bacin ini.

gambar Manfaat Pete untuk Kesehatan

Masakan Indonesia yang Menggunakan Pete


Pada dasarnya, meskipun mempunyai bacin yang banyak dibenci dan dihindari oleh orang banyak, pete sendiri merupakan salah satu jenis kuliner yang juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya kuliner olahan yang mencampurkan pete sebagai materi utama, ataupun sekedar materi pelengkap. Di beberapa kawasan sendiri, pete malahan ibarat sajian wajib lalapan ketika sedang menyantap hidangan.

Berikut ini beberapa jenis sayuran dan kuliner olahan yang bisanya melibatkan petai di dalamnya :
  • Tumis tauge
  • Sambal goreng krecek
  • Sambal goreng ati atau kentang
  • Sayur lodeh
Pete sering di masukan sebagai materi gabungan pada sajian kuliner juga lantaran mempunyai warna yang menarik, yaitu hijau terang, yang akan menambah warna pada kuliner yang dibuat.

Mengapa pete bau??


Petai bisa menjadikan bacin yang tidak sedap lebih lantaran kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang menciptakan biji petai menghasilkan bacin yang sangat menyengat dan tidak sedap. Di amerika sendiri, petai termasuk salah satu jenih kuliner yang baunya paling buruk.

Namun, tampaknya Tuhan memang adil. Meskipun petai banyak dijauhi dan dihindari oleh banyak orang lantaran baunya yang tidak sedap, namun petai ternyata mempunyai kandungan gizi yang tinggi, serta mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan badan kita.

Berikut ini ialah beberapa manfaat dan kelebihan dari petai bagi kesehatan badan :


Manfaat Pete untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan


Buah atau biji petai ini mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang sangat tinggi ini tentu saja akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan pencernaan yang anda alami. Gangguan gangguan pencernaan yang sering dialami antara lain :
  • Begah
  • Mulas mulas
  • Sulit buang air besar atau kecil
  • Diare
  • Sembelit

Perlu diketahui, walaupun mempunyai banyak sekali manfaat, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi petai, lantaran akan menjadikan bacin yang tidak sedap. Hal ini akan menciptakan anda dan orang di sekitar anda merasa tidak nyaman dengan bacin yang ditimbulkan.

Petai Juga di percaya sangat bermanfaat untuk ginjal, dan beberapa organ lain ibarat jantung dan baik juga untuk penderita diabetes.

Kaya Kandungann vitamin A

Ternyata si hijau ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Kira – kira 100 gr biji atau buah petai sanggup mengandung kurang lebih 299 IU Vitamin A. Manfaat vitamin A sendiri sangatlah penting bagi tubuh, yang berguna untuk :
  • Dapat menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh
  • Mencegah terjadinya gangguan pada mata
  • Menjaga kesehatan mata
*belum ada penelitian niscaya mengenai khasiat petai untuk medis. Makara harap menggunakannya secara bijak.

Vitamin C yang tinggi

Petai mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, walaupun memang tidak setinggi jenis buah-buahan asam, ibarat manfaat jeruk dan manfaat apel. Namun demikian kandungan vitamin C yang terkandung pada pete sanggup membantu badan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Berikut ini ialah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C :

  • Mencegah terjadinya aneka macam macam penyakit
  • Mencegah sariawan, gusi berdarah dan infeksi
  • Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh

Mengandung antioksidan

Manfaat Pete. Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang mempunyai manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini sanggup membantu badan dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan sanggup membantu :

  • Baik untuk kesehatan tubuh
  • Mencegah badan terjangkit aneka macam macam penyakit
  • Maningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh

Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Anda ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam manfaat pete ini sanggup membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga sanggup mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah serangan stroke

Salah satu penelitian yang diungkapkan oleh The New England Journal of Medicine, dikatakan bahwa mengkonsumsi pete sanggup membantu untuk mengurangi resiko terjadi serangan stroke pada seseorang. 

Dapat menurunkan suhu tubuh

Manfaat pete dipercaya sebagai buah atau biji yang sanggup membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan istilah buah dingin, yang akan menurunkan suhu tubuh.

