Latest News

Mengenal Jenis Sapi Breed Bos Taurus

Jenis Bangsa Sapi Barat ("Bos taurus")

Spesies ini yaitu spesies sapi ternak yang paling umum, dijinakkan pertama kali di Timur Tengah dan kemudian diternakkan di Timur Tengah, Eropa, dan Afrika, kemudian dibawa ke benua-benua lain menyerupai Amerika dan Australia. Yang umum ada di Indonesia ada 3 rasnya: Limousin, Simmental, dan Holstein.


Jenis Limousin
Ras Limousin berasal dari Prancis, berwarna kuning hingga merah-coklat, bertanduk pendek, dan tidak berpunuk. Dibiakkan utamanya sebagai sapi pedaging. Limousin dikenal gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan gres sehingga banyak dibiakkan di luar negara asalnya.

Limousin


Jenis Sapi Metal (Simmental)
Ras Simmental berasal dari Swiss, sebagai sapi pedaging atau sapi perah. Terkenal cepat tumbuh. Secara tradisional warnanya merah-putih atau kuning-putih, dengan wajah/kepala putih. Berpunuk kecil. Ukurannya besar, berat hidup dapat mencapai 1 ton.

Simmental


Sapi Susu Jenis Holstein-Friesian (Sapi FH)
Ini ras sapi "hitam-putih" yang sering muncul sebagai penggambaran sapi yang umum. Berasal dari Belanda, dan utamanya yaitu sapi perah; tapi binatang jantannya dapat dijadikan sapi pedaging. Konon kualitas dagingnya tidak sebagus ras sapi pedaging, sehingga di luar negeri daging sapi Holstein (jantan atau betina perah yang sudah tak produktif) lebih sering dijadikan daging giling.

Holstein

0 Response to "Mengenal Jenis Sapi Breed Bos Taurus"

Total Pageviews