Latest News

Makanan Yang Dihentikan Untuk Ibu Hamil Paling Lengkap Beserta Alasannya Yaitu !

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil Terkadang sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa ada beberapa jenis masakan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Beberapa masakan yang akan dibahas selanjutnya memang mempunyai kandungan gizi dan juga kandungan yang sanggup membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan, juga mengganggu tumbuh dan kembang sang janin. Bagi seorang perempuan hamil selain memikirkan asupan masakan yang sehat untuk sang buah hati, beberapa pantangan masakan ibu hamil di bawah ini juga perlu diperhatikan. Apalagi sejumlah masakan yang akan dibahas di bawah ini merupakan makanan-makanan yang rasanya nikmat dan bahkan terlihat sangat menarik perhatian. Untuk itu di dalam artikel ini kita akan memperlihatkan sejumlah informasi mengenai masakan yang tidak boleh dimakan ibu hamil dan juga makanan-makanan yang baik bagi kesehatan seorang perempuan hamil.

gambar masakan yang tidak boleh dimakan untuk ibu hamil

Apa Saja Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil?

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil di bawah ini berawal dari mitos pada adab dan budaya masyarakat. Namun pantangan masakan yang banyak dibicarakan masyarakat ini bukanlah tanpa alasan. Sejumlah masakan di bawah ini telah diketahui bisa mengakibatkan keguguran pada perempuan hamil. Untuk itu mari kita simak pembahasan berikut ini!


Rokok

Rokok memang bukan merupakan salah satu produk masakan namun sangat berbahaya bagi perkembangan sang buah hati di dalam kandungan. Saat ini banyak sekali perempuan yang kita lihat merokok, namun bagi perempuan yang ingin mempunyai anak dan juga sedang mengandung merokok bukanlah gaya hidup yang baik. Merokok akan mengakibatkan gangguan tumbuh kembang pada janin di dalam kandungan, yang berujung pada lahirnya anak yang cacat baik fisik maupun mental.

Kafein

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil Berikutnya ialah aneka macam produk kafein yang banyak dikonsumsi oleh kita semua ibarat pada teh dan kopi. Kafein ialah salah satu zat stimulus yang bisa meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah. Konsumsi berlebih masakan berkafein tinggi ketika sedang hamil sanggup menghambat perembesan zat besi yang sangat diharapkan pada masa kehamilan dan mengganggu pertumbuhan janin lantaran dampak peningkatan tekanan darah anda. Selain itu kafein juga diketahui sanggup menembus plasenta dan masuk ke dalam ajaran darah bayi anda dan hal ini tidak baik bagi perkembangan mereka.

Sumber protein setengah matang

Sama ibarat pada pembahasan sayuran di atas, aneka macam sumber protein yang tidak matang juga masuk dalam daftar masakan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, beberapa sumber protein ibarat daging-dagingan, ikan dan juga telur seringkali diolah setengah matang bahkan mentah ibarat pada beberapa produk sushi. Makanan-makanan yang diolah setengah matang ini memang akan memperlihatkan sensasi rasa yang disukai oleh sejumlah orang.

Bagi perempuan hamil, menghindari masakan yang tidak matang dilakukan guna memastikan tidak ada basil ataupun virus yang masuk ke dalam badan sang ibu demi keselamatan sang buah hati. Di dalam aneka macam produk masakan yang tidak diolah dengan matang, seringkali masih ditemukan basil ibarat basil Salmonella yang ditemukan pada telur mentah atau setengah matang. Beberapa basil dan virus juga ditemukan di dalam produk ikan dan daging yang tidak matang.

Sayuran mentah

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil berikutnya ialah sayur-sayuran mentah. Bagi ibu yang suka mengkonsumsi lalapan tentu saja hal ini menjadi problem berarti. Sebenarnya larangan terhadap aneka macam bentuk masakan sayuran mentah ini dilakukan, lantaran materi mentah yang tidak dimasak sangat gampang terkotori kuman.

