Latest News

Fakta Menakjubkan Mengenai Manfaat Jambu Monyet

- Jambu monyet atau dikenal juga dengan istilah jambu mede ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tidak berasal dari anggota myrtaceae (jambu-jambuan). Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Anacardium Occidentale ini mempunyai korelasi yang cenderung lebih dejat dengan suku mangga-manggaan(anacardiaceae).

 Jambu monyet atau dikenal juga dengan istilah jambu mede ini merupakan salah satu jenis t Fakta Menakjubkan Mengenai Manfaat Jambu Monyet
Jambu monyet ini berasal dari hutan Amazon Brazil yang sekarang telah tersebar di aneka macam negara menyerupai Vietnam, India, Benua afrika, serta di Indonesia. 

Penelitian terbaru dari European Food Research, menerangkan bahwa jambu monyet mempunyai kandungan vitamin C 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk yang selama ini dianggap sebagai bank vitamin C.

Seperti yang telah diketahui, tumbuhan ini menghasilkan biji yang dikenal dengan kacang mede, dan bab inilah yang biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu materi konsumsi dalam bentuk camilan.

Manfaat kacang mede selain mempunyai rasa yang lezat, juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan badan kita. Adapun beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gr kacang mede antara lain :
  • Eneregi = 553 kcal
  • Karbohidrat = 30.19 gr
  • Lemak = 43.85 gr
  • Protein =18.22 gr
  • Vitamin B1 = 42 mg
  • Vitamin B2 = 0.06 mg
  • Vitamin B3 = 1.06 mg
  • Vitamin B5 = 0.86 mg
  • Vitamin B6 = 0.42 mg
  • Vitamin B9 = 25 µg
  • Vitamin C = 0.5 mg
  • Kalsium = 37 mg
  • Zat Besi = 6.68 mg
  • Magnesium = 292 mg
  • Fosfor = 593 mg
  • Kalium = 660 mg
  • Zinc = 5.78 mg
Fakta menakjubkan manfaat jambu monyet
 
Tanaman yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan dikotil (biji berkeping dua) ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan bagi badan kita, antara lain:

1. Obat diabetes

Penyakit diabetes mellitus yaitu salah satu jenis penyakit berbahaya yang mengacam keselamatan jiwa penderitanya. Tidak semua orang tahu bahwa ternyata batang dari pohon jambu monyet ini sanggup dimanfaatkan sebagai obat alami penyembuh diabetes.

Cara menciptakan ramuan penyembuh diabetes dari batang jambu monyet sangat mudah, cukup merebus kulit batang tumbuhan jambu monyet kurang lebih 2 potong dan adas pulowaras dengan 2 liter air. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut dan minum 2x sehari, pagi dan sore.

Simak artikel perihal diabetes :
2. Mengobati radang dalam mulut

Kombinasi antara daun dan kulit batang jambu monyet juga sanggup dipakai dalam pengobatan ganguan radang pada mulut. Caranya yaitu dengan merebus 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batannya dengan 1 liter air. Saring air rebusan ramuan tersebut dan minum 2x sehari, pagi dan sore.

3. Menyembuhkan disentri

Mengkonsumsi rebusan daun jambu monyet dengan kulit batang jambu monyet ternyata bisa mempercepat  proses penyembuhan disentri. Adapun  cara pembuatan ramuannya sendiri  tidak jauh berbeda  dengan pembuatatan ramuan untuk  radang pada  mulut.

4. Kaya antioksidan

Kandungan mineral yang terdapat dalam kacang mede sangat mempunyai kegunaan untuk co-faktor serta antioksidan yang sangat ampuh dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin menyerupai asam pantotenat, ribovlafin, niacin, piridoksin, serta thiamin dalam kacang mede ini sanggup membantu mencegah dermatitis serta mendukung metabolisme lemak, protein, serta karbohidrat dalam sel-sel tubuh.

5. Menurunkan kolesterol

Dalam kacang mede terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat(LDL). Tidak hanya itu, kacang mede juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, badan akan terhindar dari serangan jantung koroner dan stroke.

Simak juga :
6. Anti kanker

Sejumlah  kandungan nutrisi dalam kacang mede menyerupai vitamin, serat, serta mineral telah dipercaya bisa menjaga kesehatan badan dan mencegah pertumbuhan kanker.

7. Bahan pengawet alami

Cangkang mede menghasilkan sejenis minyak yang dinamakan CNSL (Chasew Nut Shell Liquid) yang dimanfaatkan dalam dunia industri sebagai materi pengawet. Misalnya untuk kayu, jala, dll.

8. Pakan ternak

Tanaman jambu monyet ini sanggup dipakai sebagai alternatif pakan bagi binatang ternak. Adapun bab flora yang sanggup dimanfaatkan antara lain yaitu daun, buah semu, dan kulit biji yang tidak diolah.

9. Alat perekat dan anti rayap

Batang jambu monyet mungkin dianggap mempunyai nilai jual yang rendah, alasannya yaitu pemanfaatannya sendiri biasanya hanya sebagai kayu bakar ataupun perkakas dengan mutu yang cukup rendah. Akan tetapi, getah yang dihasilkan dari batang jambu monyet ini yang biasa disebut gom, ternyata sanggup dimanfaatkan sebagai materi perekat. Seperti untuk buku maupun sebagai perekat kayu lapis menyerupai kusen. Hal ini bermanfaat juga untuk mencegah serangan rayap pada kayu.

Itulah fakta mengenai manfaat jambu monyet. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat dari jambu monyet. Dan supaya kita bisa lebih bijak dalam mengambil manfaat dari potensi alam sekitar kita. Salam sehat..

0 Response to "Fakta Menakjubkan Mengenai Manfaat Jambu Monyet"

Total Pageviews