Baik untuk kesehatan lambung

Buah atau biji petai ini ternyata sangat akrab dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menjadikan efek yang jelek bagi lambung. Malahan buah atau biji petai ini sangat baik bagi lambung, karena:

  • Mencegah terjadinya nanah pada lambung
  • Mengurangi iritasi dan luka pada pecahan lambung
  • Dapat menetralisir asam lambung

Mencegah terjadinya kegemukan

Selain mempunyai kandungan serat yang tinggi yang sanggup mengikat lemak, manfaat pete juga sanggup mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menimbulkan kegemukan ialah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi pete, sanggup mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

Menghilangkan gatal lantaran gigitan nyamuk

Manfaat Pete . Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, pecahan kulit petai pun ternyata mempunyai khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini ialah sanggup mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Berikut ini cara mengurangi dan menghilangkan rasa gatal dengan memakai kulit petai :

  • Baca juga, manfaat kulit pisang untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.
  • Gosok-gosokan pecahan dalam kulit petai tersebut pada kawasan kulit yang gatal lantaran digigit nyamuk.
  • Ambil pecahan dalam dari kulit petai

Mengjilangkan rasa sesak lantaran kekenyangan

Manfaat pete ketika dikonsumsi ini, mempunyai efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini sanggup membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada pecahan dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. pete ini sanggup membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

Meningkatkan kemampuan kognitif

Bagaimana ceritanya buah atau biji petai ini dapa meningkatkan kemampuan kognitif? Ternyata buah petai ini mempunyai kandungan kalium yang tinggi, sehingga sanggup membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif tersebut mencakup banyak hal, antara lain :
  • Kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera
  • Kemampuan melaksanakan rekognisi pola
  • Kemampuan mengingat
 Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, dimana para siswa yang mengkonsumsi pete pada ketika sarapan sampai makan siang, sanggup mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

Manfaat Pete ialah Menurunkan tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa buah pete sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri sanggup disebabkan oleh banyak faktor, yang sanggup berakibat :
  • Mudah lelah
  • Meningkatkan resiko terjangkit penyakit kronis, ibarat jantung
  • Mudah murka dan cepat marah
 Konsumsi petai sanggup membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi yang diderita, dan sanggup mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh hipertensi.

Mencegah terjadinya anemia

Biji atau buah petai sendiri ternyata sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat zat besi tinggi yang terkandung dalam buah pete ini. Anemia sendiri sanggup berakibat :

  • Tidak sanggup melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan optimal
  • Mudah pusing dan mual-mual
  • Mudah terjangkit penyakit ringan
  • Tubuh terasa tidak bertenaga
  • 5 L (letih, lemah, lesu, lunglai, lemas)
Dengan mengkonsumsi petai, beberapa tanda-tanda diatas sanggup dicegah dan tidak akan muncul pada diri anda.


Dapat mengatasi gangguan PMS

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya sanggup menciptakan seorang perempuan dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi pete ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, pete juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang sanggup mengatur kadar gula darah, dan juga sanggup membantu memperbaiki mood seseorang


Manfaat Pete sanggup Meredakan depresi

Kelebihan pertama dari petai adalah, manfaat pete bisa meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Ternyata, kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai merupakan faktor yang menimbulkan redanya depresi pada seseorang. Berikut ini ialah efek dari tryptophan yang terkandung pada pede :

  • Membuat badan terasa lebih bahagia
  • Dapat memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang
  • Membuat badan menjadi lebih rileks

Mengobati sakit jantung

Kemampuan petai untuk mengurangi kolesterol dan hipertensi cukup ampuh, hal ini yang membuatnya sanggup mengurangi dan mengobati sakit jantung.

Untuk mengurangi Kolesterol 

Petai juga sanggup membantu mengurangi kolesterol, zat antioksidan dalam petai serta aneka macam zat lainnya yang terkandung di dalamnya, bisa mengurangi kolesterol secara cepat.


Top 1 Untuk diabetes / Gula darah

Rasa pahit dalam Petai ternyata mempunyai dampak super ampuh untuk mengatasi diabetes atau darah manis. Hal ini sudah teruji ratusan tahun kemudian sampai ketika ini, ternyata banyak yang sudah sembuh total memanfaatkan petai.


 Buah pete atau dalam bahasa Indonesia dinamakan petai Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh Kita 32 +


Cara memakai petai untuk pengobatan


Petai sanggup dipakai untuk pengobatan dengan dua cara mudah.

  • Dimakan pribadi dengan kulit (putih)nya
  • Atau di rebus.

PENTING!! Saat ini banyak pesan berantai video mengenai manfaat pete, jangan percaya 100%. Percayakan persoalan kesehatan anda pada dokter dan petugas medis terpercaya.



0 Response to "Manfaat Pete Untuk Kesehatan Badan Kita 32 +"

Total Pageviews