Untuk itu kalau ibu menyukai makanan-makanan mentah ibarat gado-gado, karedok dan lalapan lainnya, anda sebetulnya boleh  mengkonsumsinya kalau ibu yakin dengan kebersihannya. Selain itu, ibu juga bisa mengganti sayuran mentah pada masakan ini dengan sayuran rebus guna memastikan tidak adanya kontaminasi kuman pada masakan anda.

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil yaitu Buah nanas

Buah nanas memang mempunyai banyak kandungan zat gizi ibarat vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya itu, kandungan kalsium, magnesium, juga zat besi di dalam buah ini sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi kandungan zat gizi pada buah nanas disertai dengan suatu ekstrak protein yang disebut Bromelain.

Bromelain sanggup mengakibatkan kontraksi rahim sebelum waktunya dan juga mengakibatkan kelemahan pada leher rahim sehingga bisa mengakibatkan keguguran pada perempuan hamil. Namun dampak Bromelain tidak hanya itu, di dalam dunia kesehatan ekstrak ini banyak dipakai untuk mengoptimalkan proses pencernaan dan sebagai anti radang yang baik bagi tubuh.

Lalapan

Meski terlihat segar dan enak, namun lalapan yang bentuknya mentah tidak boleh dikonsumsi. Lalapan mempunyai basil dan kuman meski sudah dicuci dengan bersih.

Makanan Dengan Pewarna Buatan

Ibu hamil sebaiknya selektif dalam menentukan makanan. Hindari menentukan jajanan dengan warna mencolok lantaran bisa mengandung pewarna buatan atau sintetis yang bisa mengakibatkan janin terkena kanker usus dan aneka macam jenis kanker lainnya.

Kacang Tanah

Tidak boleh dikonsumsi lantaran bisa menjadikan alergi pada bayi di kemudian hari sehabis ia dilahirkan.

Makanan Mengandung Banyak Micin

Micin yang berlebihan tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Terlalu banyak mengkonsumsi masakan yang mengandung micin menciptakan tekanan darah naik dan janin mempunyai kecerdasan yang kurang, ibarat ketika ancaman ibu hamil makan mie.

Makanan Dengan Pengawet Tinggi

Makanan yang mempunyai kadar pengawet tinggi sebaiknya jangan dikonsumsi lantaran bisa membahayakan bagi otak janin. Otak bisa terlambat berkembang. Makanan dengan pengawet tinggi contohnya ;

  • Mie instan
  • Sarden
  • Kornet
  • Semua masakan yang dikalengkan.


Makanan Dengan Rasa Pahit

Makanan pahit tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Makanan itu contohnya sayur daun pepaya, pare, daun katuk dan masih banyak lagi lainnya. Alasannya ialah :

Makanan pahit bersifat dingin, kalau hambar mengakibatkan janin bisa meninggal di dalam rahim.
Makanan pahit mengandung kina, kina ialah zat yang bermanfaat bagi penyakit malaria. Namun bagi ibu hamil kina sangat membahayakan lantaran bisa mengakibatkan rahim menyusut sehingga rentan keguguran.

Makanan Asin

Makanan maupun kudapan yang asin jangan dikonsumsi lantaran menyebakan tekanan darah menjadi tinggi. Ibu hamil dalam proses persalinan yang mempunyai tekanan darah tinggi akan sangat beresiko.

Daging Kambing

Ibu hamil dengan kondisi tertentu tidak boleh mengkonsumsi masakan ini dikarenakan ancaman kolesterol pada daging kambing bisa mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Lihat berapa tensi yang dimiliki oleh ibu hamil, kalau tensinya tinggi jangan mengkonsumsi daging kambing. Ibu hamil dengan tensi normal boleh mengkonsumsi daging kambing namun dalam batas masuk akal lantaran sifatnya sangat panas.

Makanan Dengan Tinggi Gula

Makanan ibarat kudapan manis berair maupun kudapan manis kering sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi lantaran kandungan gulanya sangat tinggi. Akibatnya ialah sebagai berikut :

Bayi yang dilahirkan berukuran besar lantaran glukosa bisa mengakibatkan obesitas pada bayi.
Kadar gula di dalam darah tinggi sehingga ibu hamil rentan mengalami komplikasi.

