Latest News

Sapi Brangus, Persilangan Aberden Angus Jantan Dengan Brahman Betina

Ciri-ciri dan Keunggulan Sapi Brangus
Sapi brangus yaitu sapi tipe pedaging yang berasal dari hasil persilangan dua sapi yg mempunyai genetika yang sangat manis yaitu sapi aberdeen angus dan sapi brahman.
Sapi brahma mempunyai daya tahan tubuh yang sangat manis sehingga jenis sapi pedaging ini tidak retan terhadap serangan penyakit dan virus. Sedangkan jenis sapi aberdeen angus merupakan jenis sapi pedaging yang sangat terkenal dengan kualitas daging mentahnya.

Selain itu Sapi jantan brangus sanggup mempunyai rata-rata bobot tubuh kuranglebih sekitar 1800 pound hingga 2200 pound dan sapi bragus betina sampaumur sanggup mempunyai bobot tubuh paling besar kuranglebih sekitar 1.200 pound.
Jika dilihat dari segi distribusi sapi pedaging ini paling banyak tersebar di amerika serikat, mexico, australia, argentina dan beberapa bab di afrika.
Berikut ini merupakan keunggulan sapi Brangus:
  • Bertubuh besar dan kompak
  • Pertumbuhan badannya cepat
  • Berat tubuh sampaumur di atas 900 kg hingga diatas 1 ton
  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap panas/iklim tropis
  • Mudah mengikuti keadaan dengan pakan yang sederhana
  • Produktifitas daging tinggi
  • Persentase Karkas bagus/tinggi
  • Ternyata Sapi Brangus merupakan tipe dwiguna (dual purpose) jadi sanggup berfungsi sebagai penghasil daging maupun penghasil susu. 
  • Sebagai penghasil daging, karkas Sapi Berangus di Kabupaten Sragen sanggup mencapai + 53% dengan kualitas daging : Protein 11,5% dan Lemak 8,8% dengan lebel 14 dan dinyatakan sebagai daging baik (hasil uji Lab. BPPV Yogyakarta) sebagai penghasil susu, induk Sapi Berangus yang gres melahirkan bisa memproduksi susu hingga + 4 liter/ ekor.
Sapi Brangus ini ialah persilangan betina Brahman dan pejantan Aberden Angus. Sapi Brangus ini juga merupakan salah satu dari jenis BX (Brahman cross). Ciri-ciri sapi Brangus antara lain warna hitam, leher dan indera pendengaran pendek, punggung lurus, tubuh kompak dan padat, kaki berpengaruh dan kokoh, komposisi darah 5/8 Angus dan 3/8 Brahman. Keunggulan sapi Brangus antara lain tubuh besar dan kompak, pertumbuhannya cepat, berat tubuh sampaumur di atas 900 kg, tahan terhadap iklim tropis dan pakannya sederhana.
Berikut ini ciri-ciri fisik dan Sifat Sapi Brangus:

  • Warna hitam dengan tanduk kecil.
  • Leher dan indera pendengaran pendek
  • Bentuk punggung lurus
  • Komposisi tubuh kompak dan padat
  • Kondisi kaki berpengaruh dan kokoh.
  • Adanya punuk sebagai warisan sifat sapi Brahman
  • Tahan terhadap udara panas meski berwarna hitam
  • Tahan terhadap gigitan serangga
  • Mudah menyesuaikan diri dengan pakan yang mutunya kurang baik
  • Produktifitas dagingnya tinggi dan persentase karkasnya tinggi sebagai warisan dari Aberdeen Angus 
Sekilas Tentang Sapi Aberdeen Angus sebagai pejantan dalam persilangan yang menghasilkan sapi Brangus merupakan tipe sapi pedaging, sapi pedaging ini yang awalnya berasal dari negara skotlandia yang kemudian berkembang di beberapa negara eropa termasuk austria dan inggirs kemudian belakang ini sapi pedaging jenis aberdeen angus cukup banyak ditemukan di negara amerika sebagai sapi ternak dari sebuah sumber disebutkan ada sekitar 323.000-an sapi aberdeen angus yang di pelihara atau diternakan di amerika serikat. Kebanyakan trah sapi pedaging ini mempunyai warna hitam dengan postur tubuh yang sangat besar, selain kualitas daging yang sangat baik sapi pedaging Aberdeen Angus juga mempunyai daya tahan tubuh yang tak kalah dengan sapi brahma dari sebuah survei yang dilakukan di amerika menerangkan bahwa jarang sekali sapi pedaging aberdeen angus sakit alasannya cuaca buruk.
Sekilas Tentang Sapi Brahman Amerika ialah salah satu jenis sapi Brahman yang unggul dan menjadi favorit para peternak ketika ini. Negara negara pengimpor terbanyak sapi jenis ini ialah Eropa dan juga Australia. Sapi ini berdasarkan para peternak layak dijadikan persilangan atau sapi cross di banyak sekali cuilan negara di dunia. Para peternak yakin akan kualitas dari Sapi Brahman Amerika ini terutama dari segi kualitas daging dan juga daya tahan tubuh yang baik kalau dibandingkan dengan sapi manapun. Adapun kepopuleran sapi Brahman Amerika ini pertama kali ditelusuri ketika pada tahun 1850-an dimana ada seorang peternak dari Amerika yang berhasil mencoba melahirkan sapi brahman dengan kualitas unggul, sehingga sanggup dibilang itu ialah keberhasilan membudidayakan sapi Brahman paling sukses sepanjang sejarah di dunia. Anda bisa bayangkan bahwa sapi dengan jenis anakan F-1 dan juga betina dari Sapi Brahman menjadi salah stu hal yang diperebutkan disana-sini. Sementara di Indonesia sendiri, anda akan sulit menemukan sapi dengan kualitas Brahman ini. Berat tubuh maksimal dari sapi Brahman orisinil dari Amerika sendiri bisa mencapai 1,1 ton untuk pejantan dan juga 700kg untuk berat betinanya. Tetapi hingga sekarang tidak ada yang mencoba memecahkan rekor atau mendaftarkan sapi brahmannya sebagai sapi dengan berat tubuh yang terbesar di dunia.
Sapi Brangus, Persilangan Antara Aberdeen Angus Jantan Dengan Sapi Brahman Betina

0 Response to "Sapi Brangus, Persilangan Aberden Angus Jantan Dengan Brahman Betina"

Total Pageviews