Latest News

Macam Dan Jenis Cuilan Karkas Sapi, Harga Dan Persentasenya

Apa Yang Disebut Karkas? Dan Apa Saja Ciri-ciri Sapi Yang Memiliki Persentase Karkas Tinggi?

Secara umum karkas yaitu hasil bagian seekor binatang ternak yang berupa daging dan tulang selain kepala, kulit, jerohan dan 4 kaki mulai dengkul kebawah. Hanya saja dibeberapa kawasan kadang ada perbedaan ibarat ekor kadang ikut karkas kadang juga tidak.

Dari banyak sekali perbedaan cara potong yang disebut karkas tersebut maka ada perbedaan persentase karkas masing-masing bagian yang tidak dapat untuk diadu atau diperbandingkan.

Potongan karkas standar yaitu belah dua yaitu kanan dan kiri eksklusif ditimbang sehingga ada dua hasil timbangan bagian karkas sebelah kiri dan sebelah kanan. Harga karkas model bagian ini ketika ini yaitu sekitar Rp 84.000 - Rp 86.000 per kg karkas.

Dengan bagian standar ibarat ini maka dibutuhkan persentase karkas yang keluar diatas 50% yaitu antara 50% - 57% tergantung dari kualitas sapi yang dipotong.

Jenis bagian yang lain yaitu bagian 4 paha. Potongan model ini lebih rumit daripada bagian karkas standar dimana pada model ini tulang iga dan punggung tidak ikut ditimbang dan hanya dagingnya yang ikut ditimbang. Sedangkan tulang paha depan dan belakang masih ikut ditimbang.

Potongan karkas model diatas biasanya dijual dengan harga Rp 100.000 - Rp 103.000/ kg karkas ketika goresan pena ini dimuat. Persentase karkas yang dibutuhkan yaitu antara 41% - 44%.

Tetapi faktor utama yang menciptakan persentase karkas dapat tinggi yaitu kualitas sapi yang dipotong.
Ciri-ciri Sapi Super Yang mempunyai prosentase karkas tinggi

Berikut ciri-ciri sapi potong yang mempunyai persentase karkas tinggi:
  • Bentuk badan sapi panjang
  • Bagian belakang sapi pada pantat dan paha padat dan gemuk
  • Bagian paha depan dan dada gemuk dan berisi
  • Punggung rata dan tidak terlihat tulang yang menonjol diatas punggung
  • Perut langsing tidak buncit terutama untuk sapi yang dijual dengan sistem ditimbang bukan dijogrog
  • Tidak terlihat tulang iga
  • Badan berotot dan tidak nampak tonjolan-tonjolan lemak alasannya lemak yang banyak akan sangat menghipnotis persentase karkas jawaban ditriming.

0 Response to "Macam Dan Jenis Cuilan Karkas Sapi, Harga Dan Persentasenya"

Total Pageviews