Makanan Dengan Pemanis Buatan

Pemanis buatan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, baik yang terkandung pada makanan, minuman maupun camilan. Pemanis buatan akan menjadikan hal-hal berikut ini pada janin:
  • Sistem saraf terganggu sehingga bayi kalau dilahirkan akan mengalami gangguan berfikir.
  • Jantung dan paru-paru bayi tidak berkembang secara sempurna.
  • Infeksi dan kanker kanal kemih pada bayi
Namun kalau jumlahnya masih dalam batas wajar, aksesori buatan ibarat aspartam, splenda dan sakarin masih boleh dikonsumsi.

Keju

Banyak ibu hamil yang menyangka kalau keju baik untuk kehamilan dikarenakan terbuat dari susu. Namun anggapan tersebut salah dikarenakan keju yang tidak dilakukan dipasteurisasi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Keju tersebut ditemukan pada keju lunak hasil impor dari luar negeri. Dipasteurisasi ialah proses dimana susu yang menjadi materi utama keju tidak dipanaskan hingga dengan suhu 60°C. Untuk membunuh basil pada susu, diharapkan prose selama 30 menit. Beberapa jenis keju hasil impor yang tidak dilakukan proses dipasteurisasi :

  • Keju Brie
  • Keju Camembert
  • Keju Feta
  • Blue Cheese
  • Roquett

Kerang Mentah

Kerang juga merupakan seafood yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Berbeda halnya dengan sushi dan seafood mentah, kerang mentah bisa mengakibatkan ibu hamil keracunan. Hal itu diakibatkan ibarat kerang mentah mengandung virus berbahaya.

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil yaitu Seafood Mentah

Pecinta seafood niscaya tidak tahu kalau seafood mentah tidak baik bagi kehamilan. Seafood yang sifatnya mentah tidak boleh dikonsumsi, sedangkan seafood dalam kondisi matang boleh dikonsumsi asal jangan berlebihan. Alasan seafood mentah tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung basil ibarat basil yang ada pada sushi.

Ikan Yang Mengandung Zat Berbahaya

Merkuri merupakan zat berbahaya yang ada pada kosmetik dan juga pada makanan. Zat ini sangat berbahaya sekali. Jika tidak jeli dalam memilih, ikan ketika ini banyak yang diberikan merkuri. Alasannya sangat mudah yaitu untuk menciptakan tampilan ikan lebih menarik dan awet. Hati-hatilah dengan ikan yang mempunyai warna kulit dan sisik lebih mengkilap. Ada juga kandungan merkuri yang sudah dikandung dalam badan ikan tanpa derma dari manusia. Berikut ini jenis ikan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi :


  • Ikan tengiri yang sering dijadikan sebagai materi dasar pembuatan siomay dan empek-empek mengandung merkuri. Sebaiknya dihindari bagi ibu hamil.
  • Ikan todak juga mengandung merkuri.
  • Ikan yang ditangkap di kawasan limbah dan mempunyai kadar polutan tinggi.

Lebih kondusif kalau ibu hamil mengkonsumsi ikan dari kolamnya sendiri atau kolam tetangga yang ibu hamil tahu kondisi kolamnya sehat atau tidak.


Sayur Nangka Muda

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung banyak getah. Jika tidak higienis dalam mencucinya dan memasaknya tidak benar, janin dan ibu hamil akan mengalami gatal-gatal. Tidak hanya itu saja plasenta bayi juga menjadi lengket. Namun manfaat buah nangka untuk ibu hamil juga baik namun jangan berlebihan


Daging Berlemak

Daging berlemak tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil lantaran bisa menjadikan kolesterol dan gangguan kesehatan lainnya. Jika hingga ini terjadi, pada ketika persalinan ibu hamil akan mengalami komplikasi.

