Latest News

Waktu Pinjaman Pakan Sapi Yang Efektif

Berapa Kali Sehari Waktu Yang Tepat Untuk Memberi Pakan Pada Ternak Sapi?

Peternak sapi lokal yang masih melaksanakan cara pemeliharaan secara tradisional biasanya tidak terlalu memperhatikan waktu yang sempurna untuk memberi makan sapinya. Kadang pagi sekali sapi sudah diberi pakan hijauan yang berupa rumput gajah maupun tebon jagung. Kadang bahkan pada tengah malam sapi juga diberi pakan dengan alasan sekalian menjaga sapinya dari maling sapi.


Pemberian pakan yang berlebihan dan terus menerus bahwasanya merugikan peternak sapi lokal sebab pada titik tertentu sapi kenyang dan tidak mau makan maka pakan yang diberikan hanya akan menjadi pakan sisa yang pada jadinya terbuang percuma. Banyaknya dukungan pakan yang tidak terukur serta waktu dukungan pakan yang asal-asalan juga meningkatkan biaya pakan yang dikeluarkan oleh peternak sapi lokal.

Sebenarnya sapi dapat dilatih untuk makan pada jam-jam tertentu dan dengan jumlah yang telah ditentukan pula. Prinsipnya dalam problem pakan jangan terlalu kurang tetapi juga jangan terlalu berlebihan, mentang-mentang sapinya masih mau makan maka pakan terus ditambah sebab ini akan menjadikan beban biaya pakan yang tidak sedikit.

Contoh waktu dukungan pakan sapi yang diberi pakan konsentrat dan hijauan.

Waktu pagi sekitar jam 6 pagi dapat diberikan pakan sekitar 40% dari total pakan sehari, sedangkan pada waktu sore sekitar jam 2 - 3 dapat diberikan yang 60% lagi. Pertimbangannya ialah jam makan pada waktu sore akan lebih panjang daripada jam makan sapi pada waktu pagi sehingga sebaiknya persentase dukungan pakan juga lebih banyak pada sore hari.

Saat ekspresi dominan kemarau dan cuaca sangat ekstrim panasnya maka jam dukungan pakan dapat dimajukan bahkan jikalau perlu jam pagi dapat dimulai pada pukul 5 pagi dan jam sore dimundurkan pada jam 4 sore. Hal ini dimaksudkan untuk mendapat suhu yang nyaman ketika sapi diberi pakan.

Catatan : untuk model dukungan pakan ibarat diatas maka air minum wajib tersedia sepanjang hari atau adlibitum jadi sapi dapat minum kapan saja ketika mereka ingin minum. Saat cuaca sangat panas sapi dapat terkena stress panas dan sedikit makan, mereka hanya akan sering minum. Pada ketika ibarat ini dapat ditambahkan elektrolit dan sedikit molases pada kolam minum sapi untuk mengurangi stress dan menambah energi bagi sapi.

Untuk sapi yang dipelihara untuk digemukkan sebaiknya komposisi pakan untuk hijauan maksimal 30% dari jumlah pakan jangan berlebihan semoga kebutuhan nutrisi sapi tercukupi. Kaprikornus komposisi pakannya ialah 30% hijauan dan 70% konsentrat. Sedangkan untuk sapi perah dukungan hijauan dapat jauh lebih banyak sebab untuk melancarkan dan memperbanyak produksi susu diperlukan hijauan yang lebih banyak daripada sapi potong atau sapi penggemukkan.

Untuk mengetahui Berapa Kebutuhan Pakan Seekor Sapi Dalam Sehari Silahkan KLIK DISINI

0 Response to "Waktu Pinjaman Pakan Sapi Yang Efektif"

Total Pageviews