Latest News

Kuda Poni, Jenis Dan Harganya Yang Wah

Kuda Poni, Lucu, Mungil Tetapi Harganya Selangit

Apa itu Kuda Poni dan Berapa Harganya? Kuda Poni ialah jenis kuda yang berukuran kecil. Tingginya dari tanah hingga ke punggung kurang dari 14 tangan (142 cm). Leluhur dari kuda peliharaan yang masih liar mempunyai ukuran hanya sebesar ini tetapi sehabis dijinakkan maka berkembang kuda yang berpengaruh untuk diternakkan.


Hingga ketika ini, masih banyak orang yang memakai kuda sebagai alat transportasi. Kuda banyak membantu kiprah manusia. Kuda poni ini biasanya juga dipakai sebagai kuda tunggang di tempat-tempat rekreasi yang per-kitarannya seharga Rp. 20.000. Hewan ini pemakan rumput, jika dalam keadaan terpaksa mereka sanggup pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda mempunyai penglihatan dan pendengaran yang tajam. Kuda termasuk mamalia berkuku ganjil. Kuda, keledai dan zebra mempunyai kesamaan yang membedakannya hanyalah kulit saja.


Perbedaan pokok terletak pada besar dan bentuk telinga, semua kuda mempunyai bulu surai yang tegak dan suatu garis gelap memanjang di punggung. Berkembangnya jenis kuda poni yang sedikit berbeda namun semuanya cenderung bersifat berpengaruh dan mandiri, inilah yang merupakan ciri kuda poni sekarang.

Di inggris, kuda poni yang terkecil ialah jenis Shetland, yang berukuran sekitar 7 tangan. Jenis yang paling kuno ialah kuda poni Exmoor yang seolah-olah dengan kuda yang biasanya dipakai oleh para penduduk Inggris sebelum zaman Romawi. Kuda poni yang biasanya di gunakan untuk kuda tunggang ialah jenis New Forest dan Welsh yang populer Banyak orang yang berpikir bahwa mereka ingin mempunyai kuda poni.


Akan tetapi, kuda poni ini sangat membutuhkan biaya dan perhatian yang besar untuk pemeliharaannya. Seekor kuda poni yang ditinggal sendirian di lapangan akan merasa tidak bahagia dan menjadi tidak sehat. Maka itu kuda poni harus di tempatkan di kawasan yang lebih kondusif supaya sanggup bertahan hidup dengan sedikit makanan.

Berapa Harga Kuda Poni?
Ternyata harga kuda poni tidak main-main nilainya. Ada yang harganya mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah per ekornya, bahkan berdasarkan isu ada jenis kuda poni yang harganya mencapai angka milyar, mantap bukan?

Kuda Poni Minahasa


Seperti halnya Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mempunyai kuda orisinil lokal yang sering disebut kuda Sumba, Kabupaten Minahasa juga mempunyai kuda orisinil lokal yang disebut kuda poni Minahasa. Jenis kuda tersebut telah ada semenjak zaman dahulu, bahkan sebelum kehidupan masyarakat di Minahasa belum dimulai.

Ukuran kuda poni Minahasa tergolong kecil, alasannya ialah biasanya hanya mempunyai tinggi tubuh maksimal 1,18 meter. Zaman dahulu, kuda poni Minahasa tidak dipakai untuk pacuan, tapi hanya untuk membantu aktivitas masyarakat. Saat ini sudah tidak ada lagi kuda poni Minahasa yang mempunyai darah murni, alasannya ialah semua kuda di Minahasa telah mengalami persilangan dengan kuda jenis lain.

Sekitar tahun 1930-an, pada ketika Belanda masih menjajah Indonesia, seorang penguasa Minahasa yang setara bupati ketika ini membawa dua ekor kuda pejantan "Belgi" yang ialah kuda orisinil Belgia. Kedua kuda tersebut mempunyai postur tubuh yang lebih besar dibanding kuda poni Minahasa.

Jemmy Mewengkan (54), seorang instruktur kuda pacu di Tompaso menyampaikan cikal bakal kuda pacu di Minahasa berasal dari dua ekor kuda Belgi tersebut. Para peternak ketika ini melaksanakan persilangan antara kuda Belgi dengan kuda lokal Minahasa. Persilangan tersebut menghasilkan keturunan yang mempunyai ukuran tubuh lebih kecil dari kuda Belgi, tapi lebih besar dari kuda poni Minahasa. Kedua kuda Belgi milik Belanda ketika itu di pelihara pada sebuah sangkar di Kecamatan Tompaso. Selanjutnya, sekitar tahun 1947, Bupati Minahasa, Lourens Saerang memasukkan satu ekor kuda pejantan dari jawa berjulukan Boy Bintang yang ialah keturunan Torobret Australia dengan kuda lokal Jawa.



Sumber : Oxford Ensiklopedi Pelajar, 2002 dan sumber lainnya

0 Response to "Kuda Poni, Jenis Dan Harganya Yang Wah"

Total Pageviews