Latest News

Sapi Kembung? Ini Obat Dan Cara Mengatasi Bloat

Cara Mengatasi Kembung Pada Ternak Sapi Dan Macam-macam Jenis Obat Kembung (Bloat) Yang Bisa Digunakan

Ternak sapi yang mengalami bloat biasanya sering berujung pada kematian, baik itu mati akhir kembungnya sendiri maupun mati lantaran dipotong jagal sebagai tindakan evakuasi semoga peternak tidak terlalu menderita kerugian. Memang penyakit kembung atau bloat ini salah satu momok yang sangat ingin dihindari oleh peternak. Mengetahui penyebab kembung yaitu hal paling penting yang wajib diketahui peternak sapi.

Apa saja tanda-tanda dan cara pengobatan ternak sapi yang menderita kembung? Silahkan simak tips cara mengatasi kembung atau bloat dibawah ini.

Penyakit Bloat atau tympani yaitu penyakit sistem pencernaan yang disertai penimbunan gas pada lambung akhir proses fermentasi yang berjalan cepat. Pembesaran rumenoretikulum oleh gas yang terbuat, sanggup dalam bentuk busa persisten yang tercampur isi rumen (kembung primer) dan gas bebas yang bahwasanya terpisah dari ingesta (kembung sekunder). Bloat atau kembung perut yang diderita oleh sapi, sanggup mengakibatkan janjkematian dikarenakan struktur organ ternak sapi yang unik. Dimana pada sapi, jantungnya sendiri terletak disebelah kanan perut, bukan pada kepingan dada menyerupai halnya manusia. Saat terkena kembung atau bloat maka jantung sapi beresiko terhimpit oleh angin dan asam lambung saat menderita kembung. Karena penyakit kembung yang terjadi, mendesak organ dalam menimbulkan perut sapi agak membesar kesamping. Kematian pada sapi yang terlanjur menderita kembung perut, biasanya rentan terjadi dikarenakan ketidaktahuan dan juga salah penanganan oleh peternaknya.

Ketika sapi mengalami kelumpuhan dengan organ perut yang kembung, banyak peternak yang memposisikan ternak sapi mereka pada posisi telentang. Hal itu menyebabkan, jantung sapi terhimpit lebih cepat. Namun penyakit kembung perut ini tergolong tidak membahayakan atau menular kepada binatang lain ataupun manusia. Dan, daging sapi yang menderita penyakit inipun masih tergolong kondusif untuk dikonsumsi.

Gejala atau Tanda-tanda Sapi Terkena Bloat/Kembung
  • Ternak sapi nampak gundah dan berusaha menghentakan kaki ataupun mengais-ais perutnya
  • Sisi perut sapi kepingan sebelah kiri nampak menyerupai membesar dan kencang.
  • Apabila kepingan perutnya ditepuk/dipukul dengan jari maka akan terdengar bunyi menyerupai bunyi drum
  • Ternak sapi mengalami kesulitan bernapas atau lebih sering bernpas melalui mulut.
  • Nafsu makanya si sapi menurun derastis, bahkan hingga ada yang tidak mau makan sama sekali.
  • Mata sapi merah, namun bila tak segera ditangani akan bermetamorfosis kebiruan yang menunjukan si sapi mengalami kekurangan oksigen dan mendekati kematian
  • Pulsus pada nadi meningkat, serta terdengar eruktasi.
Cara Mengatasi dan Mengobati Kembung Pada Ternak Sapi
Cara Mengatasi Kembung Sapi dengan Menggunakan Trocoar Yang Ditusukkan Pada Bagian Belakang Rusuk Yang Terkahir (Lihat Gambar)
  • Tempatkan kaki sapi pada daerah yang lebih tinggi, kepingan lisan dibuka dan sepotong kayu dimasukan secara melintang dan pada kedua ujungnya dikaitkan ke tali yang dililitkan ke samping kepala hingga ke belakang tanduknya supaya tidak lepas dan gas kembung sanggup segera keluar.
  • Ternak diberi minum minyak goreng 100-200 ml atau lebih, atau minyak kayu putih ataupun minyak atsiri lainya dengan sebelumnya dicampurkan air hangat.
  • Memberikan sejumlah obat-obatan menyerupai Anti Bloat (bahan aktif: Dimethicone), untuk takaran sapi/ kerbau sebaiknya 100 ml obat yang sebelumnya diencerkan dengan 500 ml air, sedangkan untuk kambing/ domba: 25 ml obat yang telah diencerkan dengan 250 ml air, kemudian diminumkan. Wonder Athympanicum, dosis: untuk sapi/ kerbau: 20 – 50 gram, sedangkan untuk kambing/ domba: 5 – 20 gram obat dicampur air secukupnya, kemudian diminumkan.
  • Pada kondisi kembung akut maka upaya pengeluaran gas dengan cara menusuk-nusuk perut ternak sebelah kiri dengan memakai trocoar dan cannula.
 Macam-macam Merk Obat Kembung Untuk Ternak Sapi (Ruminansia)

PIL KEMBUNG Obat kembung mencegah dan mengobati penyakit kembung SAPI KAMBING KERBAU 
INDIKASI:
Mencegah dan mengobati kembung sapi kambing kerbau
Menambah nafsu makan

KOMPOSISI :

Tiap bolus mengandung :

- Mg. Trisilicate ................................ 300 mg
- Aluminium Hydroxide .................. 300 mg

ATURAN PAKAI :

- Kambing : 1-2 bolus per hari
- Sapi : 2-4 bolus per hari

Obat Kembung Merk Tympanol-SB dari Sanbe Farma

TYMPANOL-SB yaitu produk yang mengandung dimethicone dalam bentuk larutan. Sangat ampuh untuk mengobati kembung akut dalam rumen pada ruminansia yang disebabkan oleh pembentukan gas yang berlebihan (frothy bloat).

INDIKASI
Untuk mengobati kembung akut pada ruminansia menyerupai sapi, kerbau, kambing dan domba

DOSIS :
Ruminansia besar menyerupai Sapi & kuda & kerbau ( 200-400 kg BB ) larutkan 10 ml tympanol-sb dalam 500 ml air minum. Diminumkan (dicekok).
Ruminansia kecil menyerupai Kambing dan domba (30-60 kg BB) larutkan 25 ml tympanol-sb dalam 250 ml air minum. Diminumkan (dicekok).

Bahan aktif :
TIAP ml MENGANDUNG Dimethocone 25 mg

KEMASAN 100 ML

DEPTAN RI No. D 0010210 PKC

Dibuat oleh : PT. Sanbe Farma, Bandung Indonesia

ANTI BLOAT Anti Foaming Agent Obat kembung Sapi Kambing atau tympani pada binatang Ruminansia 


Aturan pakai :
sapi&kerbau : 100 ml/500 ml air, melalui stomach tube atau drench, sanggup juga dengan 100 ml obat intra rumen dengan jarum hipodermik besar. Kambing&domba: 25 ml/250 ml air, melalui drench atau sanggup juga 25 ml obat intra rumen

Komposisi :
Dimethicone 1% b/v

Indikasi :
untuk pengobatan tympani akut yang disebabkan oleh pembentukkan gas yang berlebihan dalam rumen sapi, kerbau, domba, dan kambing.

Demikian beberapa tips mengatasi kembung dan jenis obat kembung yang sanggup digunakan, silahkan bagikan kalau dirasa bermanfaat. Terima kasih atas kunjugannya.

0 Response to "Sapi Kembung? Ini Obat Dan Cara Mengatasi Bloat"

Total Pageviews