Latest News

Macam-Macam Jenis Tanaman Sirih

Manfaat daun sirih sudah usang dikenal masyarakat dari jaman mbah-mbah dulu. Kepopuleran daun sirih terutama alasannya yakni kiprahnya dalam kegemaran masyarakat mengunyah sirih pinang jaman dahulu yang ternyata terbukti dapat menyegarkan nafas dan menguatkan gigi serta menyehatkan mulut. Tetapi tidak semua jenis sirih dapat dipakai untuk pengobatan banyak sekali penyakit secara alami. Daun sirih atau Piper Betle berbentuk ibarat jantung dan berujung runcing. Panjangnya sekitar 5-8 cm dengan lebar 2-5 cm. Umumnya, daun sirih tumbuh berselang-seling dan bertangkai. Apabila diremas, daun sirih akan mengeluarkan aroma yang sedap.


Macam - macam Jenis Daun Sirih

Selain daun sirih hijau yang sudah sangat dikenal dan banyak manfaatnya, ternyata ada jenis daun sirih lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini info mengenai jenis daun sirih:

1. Daun sirih gading

Daun sirih gading juga sering disebut dengan daun sirih kuning. Daun sirih gading hampir ibarat dengan daun sirih hijau. Yang membedakannya yakni daun sirih gading berwarna lebih muda dan agak kekuning-kuningan. Daun sirih gading ini dipakai sebagai tanaman obat.

2. Daun sirih wulung

Daun sirih wulung yang juga disebut dengan daun sirih keraton termasuk jenis daun sirih yang langka. Yang menjadi ciri-ciri khusus daun sirih wulung yakni perubahan warnanya menjadi ungu saat disinari oleh cahaya dari bawah. Daun sirih wulung ini bermanfaat sebagai tanaman obat dan hias.

3. Daun sirih hitam

Ciri khusus yang mencolok yakni warna hitamnya yang tidak akan pudar meski telah melalui proses pengeringan. Daun sirih hitam ini sering dipakai sebagai syarat ritual.

4. Daun sirih merah

Tanaman sirih merah dapat dipakai sebagai media pengobatan atau pun sebagai penghias rumah. Salah satu ciri khusus yang menonjol dari tanaman ini yakni seluruh bab daunnya berwarna merah.

5. Daun sirih philipine

Selain jenis wulung, sirih philipine juga termasuk tanaman sirih yang langka. Penampilan daun sirih philipine mempunyai kemiripan dengan daun sirih merah. Yang membedakannya hanyalah bab bawah daun sirih philipine yang tidak berwarna merah.

6. Daun sirih Irian

Daun sirih Irian juga biasa disebut dengan daun sirih lalapan. Mengapa demikian? Hal ini alasannya yakni daun sirih Irian sering dijadikan sebagai materi makanan atau lalapan. Ciri yang menonjol dari tanaman ini yakni daunnya yang lebar.

7. Daun sirih hati

Daun sirih hati ini mempunyai ukuran daun yang sangat kecil, berbanding terbalik dengan daun sirih Irian. Bahkan, dapat dibilang daun sirih hati ini merupakan jenis tanaman sirih yang mempunyai daun dan batang terkecil. Ukuran daun sirih ini diperkirakan hanya sebatas ukuran uang koin 100 rupiah.

8. Daun sirih jalu

Daun sirih jalu sendiri hanya mempunyai warna kuning di bab tengah dan pangkal daunnya. Daun sirih jalu ini cocok dipakai sebagai tanaman hias.

0 Response to "Macam-Macam Jenis Tanaman Sirih"

Total Pageviews