Latest News

Alat-Alat Industri Peternakan, Manfaat Dan Jenisnya

Macam dan Jenis Alat-alat Yang Sering Digunakan Dalam Bidang Peternakan

Industri peternakan sapi modern telah memakai aneka macam macam cara dan peralatan untuk mempermudah pekerjaan mengelola peternakan dalam jumlah besar sampai ribuan ekor. Berbagai macam peralatan dan perlengkapan peternakan dibentuk secara masal di pabrik alat-alat peternakan. Banyak sekali jenis alat-alat peternakan yang ketika ini lazim dipakai dalam industri peternakan modern, berikut ini diantaranya.
Alat Identifikasi: Neckchain . Neckchain ialah alat identifikasi berupa kalung terbuat dari rantai, kulit atau nilon yang digantungi plastik bernomor.

Alat Identifikasi: Ear tag. Ear tag ialah tanda yang dipasang pada daun indera pendengaran sebagai cirri individual ternak sapi. Ear tag biasanya terbuat dari plastik atau almunium. Keuntungannya ialah mencegah terjadinya kesalahan atau tertukarnya nomor antar sapi. Kerugiannya Ear tag sanggup hilang atau jatuh serta tidak terlihat dari jauh (Santosa,1995).

Ear notch tang. Ear notch tang ialah alat yang berfungsi mengidentifikasi dengan cara merobek daun indera pendengaran dengan arahan dan ukuran tertentu (Williamson,1993). Ear notch ini bersifat tetap.

Alat Tattoo Sapi atau Branding. Branding merupakan alat identifikasi yang terdiri dari dua macam car yang pertama Hot Branding, suatu cara pembuatan tanda atau nomor pada kulit ternak yang berupa cab besi panas yang ditempelkan pada kulit ternak selama lebih kurang 5 detik. Yang kedua yaitu Frezee Branding, suatu cara pembuatan tanda pada kulit ternak, berupa cab besi beku yang didinginkan atau dibekukan pada nitrogen cair. Kulit ternak yang akan dicap harus dibersihkan bulunya dan dicuci dengan alcohol terlebih dahulu (Blakely,1991).

Tattoo tang. Tatto tang merupakan alat identifikasi ternak pada bab indera pendengaran dengan kombinasi aksara atau angka (Williamson,1993).

Angkle strap. Angkle strap merupakan gelang kaki plastic yang bernomor, yang dililitkan pada kaki belakang sapi (Santosa,1995).

Halter. Halter ialah alat Bantu handling sebagai ganti tali keluh yang terbuat dari rantai besi dan kulit.

Burdizzo. Burdizzo merupakan alat untuk mengkastrasi binatang jantan dengan memutuskan jalan masuk dengan penjepit, sampai fatwa darah menuju testikel putus (Blakely,1991).


Referensi:
Blakely, J and D.H. Bade. 1991. Ilmu Peternakan, edisi ke- 4. Gadjah MadaUniversity Press. Jogjakarta
Williamson and Payne. 1993. Pengantar Peternakan di Daerah Tropis. GadjahMada University Press. Jogjakarta

0 Response to "Alat-Alat Industri Peternakan, Manfaat Dan Jenisnya"

Total Pageviews