Latest News

Tips Mengurangi Resiko Benjol Akhir Lensa Kontak

     

      Memakai lensa kontak selain membantu penglihatan juga sanggup menunjang penampilan kita, maka ikuti tips sehat untuk mengurangi resiko abses berikut ini :


1. Mencegah Berlebihan 

   Over using lensa kontak yaitu faktor lain yang sanggup meningkatkan resiko abses dan kerusakan mata.  Pastikan untuk memutar lensa kontak di mata untuk mengecek apakah lensa kontak masih berair sehingga aman. Jika mata mulai kering dan lensa kontak tidak lagi mengambang di atas mata maka segera lepaskan lensa kontak. Hal ini penting biar mata kita mendapat cukup oksigen dan beristirahat. Memakai lensa kontak semalaman dapa meningkatkan risiko hipoksia, abses dan ulserasi kornea.
Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak


2. Membersihkan dengan Benar

  Bersihkan dan rendam lensa kontak di cairan khusus pembersih lensa kontak selama mata kita beristirahat. Amati dengan teliti apabila masih ada debu atau kotoran yang masih melekat pada lensa kontak. Ulangi langkah perendaman hingga yakin benar bahwa lensa kontak sudah bersih.


3. Membawa Kacamata

   Bagi pemakai lensa kontak dengan mata normal, membawa kacamata sanggup menghindari mata dari masuknya debu dan angin kencang. Angin selain menciptakan lensa cepat kering, juga sanggup merobek lensa kontak apabila angin cukup kencang dan tidak menutup kemungkinan menyakiti mata kita akhir lensa kontak yang robek.


4. Ganti Lensa Kontak 

    Mengganti lensa kontak secara rutin sangan dianjurkan. Biasanya lensa kontak bertahan antara 6 bulan hingga 1 tahun, itupun jikalau merasa lensa tersebut masih dalam kondisi baik. Buang lensa kontak yang sudah melebihi batas usia, alasannya yaitu lensa tersebut sudah mulai terkikis dan gampang dihinggapi bakteri.


5. Memakai Lensa Kontak yang Cocok

  Konsultasikan ke dokter mata untuk mendapat rekomendasi brand lensa kontak yang cocok dengan mata kita. Kecocokan mata setiap orang dengan brand tertentu lensa kontak berbeda-beda, ini sanggup menghipnotis kenyamanan ketika memakainya.


6. Menjaga Kebersihan Tangan

   Usahakan mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum menyentuh lensa kontak, baik ketika akan menggunakan maupun melepas lensa. Pastikan tangan tetap steril ketika berurusan dengan mata.


7. Hindari Berbagi Lensa Kontak

   Setiap orang mempunyai kuman berbeda-beda, dan bahkan kita tidak tahu orang tersebut sudah melaksanakan apa dengan kebiasaanya. Meminjamkan lensa kontak kepada orang lain yaitu hal tabu, alasannya yaitu sanggup menularkan kuman dengan cepat dan kebersihannya tidk terjamin.


8. Amankan dari Air Biasa

   Jangan mencuci atau bahkan merendam lensa kontak menggunakan cairan selain cairan khusus untuk lensa kontak, alasannya yaitu air biasa mengandung sangat banyak kuman dan benalu yang sanggup melekat pada lensa kontak walaupun sekali percikan saja. Usahakan selalu membawa cairan pembersih khusus lensa kontak kemanapun kita pergi.

Bila kau yang diharuskan menggunakan lensa kontak dalam rutinitas sehari-hari, ada baiknya memperhatikan tips di atas biar terhindar dari abses yang sangat merugikan mata.

0 Response to "Tips Mengurangi Resiko Benjol Akhir Lensa Kontak"

Total Pageviews