Latest News

Kegunaan Asam Mefenamat Terlengkap Beserta Dosis, Pengaruh Samping 30+

Apakah Anda tahun asam mefenamat? Bagi Anda yang pernah sakit gigi dan pergi ke dokter biasanya akan diberikan obat penghilang rasa nyeri. Nah itulah yang disebut asam mefenamat. Waktu sakit gigi dokter sering memperlihatkan asam mefenamat. Manfaat asam mafenamat yang paling utama yaitu untuk meredakan nyeri.

Kegunaan Asam Mefenamat


Apa Itu Asam Mafenat??

manfaat asam mafenamatAsam mefenamat sendiri yaitu salah satu obat yang mengandung mefenamic acid. Obat ini terdapat dalam bentuk kaplet selaput, tablet dan suspensi. Asam mefenamat ini mempunyai rumus molekul C15H15NO2 dengan nama kimia N-(2,3-Xylyl) anthranilic acid. Obat ini termasuk kelompok anti inflamasi  non steroid yang menghambat sintesa prostaglandin dalam jaringan badan dengan menghambat enzim cyclooxygenase sehingga mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi (anti peradangan), analgesik (anti nyeri), dan antipiretik (menerunkan demam).


Dosis Asam Mefenamat dan Cara Pemakaian


Asam mefenamat tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, kapsul dan sirup. Pada beberapa sediaan tablet dan kapsul dibentuk lapisan salut selaput, hal ini difungsikan semoga obat tidak hancur dan melukai lambung. Kekuatan sediaanya yaitu sebagai berikut:
  • Kekuatan takaran asam mefenamat sirup : 50 mg/ 5 ml
  • Kekuatan takaran asam mefenamat tablet, kaplet dan kapsul : 250 mg dan 500 mg.


Dosis penggunaan asam mefenamat umumnya adalah:
  • Dosis penggunaan asam mefenamat diadaptasi dengan kondisi pasien, sehingga gunakanlah obat sesuai dengan takaran dan usulan yang diberikan oleh doker atau apoteker.
  • Tidak direkomendasikan untuk anak < 14 tahun
  • Anak 14 tahun – berakal balig cukup akal : awal 500 mg, kemudian dilanjutkan 250 mg setiap 6 jam. Tidak boleh lebih dari 7 hari untuk nyeri akut dan 3 hari untuk nyeri haid



Kegunaan atau Manfaat Asam Mefenamat

Asam mefenamat dimanfaatkan utamanya sebagai obat aneka macam penyakit. Obat dari asam mefenamat ini sanggup mengatasi nyeri ringan ibarat sakit gigi, sakit kepala, nyeri pasca operasi, nyeri otot, nyeri yang disebabkan oleh trauma, dan disminore primer (nyeri ketika menstruasi). Berikut ini deskripsi manfaat asam mefenamat :

Mengatasi nyeri yang disebabkan oleh trauma

Sama halnya dengan nyeri pasca operasi, nyeri yang diakibatkan oleh stress berat disebabkan oleh terputusnya keberlangsungan hubungan antar jaringan badan yang di rasakan oleh otak menjadi rasa sakit. Obat asam mefenamat ini sanggup dipakai untuk membantu proses kejiwaan seseorang jawaban stress berat berlebihan. Walaupun problem psikologis tidak sanggup disembuhkan dengan obat fisik, namun tetap saja membutuhkan pertolongan obat fisik ibarat manfaat asam mafenamat untuk mengatasi nyeri yang tiba-tiba muncul.

Kegunaan Asam Mefenamat untuk Mengatasi nyeri pasca operasi

Pada nyeri ini disebabkan oleh terputusnya kontinuitas jaringan yang merangsang tubuh, mengeluarkan prostaglandin yang diterjemahkan oleh otak menjadi rasa sakit. Lalu sanggup menimbulkan peradangan di kawasan tersebut. Asam mefenamat sanggup mengurangi keluarnya prostaglandin sehingga rasa sakit yang kita rasakan sanggup berkurang dan hilang.

Mengatasi nyeri ketika menstruasi

Nyeri yang ditimbulkan ketika menstruasi memang normal tetapi pada beberapa orang rasa sakit ini tidak sanggup ditahan sehingga dokter memperlihatkan resep asam mefenamat ini. Saat menstruasi, rahim akan berkontraksi dan meradang untuk meluruhkan dinding dalam rahim oleh alasannya itu seseorang akan mencicipi sakit sebelum dan ketika proses ini.

Manfaat asam mafenamat sanggup menurunkan volume pendarahan yang parah ketika menstruasi. Obat ini sanggup mensugesti kesuburan. Dokter akan memperlihatkan obat ini dari hari pertama menstruasi atau ketika ada tanda-tanda akan menstruasi, umumnya akan dikonsumsi selama 2-3 hari.

Mengatasi nyeri otot

Kegunaan Asam Mefenamat , Nyeri otot biasanya disebabkan oleh kakunya otot. Nyeri otot menciptakan kita merasa tidak nyaman dan tidak jarang kita merasa gelisah. Nyeri yang sanggup terjadi di tangan, kaki, kepala, pinggang, atau belahan badan lainnya ini utamanya di sebabkan lantaran otot yang kurang relaks dan terlalu sering berkontraksi. Banyak obat-obat penghilang rasa nyeri yang sanggup di dapatkan dengan gampang di apotek. Bahan obat-obat nyeri otot tersebut utamanya yaitu manfaat asam mefenamat.

