Latest News

Cara Mengobati Sapi Mencret Dan Pencegahannya

Cara Mencegah Sapi Mencret/Diare dan Pengobatannya
Penyakit diare atau mencret memang sering menyerang ternak, baik itu ternak ruminansia besar, ruminansia kecil maupun jenis ternak unggas. Penyakit mencret terlihat sederhana tetapi jikalau tidak segera diatasi sanggup berakibat fatal bahkan sanggup menjadikan final hidup alasannya ialah ternak mengalami kehilangan cairan tubuh dan malnutrisi.

Penyebab Sapi Mencret. Perlu diketahui bahwa ternak sapi yang diare atau mencret bukan sebuah penyakit namun hanya merupakan tanda-tanda dari penyakit yang menyerang jalan masuk pencernaan sapi.

Faktor-faktor penyebab Diare/mencret pada sapi :
  • Pergantian pakan atau pola pakan yang mendadak
  • Faktor cuaca, transportasi, kuantitas & kualitas pakan, dll
  • Infeksi mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, protozoa)
  • Asidosis rumen
Dari ketiga faktor penyebab insiden diare/ mencret pada sapi, faktor pergantian pakan atau pola pakan ialah penyebab paling umum sapi mengalami mencret/diare.

Sapi ialah binatang ruminansia yang memiliki lambung lebih dari satu (rumen, retikulum, omasum, abomasum) dan pada proses pencernaanya sangat dibantu oleh peranan ‘bakteri baik’ yang ada pada lambung tersebut. Sehingga jikalau terjadi problem dengan basil pencernaan maka fungsi perncernaan tidak akan berjalan dengan baik. Akibatnya munculah gejala-gejala ibarat diare/ mencret, kebung/ bloat, rumen sarat dll. Oleh alasannya ialah itu, jikalau akan mengganti jenis pakan maka jangan pribadi diberikan pribadi dalam jumlah banyak. Ternak dibiasakan dulu dengan pakan yang gres sedikit demi sedikit, hingga risikonya sanggup kita ganti dengan pakan jenis lain biar ‘bakteri baik’ dalam lambung sapi tersebut tidak mati dan sanggup menjalan fungsinya dengan baik.


Cara Mengobati Penyakit Sapi Diare Secara Alami

Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah memperbaiki pola pakan sapi. Jika kita mengetahui jenis pakan yang diberikan ditempat asala atau pakan yang diberikan sebelumnya maka sanggup kita lakukan pertolongan pakan tersebut. Namun jikalau kita tidak mengetahui jenis pakan yang diberikan sebelumnya maka kita sanggup menunjukkan pakan yang kaya serat, salah satu pola terbaik ialah daun jambu biji. Selain mengandung serat, daun jambu biji juga ampuh mengatasi diare. Dan pada banyak kasus sapi diare, jikalau sapi diare/ mencret umumnya sapi tersebut akan malas amakan, namun jikalau disuguhkan daun jambu biji maka sapi  pribadi dengan lahap menyantap daun jambu biji tersebut, kemungkinan secara insting ia tahu bahwa daun tersebut ialah obat untuk mengatasi daire/ mencret.

Selain pertolongan daun jambu biji untuk sapi mencret/ diare, para peternak sekalian juga sanggup menunjukkan maka arang pada ternak. Caranya, ambil arang kayu atau arang rumput, ukurannya satu genggam tangan orang cukup umur lalu masukan ke dalam verbal sapi lewat samping verbal biar tidak tergigit. Untuk arang kayu, pilih arang yang gampang hancur. Biasanya sesudah pertolongan arang, sapi yang awalnya malas makan pribadi mulai semangat untuk makan. Pemberian arang dan daun jambu biji ini minimal diberikan selama 3 – 5 hari, meskipun pada hari pertama pertolongan sudah membaik namun harus tetap diberikan biar proses penyembuhannya sanggup maksimal.

0 Response to "Cara Mengobati Sapi Mencret Dan Pencegahannya"

Total Pageviews