Latest News

7 Cara Ampuh Melatih Burung Murai Kerikil Muda Hutan Bakalan Supaya Cepat Jinak


Burung Murai Batu Muda Hutan  biasanya mempunyai sifat sangat liar, sehingga sanggup merepotkan kicaumania yang merawatnya. Selain itu, perilakunya yang cenderung tak terkontrol juga sanggup melukai dirinya sendiri. Untuk meredam perilakunya tersebut, diperlukan proses penjinakan. Nah, berikut ini beberapa cara melatih Murai Batu Muda Hutan bakalan semoga cepat jinak.

Beberapa kicaumania lebih suka membeli burung Murai Batu Muda Hutan, lantaran harganya lebih terjangkau. Tetapi memelihara burung bakalan mempunyai risiko tersendiri, antara lain:
  • Burung pada umumnya belum doyan voer
  • Sifat dan perilakunya cenderung masih liar dan giras sehingga kerap ketakutan ketika didekati manusia.
Kondisi ibarat itu tentu merepotkan orang yang merawatnya. Jadi, burung harus dilatih cukup intens semoga cepat jinak. Jika sudah jinak, maka perawatan hariannya akan menjadi lebih mudah.

Cara melatih burung Murai Batu Muda Hutan semoga cepat jinak

  • Selama proses penjinakan, Murai Batu Muda Hutan bisa ditempatkan dalam kandang berukuran kecil. Ini mempunyai kegunaan untuk meredam sikap liarnya yang sanggup melukai dirinya sendiri.
  • Sangkar berukuran kecil juga akan memudahkan kita ketika membawa Murai Batu Muda Hutan bakalan ke mana saja, untuk tujuan penjinakan. Misalnya ditempatkan di lantai, diletakkan di ruang keluarga, bahkan ke kawasan ramai lainnya.
  • Mengenalkan wadah / kawasan pakan jangkrik atau ulat hongkong sebelum memberi isinya kepada burung. Jika dilakukan secara teratur, maka setiap kali Anda memegang wadah / kawasan tersebut, burung akan tahu bahwa ia akan menerima pakan kesukaannya. Dengan begitu, burung tidak ragu-ragu lagi mendapatkan pakan serangga ini pribadi dari jari tangan Anda.
  • Mandikan Murai Batu Muda Hutan hingga lembap kuyup. Caranya, letakkan sangkarnya di bawah. Setelah itu dengan hand sprayer, burung disemprot sampai lembap kuyup. Sewaktu dijemur /diangin-anginkan, berikan jangkrik pribadi dari jari tangan Anda.
  • Selama proses penjinakan, hindari santunan voer secara berlebihan. Berikan voer seperlunya saja, lantaran Murai Batu Muda Hutan yang terlalu kenyang lebih sulit dibentuk jinak.
  • Apabila ada burung lain yang sudah jinak, Anda sanggup memanfaatkannya untuk mengubah sifat Murai Batu Muda Hutan ini. Caranya, gantangkan sangkarnya bersahabat dengan kandang berisi burung jinak tersebut. Setelah itu, biarkan murai memperhatikan ketika Anda memanjakan burung jinak itu dengan pakan kesukaannya. Cara ini cukup ampuh kalau dilakukan secara terus-menerus.
  • Cara alternatif lainnya ialah rajin memindah-mindahkan lokasi penggantangan sangkar. Tips ini juga dianggap ampuh, lantaran burung akan terlatih berhadapan pribadi dengan pemiliknya.
Itulah beberapa cara melatih burung Murai Batu Muda Hutan agar cepat jinak. Tentu semuanya membutuhkan ketekunan serta ketelatenan tersendiri. Selamat mencoba.
sumber www.omkicau.com

0 Response to "7 Cara Ampuh Melatih Burung Murai Kerikil Muda Hutan Bakalan Supaya Cepat Jinak"

Total Pageviews