Latest News

Cara Menentukan Vaksin Dan Menggunakannya Dengan Baik Dan Benar

Program vaksinasi dalam peternakan ayam ialah sudah menjadi jadwal wajib bagi peternak unggas. Vaksinasi yang bertujuan untuk menumbuhkan kekebalan pada ayam dari serangan banyak sekali macam penyakit merupakan sarana vital untuk pencegahan penyakit berbahaya pada ayam. Banyak brand vaksin yang dijual bebas dipasaran tetapi tidak semua vaksin ayam perlu digunakan. Peternak harus pandai-pandai menentukan dan memakai vaksin sesuai kebutuhan. Peternak juga wajib tahu cara menyimpan vaksin yang benar, perlu juga tahu cara pemakaian dan larangan yang wajib dihindari supaya vaksin tidak rusak dikala dipakai dan dapat efektif pengaruhnya pada ternak ayam.
Tips pre vaksinasi: berikan vitamin takaran tinggi minimal sehari sebelum vaksinasi dan dua hari sehabis vaksinasi, vitamin boleh memakai vita chicks, vita stress, fortevit dari medion atau pakai merek lain boleh juga.
Memang pada kemasan vaksin yang dibeli peternak biasanya sudah dicantumkan cara pemakaian, takaran vaksin, cara menyimpan yang benar, manfaat dan kegunaan vaksin dll, tetapi tidak ada salahnya kalau peternak juga mencar ilmu dari peternak lain yang sudah lebih piawai memakai vaksin dan andal dalam jadwal vaksinasi.
Vaksin sangat rentan dengan panas dan cahaya matahari, jangan hingga vaksin terkena sinar matahari atau berada di suhu yang panas, kalau itu terjadi vaksin tidak akan berfungsi dan jadwal vaksinasi gagal total
Bagaimana cara menentukan vaksin dan menggunakannya dengan benar? Simak ulasannya dibawah ini yang diambil dari pengalaman seorang peternak, semoga bermanfaat.

Cara menentukan vaksin menurut kebutuhan:


1. Vaksin ND Hitchner B1


Vaksin ND Hitchner B1 dikhususkan untuk pertama kali ayam yang gres netas hingga umur seminggu, jenis vaksin aktif dengan daya tahan badan yang akan meningkat dengan cepat, tapi akan cepat sekali menurunnya kembali, tingkat stress yang dihasilkan sangat minim atau dapat dibilang tidak ada, cara pertolongan ditetes kemata, ekspresi atau hidung.


2. Vaksin NDClone45


Saya biasa gunakan untuk ayam gres lahir, atau ayam pertama kali kena vaksin, atau pada dikala ada ayam yang terjangkit penyakit dengan Gejala ND vaksinasi darurat, kenapa alasannya ialah vaksin nd clone 45 dari medion ini tingkat stres pos vaksinasi sangat rendah atau dapat dibilang tidak ada. Vaksin ini berupa vaksin aktif dengan pengaktivan antibody yang sangat cepat sehabis di vaksin maka vaksin dengan cepat merangsang antibody, bahkan untuk ayam yang sudah terjangkit ND tidak apa apa diberikan vaksinasi ini biasanya ayam yang terkena ND dapat sembuh dengan vaksin ini, tapi tidak dijamin 100% semua sembuh, pengalam saya eksklusif dikala belum mengenal vaksin dan sangkar 100% kena ND, saya berikan ND Clone45 70% selamat sisanya mati.


Dosis  pemakaian 1 botol vaksin ndclone45 takaran 100 saya campur dengan air aquadestilata steril 50cc. saya suntikkan 0.5cc ke ayam umur 2.5 bulan hingga dewasa, sedangkan ayam umur dibawah 2.5bulan saya kasih tetes mata, tetes hidung atau tetes mulut, untuk ayam jumlah banyak dikasih ke air minumnya, penting diingat vaksin harus habis sehabis 2 jam dibuka, jadi sehabis dibuka dihabiskan atau segera dibuang kalau tidak terpakai,


Sayangnya vaksin ini antibody yang dihasilkan tidak bertahan lama, kisaran 25-30 hari saja, jadi walaupun sangat cepat pengaktifan antibodynya tapi cepat juga antibody menurun, jadi sebaiknya lakukan vaksinasi dengan NDclone45 setiap bulan,


3. Vaksin ND La Sota


Vaksin ND La Sota biasa  dipakai untuk vaksin ulangan atau revaksinasi, penting untuk vaksinas jenis ini ialah vaksin yang sangat berpengaruh tingkat stress sehabis vaksinasi agak tinggi, jadi sangat penting menyidik kesehatan ayam sebelum divaksinasi, ayam harus dalam kondisi sehat, kalau tidak akan bertambah drop dahulu. atau kalau ayam sudah terjangkit ND terus diberikan Vaksin ND La Sota maka ayam akan tambah parah dan umumnya mati, Vaksin ND La Sota ini sama halnya NDClone45 aktiv dan cepat sekali menaikkan titer antibody, titer antibody yang di hasilkan Vaksin ND La Sota lebih berpengaruh daripada Clone45 dan bertahan usang kira kira 30-60 hari, jadi kalau memakai Vaksin ND La Sota revaksinasi dapat dilakukan tiap 2-3 bulan sekali.


4. Vaksin ND AI Emulsion


Vaksin ND AI Emulsion ini ialah jenis vaksin inaktiv, kelebihan vaksin ini ialah daya tahan yang panjang dapat hingga 5-6 bulan. tapi daya tahan agak lemah dibanding vaksin ND aktiv, titer antibody lambat pengaktifannya dapat 2-4 ahad lalu sehabis di berikan vaksin.

Pengalaman, pernah ayam tetangga kena nd terus saya vaksin ayam saya dengan Vaksin ND AI Emulsion malah ayam saya kena dan mati :D 3 hari sehabis di vaksin susu, Setelah memperlihatkan vaksin Vaksin ND AI Emulsion maka ayam akan mengalami masa stress dan rawan terserang/tertular penyakit selama 2-4 ahad sehabis divaksin, jadi hati hati.

Saran supaya jadwal vaksinasi yang dilakukan tidak jebol, umur sehari hingga seminggu  gunakan vaksin ND Hitchner B1 atau ND Clone45.

Setelah berumur sebulan berikan vaksin ND Clone45 atau ND La Sota seminggu atau dua ahad lalu berikan vaksin Vaksin ND AI Emulsion selanjutnya vaksinasi berikutnya mulai lagi dengan vaksin ndclone/nd lasota sehabis 5 bulan sehabis Vaksin ND AI Emulsion. Kenapa ibarat itu, alasannya seminggu sehabis vaksin NDClone45 ayam akan terlindungi oleh vaksin ND aktiv jadi terus disuntikkan ND AI Emulsion, jadi masa kritis ayam selama 2minggu dilindungi oleh vaksin ND aktiv clone45 atau la sota-

Sumber:http://unggas-organik.blogspot.co.id

0 Response to "Cara Menentukan Vaksin Dan Menggunakannya Dengan Baik Dan Benar"

Total Pageviews