Sushi

Sushi ialah masakan mentah ala jepang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika hingga dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar. Berikut ini basil berbahaya yang ada di dalam sushi :
  • Bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan diare dan juga kram perut.
  • Bakteri coliform
  • Toksoplasmosis merupakan sejenis basil yang akan mengakibatkan janin mengalami penyakit tokso. Tokso ini akan menyerang potongan kepala bayi.


Semua Makanan Setengah Matang

Masakan yang biasa dimasak setengah matang ialah telur, daging, susu dan juga seafood. Makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil lantaran mengandung basil salmonella. Jika hingga ditelan, ibu hamil akan terkena infeksi basil yang akan membahayakan janinnya.

Tape

Pantangan masakan ibu hamil yang pertama ialah Tape. Tape merupakan hasil fermentasi dari singkong. Pembuatan tape memakai ragi. Semua masakan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak cantik bagi ibu hamil dikarenakan mengandung ancaman alkohol ketika hamil tinggi. Kita sama sama mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.


Hati

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil yaitu Semua jenis hati termasuk hati ayam, hati sapi dan jenis unggas lain memang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Jika hati dimakan berlebihan maka bisa mengakibatkan resiko kelahiran bayi cacat. Hal ini terjadi lantaran badan mendapatkan terlalu banyak vitamin A. Konsumsi vitamin A yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan lebih menyehatkan daripada hati. Namun ibu hamil bisa mengkonsumsi hati dalam jumlah yang terbatas.


Telur Mentah

Telur mentah sangat dihentikan untuk ibu hamil. Berbagai hidangan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Telur mentah mengandung salmonella yang bisa mengakibatkan penyakit. Resiko kontaminasi dari salmonella juga bisa mengakibatkan janin mengalami keracunan dan kematian.

Ikan yang Terkontaminasi Limbah Industri

Ibu hamil muda juga tidak boleh mengkonsumsi semua jenis ikan yang didapatkan dari perairan yang sudah terkotori limbah industri. Limbah industri bisa menyebar lewat sungai, danau atau laut. Limbah industri ibarat logam berat sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Logam berat akan masuk ke dalam badan ikan dan kemudian masuk ke dalam badan insan yang mengkonsumsi ikan tersebut.

Ikan Hiu

Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi ikan hiu. Ikan hiu memang bisa menjadi masakan khas di beberapa tempat. Bahkan ikan hiu bisa menjadi masakan yang mahal. Namun ikan hiu tidak bisa dimakan untuk ibu hamil. Ikan hiu yang tinggal di bahari pada kedalaman tertentu mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Merkuri bisa mengakibatkan cacat janin yang merugikan kesehatan.

Ikan Mackerel

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil yaitu Ikan mackerel sangat berbahaya untuk ibu hamil lantaran mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Merkuri sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janin lantaran bisa mengakibatkan kerusakan otak pada janin. Merkuri juga akan mengakibatkan keracunan pada janin yang bisa memicu maut dan kelahiran prematur.

Ikan / Daging Asap

Ikan atau daging asap sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Daging asap dan ikan asap memang menjadi masakan khas di beberapa daerah. Namun ikan atau daging asap ternyata mengandung listeria. Listeria akan mengakibatkan bayi keguguran dan keracunan pada ibu hamil.

Daging Deli

Makanan yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil yaitu Daging deli ialah jenis daging yang dimasak kemudian dipotong dengan beberapa bentuk ibarat melingkar. Ini ialah jenis daging olahan yang biasa banyak dipakai untuk isi Hamburger (makanan khas Barat) dan sandwich (roti isi daging). Daging deli mengandung listeria yang bisa mengakibatkan ibu hamil keguguran. Listeria akan menyerang janin secara pribadi lewat plasenta. Tanda pertama yang sering ditemukan ketika keracunan listeria ialah keracunan darah pada ibu hamil. 

0 Response to "Makanan Yang Dihentikan Untuk Ibu Hamil Paling Lengkap Beserta Alasannya Yaitu !"

Total Pageviews