Latest News

Cara Menanam Dan Budidaya Sirih

Panduan Singkat Budidaya Tanaman Sirih, Cepat dan Mudah
Tanaman sirih yaitu tumbuhan yang sangat gampang tumbuh dan gampang ditanam asal syarat tumbuh minimalnya sanggup terpenuhi. Tanaman ini sangat gampang ditanam dengan stek batang atau memakai sulur.


Berikut ini cara gampang dan cepat menanam sirih:


Bibit Sirih. Perbanyakan tumbuhan memakai sulur. Turus diambil dari sulur di bab ujung atas sepanjang 40-50 cm.Untuk pertumbuhannya, sirih memerlukan sandaran pohon hidup, seprti dadap, kapuk randu, kelor, waru atau gamal.

Pohon sandaran ditanam pada isu terkini hujan sebelum menanam sirih, dengan jarak 1,5 m.Tiap dua baris dibentuk selokan atau parit untuk mengalirkan air alasannya yaitu sirih tidak tahan terhadap tanah yang terlalu basah.Selokan dipakai juga untuk mengairi sirih di isu terkini kemarau.Bila sandaran sudah berakar baik, pada permulaan isu terkini hujan dibentuk lubang di sekitar sandaran.

Turus ditanam sepanjang dua buku dan sisanya diikatkan pada tiang sandaran.Cara lain ialah dengan memotong sulur panjang yang sudah sampaumur pada pangkalnya, daun dihilangkan kemudian sulur dibagi 3 atau 4 bab dan ditanam secara mendatar. Setelah turus berakar, cukup tiga sulur saja yang dibiarkan tumbuh dan dipanjatkan diatas.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Sirih. Pemeliharaan yang baik menyebabkan sirih akan bertahan selama bertahun-tahun dengan tetap menunjukkan hasil yang baik.Dari ketiak daun akan tumbuh cabang dan ranting yang menggantung, bab itulah yang akan dipanen.

Bila tumbuhan telah terkena cahaya matahari, warna akan menjelma kuning kehijauan dan jikalau dikunyah terasa lebih pedas.

Sirih yang tumbuh ditempat teduh, daunnya berbentuk panjang, lemas, berwarna hijau segar, dan tidak begitu pedas.Di samping cahaya matahari, macam pupuk juga mempengaruhi rasa daun.Dianjurkan memakai pupuk kotoran ayam yang sifatnya cuek dan daun yang dihasilkan berwarna kuning muda.Jika dipakai pupuk kotoran kuda, sapi, atau kerbau, daunnya berwarna kuning tua.

Waktu Panen Sirih. Bila tumbuhan telah berumur satu tahun, sanggup mulai dipanen, produksi tertinggi akan diperoleh jikalau sirih telah mencapai ujung sandaran.Yang dipanen yaitu daun yang berasal dari sulur yang menggantung sebanyak 3 atau 4 ruas.Panen dilakukan pagi sekali, saat daun masih segar.

Sulur yang telah dipanen diikat dan dikemas dalam keranjang atau dengan memetik daun dari sulur kemudian tiap 25 lembar diikat menjadi satu.Untuk dikirim kedaerah lain, daun dibungkus dengan daun atau pelepah pisang.

Jangan lupa untuk melaksanakan pemupukan secara rutin menyerupai pemupukan pada tumbuhan lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sirih sehingga pertumbuhannya tetap terjaga dan hasil panen daunnya sanggup maksimal.

0 Response to "Cara Menanam Dan Budidaya Sirih"

Total Pageviews