Latest News

Perbedaan Domba Ekor Gemuk Dan Ekor Tipis

2 Jenis Kambing Gibas (Domba Gibas), Ciri-ciri dan Perbedaannya

Kambing gibas terdapat 2 macam jenis itu menurut ekornya. Yaitu :

Jenis kambing gibas ekor gemuk. 

Kambing gibas yang mempunyai ekor panjang dengan jumlah ruas tulang ekor mencapai 14, bearti itu termasuk ke dalam kambing gibas dengan ekor gemuk.

Ciri-ciri kambing gibas ekor gemuk yakni bentuk badan cukup besar dan mempunyai bulu yang tebal dan gembel, serta bentuk ekornya kasar. Bentuk ekor dari kambing gibas jenis ini cenderung mengecil pada bab ujungnya. Fungsi bab ujung ekor kambing gibas jenis ini yakni tempat penyimpanan cadangan lemak. Yang lalu cadangan lemak tersebut berkhasiat sebagai asupan energi pada ketika kambing gibas ini sedang menghadapi cuaca ekstrim. Bobot dari kambing gibas jenis ini sanggup mencapai 50 kg hingga 70 kg untuk kambing gibas jantan dewasa. Dan betinanya antara 30 kg hingga 40 kg. Di Indonesia populasi kambing gibas ekor gemuk berbagai terdapat di kawasan Madura.


Jenis Kambing gibas berekor tipis. 

Jenis Kambing gibas ini yakni kambing gibas orisinil Indonesia yang populasinya banyak terdapat di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kambing gibas ekor tipis ini mempunyai ciri-ciri menyerupai bentuk badan yang kecil, Kambing gibas ekor tipis ini juga pertumbuhannya cukup lambat, bulu berangasan dan perolehan dagingnya relatif sedikit. bobotnya berkisar antara 30 kg - 40 kg untuk kambing gibas jantan dan bobot kambing gibas ekor tipis betina berkisar antara 20 kg - 25 kg. prosentase perolehan karkas yakni 44 % hingga 49 % dari total kambing gibas berekor tipis. Karkas yakni bab dari kambing yang mempunyai nilai jual tinggi menyerupai daging, bab tulang dan lemak daging. Ekornya yang tipis, mempunyai panjang sekitar 20 centimeter dengan ketebalan kuranglebih 3 centimeter dan lebar pangkal ekor 5,5 centimeter.



0 Response to "Perbedaan Domba Ekor Gemuk Dan Ekor Tipis"

Total Pageviews