Latest News

Cara Gampang Menanam Ciplukan Dalam Pot

Ciplukan ketika ini mempunyai harga yang mahal alasannya sedikitnya pembudidaya tumbuhan ciplukan ini sehingga untuk mencari buahnya dipasaran tergolong susah.

Jika anda menemukan tumbuhan ciplukan dipinggir jalan atau disemak-semak maka anda bisa membawa pulang bijinya yang sudah menguning atau renta untuk mengembangkannya atau menanamnya dalam pot.


Tanaman ciplukan cocok hidup di tanah yang subur, gembur, tidak tergenang air, dan mempunyai pH mendekati netral. Tanaman ciplukan bisa hidup pada tanah yang kurus, agak padat, dan kurang terawat bersama tumbuhan liar yang lain. Kondisi lapisan olah tanah bab atas sangat besar lengan berkuasa terhadap kesuburan tumbuhan ceplukan. Ciplukan sanggup hidup di dataran rendah sampai dataran dengan ketinggian sekitar 1.500 m dpl.

Tahapan dalam Budidaya Ciplukan

Pembudidayaan tumbuhan ciplukan yang dilakukan dengan memanfaatkan bibit hasil perbanyakan generatif, memerlukan tahap-tahap acara sebagai berikut :

Penyiapan Benih
Ciplukan ketika ini mempunyai harga yang mahal alasannya sedikitnya pembudidaya tumbuhan ciplukan Cara Praktis Menanam Ciplukan Dalam Pot
Ciplukan Tua
Benih disiapkan dari buah ciplukan yang renta dan matang dari tumbuhan ciplukan yang berumur lebih dari 2,5 bulan. Buah yang telah renta dan matang, jikalau dipijit dengan jari akan mengeluarkan daging buah yang lunak beserta bijinya. Biji ini dipakai sebagai benih yang siap disemai.
Penyiapan Media Semai
Penyemaian dilakukan untuk mengecambahkan biji-biji ciplukan sehingga tumbuh menjadi tumbuhan mini yang telah siap untuk dipindahkan ke lapangan. Tanah yang akan dipakai sebagai media persemaian harus berfisik halus dan gembur serta mempunyai unsur hara yang cukup.
A.Penyemaian Benih
Ciplukan ketika ini mempunyai harga yang mahal alasannya sedikitnya pembudidaya tumbuhan ciplukan Cara Praktis Menanam Ciplukan Dalam Pot
Media Semai
Pemeliharaan benih ciplukan pada kolam semai relatif lebih gampang dilakukan dibanding pemeliharaan benih pada bedengan. Penyemaian biji di bedengan perlu ditutup dengan sungkup plastik untuk menekan penguapan air dari media semai, menghindari terpaan panas atau air hujan, serta mencegah serangan hama dan penyakit. Bibit yang berumur 1-1,5 bulan telah siap untuk ditanam di lahan.
B.Penanaman
Ciplukan ketika ini mempunyai harga yang mahal alasannya sedikitnya pembudidaya tumbuhan ciplukan Cara Praktis Menanam Ciplukan Dalam Pot
Bibit ciplukan yang tumbuh di persemaian mempunyai akar relatif sedikit, batang masih lunak, dan jumlah daun ± 8 lembar. Bibit ini mempunyai kelemahan yaitu akar dan batangnya gampang rusak, dan sesudah dicabut daunnya cepat layu. Oleh alasannya itu, bibit ciplukan tersebut perlu dipindahkan hati-hati, dan sesudah dicabut harus segera ditanam kembali.
C.Perawatan
Ciplukan ketika ini mempunyai harga yang mahal alasannya sedikitnya pembudidaya tumbuhan ciplukan Cara Praktis Menanam Ciplukan Dalam Pot
Perawatan tumbuhan ciplukan di lahan tanam sama dengan perawatan tumbuhan ciplukan di pot. Penyuluhan tumbuhan harus segera dilakukan untuk menggati bibit tumbuhan yang mati. Penyiraman tumbuhan ciplukan tidak perlu berlebihan, mengingat kebutuhannya terhadap air tidak beda jauh dengan palawija, yaitu relatif sedikit. Memperhatikan sifat dan fisik tumbuhan ciplukan, maka pemupukan sanggup dilakukan sebanyak dari takaran pupuk yang dipakai pada tumbuhan tomat.
Perawatan tumbuhan ciplukan di lahan tanam sama dengan perawatan tumbuhan ceplukan di pot. Penyuluhan tumbuhan harus segera dilakukan untuk menggati bibit tumbuhan yang mati. Penyiraman tumbuhan ceplukan tidak perlu berlebihan, mengingat kebutuhannya terhadap air tidak beda jauh dengan palawija, yaitu relatif sedikit. Memperhatikan sifat dan fisik tumbuhan ceplukan, maka pemupukan sanggup dilakukan sebanyak  dari takaran pupuk yang dipakai pada tumbuhan tomat.
Perkiraan Dosis Pemupukan Ceplukan, Atas Dasar Rekomendasi Pupuk Tanaman Tomat.
Jenis PupukKebutuhan Pupuk (kg/ha)
TomatCeplukan
Urea100-20025-50
ZA0-1000-25
SP-3610025
KC10-1000-25
D.Pemupukan
Prinsip dukungan pupuk buatan pada tumbuhan ceplukan yaitu sebagai berikut.
1)      Seluruh takaran pupuk Fosfor dan Kalium, diberikan pada lubang-lubang pertanaman, sedalam penanaman bibit.
2)      Pupuk susulan I, berupa  dosis dari pupuk Nitrogen, yang diberikan 14 hari sesudah tanam. Pupuk ditaburkan pada alur yang dibentuk di sekeliling tanaman, dengan jarak sekitar 10 cm dari lubang tanam.
3)      Pupuk susulan II, berupa   dosis dari pupuk Nitrogen, yang diberikan 35 hari sesudah tanam. Pupuk ditaburkan pada alur yang dibentuk di sekeliling tanaman, dengan jarak sekitar 10 cm dari lubang tanam.
4)      Apabila budidaya ceplukan ditujukan untuk dipungut brangkasnya, maka takaran pupuk Nitrogen sanggup ditingkatkan, sedangkan takaran pupuk Fosfat dan Kalium dikurangi.
5)      Penggunaan pupuk pada tumbuhan ceplukan yang ditanam dengan sistem tumpang sari, diadaptasi dengan takaran pupuk yang dipakai bagi tumbuhan utamanya.

Sumber: https://warasfarm.wordpress.com

0 Response to "Cara Gampang Menanam Ciplukan Dalam Pot"

Total Pageviews