Mengatasi nyeri di kepala

Nyeri di kepala sejatinya ada dua jenis. Pertama nyerinya di timbulkan jawaban beban pikiran jawaban stress, yang mana salah satu gejalanya yaitu migrain. Jenis nyeri yang kedua yaitu nyeri yang diakibatkan oleh gangguan syaraf yang menimbulkan kejang-kejang. Pemberian obat mefenamat sanggup diberikan untuk kedua nyeri tersebut, namun penggunaannya lebih banyak di berikan untuk mengatasi nyeri di kepala jawaban beban pikiran ibarat migraen dan headache.

Kegunaan Asam Mefenamat Mengatasi Nyeri pada Gigi

Kegunaan Asam Mefenamat , Nyeri pada gigi ini sanggup disebabkan oleh aneka macam problem ibarat adanya karang gigi, terjadinya penyakit rahang, gigi berlubang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi sanggup juga menjadi tanda-tanda penyakit, namun juga sanggup menjadi sumber penyakit. Sakit gigi ditandai terjadinya nyeri pada gigi, penanganan yang sanggup dilakukan oleh medis salah satunya yaitu dengan memperlihatkan obat penghilang rasa nyeri dari asam mefenamat.


Kontraindikasi

Harap perhatikan! Tidak semua orang kondusif memakai asam mefenamat, ada beberapa kondisi orang yang tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat ini, diantaranya adalah:

Anak-anak < 14 tahun
Penderita dengan kerusakan hati dan ginjal.
Ibu menyusui, lantaran asam mefenamat dikeluarkan melalui ASI.
Wanita hamil terutama pada periode kehamilan selesai lantaran sanggup menimbulkan penutupan duktus arteriosus yang prematur pada janin. Duktus arteriosus yaitu pembuluh darah janin selama dalam kandungan yang dipakai untuk sistem pernapasan. Pada kondisi normal, secara otomatis duktus arteriosus akan menutup ketika bayi dilahirkan.
Pasien sebelum atau sehabis menjalani operasi bypass lantaran sanggup meningkatkan risiko stroke dan infark miokard (kematian jantung).
Memiliki gangguan pencernaan ibarat pendarahan, tukak, radang dan perforasi lambung atau usus.
Orang yang diketahui mempunyai riwayat alergi terhadap asam mefenamat atau aspirin, serta komponen-komponen lain obat di dalamnya.


Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama memakai obat asam mefenamat  ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Jika mengalami efek samping yang parah dan berkepanjangan hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter atau apoteker.
  • Jangan diminum dalam keadaan perut kosong, minumlah setelah makan untuk menghindari imbas samping pada jalan masuk pencernaan.
  • Asam mefenamat tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui, oleh lantaran itu sampaikan kepada dokter atau apoteker kalau Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Hati-hati pada pasien dengan gangguan pencernaan, tukak dan pendarahan jalan masuk cerna. Jika terjadi diare parah segera konsultasikan ke dokter atau apoteker lantaran perlu adanya penyesuaian takaran atau penghentian obat secara bertahap.
  • Penggunaannya harus hati-hati pada orang yang mempunyai riwayat anemia, asma, infark miokardiak, stroke, penyakit jantung, gangguan ginjal dan gangguan hati lantaran sanggup meningkatkan risiko imbas samping.
  • Selama mengkonsumsi asam mefenamat jangan memakai obat lain tanpa sepengetahuan dokter atau apoteker. Karena ada beberapa obat yang bila dipakai secara bersamaan sanggup meningkatkan risiko imbas samping contohnya antikoaguan (anti penjendalan darah).
  • Jangan memakai obat ini tanpa petunjuk dan usulan dokter atau apoteker.


 Bagi Anda yang pernah sakit gigi dan pergi ke dokter biasanya akan diberikan obat penghil Kegunaan Asam Mefenamat Terlengkap Beserta Dosis, Efek Samping 30+

Efek Samping Asam Mefenamat


Seperti halnya dengan obat-obat lainnya, asam mefenamat juga berpotensi menimbulkan imbas samping. Efek samping yang umum terjadi diantaranya:

  • Penggunaan terus menerus dengan takaran 2000 mg atau lebih sehari sanggup menimbulkan agranulositosis (berkurangnya jumlah granulosit) dan hemolitik anemia (anemia jawaban sel darah merah mati lebih cepat).
  • Reaksi alergi yang biasanya ditanda dengan munculnya rasa gatal pada kulit, kemerahan, bisul pada pengecap dan kulit dan kesulitan bernapas.
  • Meningkatkan risiko penyempitan otot pernapasan (bronkospasme) yang sanggup memicu serangan asma.
  • Meningkatkan risiko pendarahan dan penyakit kardiovaskuler
  • Pusing, vertigo dan sakit kepala.
  • Gangguan pencernaan ibarat mual, muntah, iritasi lambung, sakit perut, nyeri ulu ati, diare, konstipasi, dispepsia dan kolik


Efek samping tersebut tidak selalu terjadi di setiap orang, bilapun terjadi mempunyai tingkat keparahan yang berbeda tergantung dengan kondisi tubuh. Untuk menghindari hal tersebut maka penggunaanya harus sesuai dengan usulan dokter atau apoteker. Jika mengalami imbas samping jangan panik, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter atau apoteker.




0 Response to "Kegunaan Asam Mefenamat Terlengkap Beserta Dosis, Pengaruh Samping 30+"

Total Pageviews