Latest News

Berapa Kebutuhan Pakan Seekor Sapi Perhari?

Berapa gotong royong kebutuhan pakan seekor sapi? Berapa banyak yang bisa dikonsumsi sapi? Pemberian pakan sapi secara berlebihan hanya akan menambah tinggi biaya produksi dan menjadi pemborosan. Secara umum kebutuhan pakan sapi sangat terkait dengan bobot tubuhnya. Untuk menghitung kemampuan sapi mengonsumsi pakan biasanya dihitung dengan basis materi kering. Untuk lebih memahami kebutuhan pakan seekor sapi dan kemampuan mengonsumsi materi keringnya silahkan simak goresan pena dari mukti infinit dibawah ini yang diambil dari status fbnya, supaya bermanfaat.

JATAH PAKAN (SEEKOR SAPI TERKAIT BOBOT BADAN)

Bobot tubuh beberapa ekor sapi fase penggemukan (sapinya sudah po'èl 2 gigi), totalnya 6.000 kg. Jatah pakannya pakai patokan moderat 2,5% dari bobot badannya menurut materi kering = 150 kg.

Bila kadar air pakan komplitnya 25% (bahan keringnya 75%), maka jumlah pakan komplit yang diperlukan = 150 kg x 100/75 = 200 kg per hari.

Catatan :
1. pakan komplitnya terdiri dari konsentrat sapi pedaging SNI 60% + rumput Gajah yang sudah dilayukan dan sudah di-chopper 40%. Kadar protein garang pakan komplitnya minimum 12%.

2. Pemberian pakan harus ad libitum terkontrol. Tidak perlu berlebih dan juga dilarang kekurangan.

3. Pemberian air minum juga ad libitum.

Mengapa rasio konsentrat sapi pedaging isi protein garang minimum 14% sebanyak 60% + serat (rumput yang telah dilayukan dan telah di-chopper) 40% dalam pakan komplit?

Karena :
1. Pada rasio tsb, setidaknya bisa dicapai keseimbangan unsur gizinya, selain komplit yang memenuhi SNI;

2. Kadar protein garang bisa dicapai minimum 12%;

3. Kadar serat garang dan sangat garang berada di dalam batas normal bagi sapi pedaging, yakni antara 17-20%.

Kecuali kalau mau mencapai tujuan percepatan ADG, rasionya bisa dirubah menjadi 70% + serat 30% atau 80% + 20% atau 90% + 10%. Tetapi perubahannya mesti dilakukan secara sedikit demi sedikit selama 10-14 hari. Tidak boleh mendadak perubahannya. Bisa ber-resiko asidosis. Sapi bisa ambruk.


Sumber status fb mukti abadi

Untuk Mengetahui Waktu Pemberian Pakan Yang EFEKTIF Silahkan KLIK DISINI

0 Response to "Berapa Kebutuhan Pakan Seekor Sapi Perhari?"

Total Pageviews