Latest News

Kambing Mencret? Ini Cara Mengobatinya!

Cara Mencegah Kambing Mencret/Diare dan Pengobatannya
Penyakit diare atau mencret memang sering menyerang ternak, baik itu ternak ruminansia besar, ruminansia kecil maupun jenis ternak unggas. Penyakit mencret terlihat sederhana tetapi jikalau tidak segera diatasi sanggup berakibat fatal bahkan sanggup menjadikan simpulan hidup alasannya ternak mengalami kehilangan cairan tubuh dan malnutrisi.

Penyebab Kambing Mencret. Perlu diketahui bahwa kambing yang diare atau mencret bukan sebuah penyakit namun hanya merupakan tanda-tanda dari penyakit yang menyerang susukan pencernaan kambing.

Faktor-faktor penyebab Diare/mencret pada kambing :
  • Pergantian pakan atau pola pakan yang mendadak
  • Faktor cuaca, transportasi, kuantitas & kualitas pakan, dll
  • Infeksi mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, protozoa)
  • Asidosis rumen
Dari ketiga faktor penyebab insiden diare/ mencret pada kambing, faktor pergantian pakan atau pola pakan yakni penyebab paling umum kambing mencret/diare.

Kambing yakni binatang ruminansia yang memiliki lambung lebih dari satu (rumen, retikulum, omasum, abomasum) dan pada proses pencernaanya sangat dibantu oleh peranan ‘bakteri baik’ yang ada pada lambung tersebut. Sehingga jikalau terjadi persoalan dengan basil pencernaan maka fungsi perncernaan tidak akan berjalan dengan baik. Akibatnya munculah gejala-gejala menyerupai diare/ mencret, kebung/ bloat, rumen sarat dll. Oleh alasannya itu, jikalau akan mengganti jenis pakan maka jangan pribadi diberikan pribadi dalam jumlah banyak. Ternak dibiasakan dulu dengan pakan yang gres sedikit demi sedkit, hingga hasilnya sanggup kita ganti dengan pakan jenis lain biar ‘bakteri baik’ dalam lambung kambing tersebut tidak mati dan sanggup menjalan fungsinya dengan baik.


Cara Mengobati Kambing Diare Secara Alami

Langkah pertama yang harus kita lakukan yakni memperbaiki pola pakan kambing. Jika kita mengetahui jenis pakan yang diberikan ditempat asala atau pakan yang diberikan sebelumnya maka sanggup kita lakukan sumbangan pakan tersebut. Namun jikalau kita tidak mengetahui jenis pakan yang diberikan sebelumnya maka kita sanggup memperlihatkan pakan yang kaya serat, salah satu pola terbaik yakni daun jambu biji. Selain mengandung serat, daun jambu biji juga ampuh mengatasi diare. Dan pada banyak kasus yang kami temui, jikalau kambing diare/ mencret umumnya kambing tersebut akan malas amakan, namun jikalau disuguhkan daun jambu biji maka kambing pribadi dengan lahap menyantap daun jambu biji tersebut, kemungkinan secara insting ia tau bahwa daun tersebut yakni obat untuk mengatasi daire/ mencret.

Selain sumbangan daun jambu biji untuk kambing mencret/ diare, para peternak sekalian juga sanggup memperlihatkan maka arang pada ternak. Caranya, ambil arang kayu atau arang rumput, ukurannya satu genggam tangan orang remaja lalu masukan ke dalam lisan kambing lewat samping lisan biar tidak tergigit. Untuk arang kayu, pilih arang yang gampang hancur. Biasanya sesudah sumbangan arang, kambing yang awalnya malas makan pribadi mulai semangat untuk makan. Pemberian arang dan daun jambu biji ini minimal diberikan selama 3 – 5 hari, meskipun pada hari pertama sumbangan sudah membaik namun harus tetap diberikan biar proses penyembuhannya sanggup maksimal.

0 Response to "Kambing Mencret? Ini Cara Mengobatinya!"

Total Pageviews