Latest News

Asal Permintaan Sapi Simmental, Sejarah Dan Keunggulannya

Keunggulan Sapi Metal, Ciri-ciri Fisik dan Sejarah Perkembangannya


Sebenarnya sapi metal atau jenis sapi simmental ini ialah sapi dwiguna yaitu sapi pedaging dan juga sapi perah/ sapi susu. Hanya saja di masyarakat kita sapi metal ini lebih terkenal untuk penggemukan sebagai sapi penghasil daging atau sapi potong.
Sapi Simmental ialah Bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999), Sapi Simmental namanya berasal dari nama tempat di mana ternak pertama kali dibiakkan yaitu Lembah Simme yang terletak di Oberland Berner di Swiss. Sementara itu di Jerman dan Austria sapi simental dikenal dengan nama Fleckvieh, dan di Perancis sebagai Pie Rouge. kini berkembang lebih Cepat di Benua Eropa dan Amerika, warna bulu coklat kemerahan (merah bata), dibagian muka dan lutut kebawah serta ujung ekor ber warna putih, sapi jantan dewasanya bisa mencapai bobot tubuh 1150 kg sedang betina dewasanya 800 kg.

Sejak berkembang biak di swiss kini sapi simmental telah menyebar dan berkembang biak dengan baik di seluruh enam benua. Jumlah total diperkirakan antara 40 hingga 60 juta sapi Simmental di seluruh dunia, dengan lebih dari setengah di Eropa. Penyebarannya sendiri dilakukan secara sedikit demi sedikit hingga tamat 1960-an.

Catatan mengatakan bahwa beberapa sapi simmental yang diekspor ke Italia pada awal 1400-an. Selama kurun ke-19, sapi simmental dibagikan melalui sebagian besar dari Eropa Timur, Balkan dan Rusia, alhasil mencapai Afrika Selatan pada tahun 1895. Guatemala mengimpor sapi Simmental pertama ke belahan bumi Barat pada tahun 1897, berikutnya Brasil tahun 1918 dan Argentina pada tahun 1922. Pada tahun 1976 juga dikirim ke Republik Cina.





Ciri fisik dari jenis sapi Simental :

1. Bulunya berwarna kuning hingga kecokelatan

2. Bentuk tubuh sapi ini panjang, kompak dan tentunya padat

3. Kepala sapi simental umumnya bewarn putih pada bab atasnya.

4. Bobot tubuh sapi Simental jantan remaja bisa mencapai 1.400 kg

5. Sapi ini memang tegolong dalam sapi yang berukuran besar, baki pada waktu melahirkan, penyapihan hingga sapi remaja

6. Sapi Simental Betina remaja 600-800 kg

7. Pertambahan bobotnya mencapai 1,5-2,1 kg/hari
Dengan mengetahui ciri-ciri sapi simental, ketika kita membeli sapi di pasar binatang tidak akan tertipu oleh biro atau blantik, sehingga akan sangat akan merugikan kita sebagai peternak.

Keunggulan dan Kelebihan sapi Simmental

1. Jenis sapi potong unggul dengan bobot tubuh remaja sanggup mencapai 1.400 kg

2. Pertambahan bobot harian sanggup mencapai 2,1 kg per/hari

3. Persentase karkas daging sapi simemntal cukup tinggi, lemaknya tidak banyak atau sedikit, sapi ini bisa untuk sapi perah ataupun sapi potong.

Sapi Simental memiliki daya hidup yang lebih lama, pada umur 12 tahun sapi ini masih bisa menghasilkan pedet yang bagus. Selain sebagai sapi potong, induk sapi simental sanggup menghasilkan susu yang berkualitas baik dan di konsumsi. Oleh alasannya itu sapi simental merupakan bangsa sapi yang ideal untuk dipakai dalam persilangan.

Sapi simental memiliki warna merah pada mukannya, sedangkan keempat kaki mulai dari lutut dan kipas ekor berwarna putih. Warna merahnya bervariasi dari merah gelap hingga kuning. Perototannya baik dan pertulangaannya besar dengan temperamen yang baik.

0 Response to "Asal Permintaan Sapi Simmental, Sejarah Dan Keunggulannya"

Total Pageviews