Latest News

Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya

Memiliki tubuh sehat dipengaruhi oleh teladan makan yang sehat Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya

         Memiliki tubuh sehat dipengaruhi oleh teladan makan yang sehat. Tujuan memakan masakan yang sehat ialah supaya menjaga biar tubuh tetap sehat dan berkembang dengan baik, sedangkan bila tidak tubuh akan gampang terjangkit penyakit.


Makanan sehat merupakan masakan yang kaya akan gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh. Makanan bergizi yaitu masakan yang cukup mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin yang dipadukan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan. Makanan sehat bukan berarti masakan lezat, enak, dan mewah, lantaran banyak masakan menyerupai itu yang justru tidak menyehatkan dan memicu penyakit. 



Menu masakan yang sehat yaitu masakan yang mengandung sejumlah protein (kedelai, daging, ikan, telur, dll), karbohidrat (nasi, gandum, kentang, dll), mineral (sayur-sayuran), dan juga vitamin (buah-buahan).




Fungsi masakan sehat ialah :

  1. Sumber energi, yaitu zat di dalam masakan yang sanggup menghasilkan energi untuk sanggup melaksanakan segala aktivitas. Zat masakan yang berperan aktif menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh ialah karbohidrat dan juga lemak. 
  2. Pembangun tubuh, yaitu zat di dalam masakan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengganti sel-sel tubuh yang rusak. Zat masakan yang berperan aktif ialah protein dan mineral.
  3. Pelindung tubuh, yaitu zat di dalam masakan yang menjaga keseimbangan (homeostasis) metabolisme tubuh, menyerupai mengatur kerja hormon, tulang, jantung, dan syaraf. Zat masakan yang berperan aktif ialah protein, vitamin, mineral, dan air.


Fungsi zat gizi ialah :


1. Karbohidrat 
Memiliki tubuh sehat dipengaruhi oleh teladan makan yang sehat Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya
Pengertian Makanan Sehat Karbohidrat
Biasa disebut sumber tenaga makronutrien yang mempunyai fungsi sebagai sumber energi utama bagi sel saraf dan sel darah merah, Melindungi protein biar tidak digunakan sebagai penghasil energi; mencegah ketosis (proses pembentukan tubuh keton) disebabkan oleh pemecahan protein berlebihan, di dalam hati berfungsi sebagai mendetoksifikasi zat toksik tertentu dan membantu perembesan kalsium, ribose sebagai komponen DNA serta serat sehingga sanggup membantu dalam proses pencernaan dan memperlancar buang air besar, Bentuk karbohidrat dimana digunakan sebagai zat energi ialah bentuk glukosa yang disimpan dalam bentuk glikogen di dalam hati dan otot bila sudah tidak dibutuhkan. Contoh masakan yang kaya karbohidrat yaitu beras, jagung, kentang, gandum )



2. Protein 

Memiliki tubuh sehat dipengaruhi oleh teladan makan yang sehat Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya
Pengertian Makanan Sehat Protein

Protein berperan sebagai zat pembangun. Namun bila karbohidrat yang sebagai sumber energi tidak ada maka protein akan terpakai sebagai sumber energi. Fungsi protein yaitu sebagai alat transportasi bagi molekul kecil dan membantu proses penyimpanan, antibodi, membantu proses enzimatikmengkoordinasi gerak, penunjang tubuh ( kulit dan tulang),  mengirim impuls saraf serta pertumbuhan sel. Contoh masakan kaya protein yaitu susu, telor, daging ayam, ikan, sapi, kambing,udang, tiram, jeroan, kacang – kacangan.


3. Lemak 


Memiliki tubuh sehat dipengaruhi oleh teladan makan yang sehat Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya
Pengertian Makanan Sehat Lemak

Lemak merupakan salah satu sumber energi selain karbohidrat. Selain itu lemak juga berperan insulasi panas sehingga menjaga suhu tubuh tetap hangat, sebagai pelindung organ dalam tubuh, membantu melarutkan beberapa vitamin menyerupai A, D, E dan K,  pembentukan hormon dan asam empedu. Sumber masakan kaya lemak ialah lemak tumbuhan contohnya kelapa, kedelai, mentega, lemak hewan. 


4. Vitamin 


Memiliki tubuh sehat dipengaruhi oleh teladan makan yang sehat Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya
Pengertian Makanan Sehat Vitamin


Vitamin disebut juga zat pengatur. 
Vitamin sanggup dibagi menjadi 2 jenis yaitu vitamin yang larut dalam air (Vitamin C dan B) dan larut dalam lemak (Vitamin A, D, E, dan K) yang pada umumnya dibutuhkan oleh tubuh membantu proses metabolisme, pertumbuhan tulang serta menghasilkan energi sebagai pendukung kerja sel. Sumber vitamin alami ialah sayuran dan buah buahan.


Untuk mendapat tubuh yang sehat, konsumsilah masakan sehat secara teratur dan secukupnya, hindari junk fud dan masakan instant terlalu sering, lantaran alih alih bergizi justru membawa dampak jelek bagi tubuh.

0 Response to "Pengertian Makanan Sehat Lengkap Berikut Contohnya"

Total Pageviews