Latest News

Daftar Lengkap Juara Kontes Ternak Probolinggo 2017

Sapi ekstrim dengan bobot diatas 1 ton selalu mencuri perhatian pengunjung setiap ada event kontes ternak sehingga jenis ternak lain ibarat kurang mendapat perhatian pengunjung kontes. Tongkrongan sapi jumbo yang memang paling menonjol diantara penerima kontes ternak lainnya memang ibarat menjadi magnet bagi penggemar ternak sapi untuk mengunjungi kontes ternak yang ketika ini sering diadakan di kabupaten-kabupaten di propinsi Jawa Timur dan hampir tiap tahun ada penyelenggaraan kontes ternak.

Meskipun dalam setiap kontes ternak yang dilombakan terdapat banyak sekali macam kategori, tetapi yang selalu ditunggu-tunggu pengunjung ialah siapa jawara kontes ternak kategori sapi ekstrim yang harganya sanggup mencapai ratusan juta rupiah. Tidak terkecuali kontes ternak di kabupaten Probolinggo yang diselenggarakan pada April 2017 kemudian juga menyuguhkan jawara kontes sapi ekstrim dengan berat diatas 1 ton bahkan untuk juara 1 - 3 semua sapi berbobot diatas 1 ton.

Memang kegiatan atau pagelaran kontes ternak sudah biasa dilaksanakan di kabupaten/kota maupun provinsi. Namun ada moment yang sangat menarik pada Kontes Ternak Kabupaten Probolinggo tahun ini. Pasalnya, untuk kategori Ekstrem, sapi yang mendapat juara pertama hingga dengan ketiga, mempunyai bobot tubuh lebih dari 1 ton. Juara pertama ialah sapi dengan bobot tubuh 1,23 ton, juara kedua sapi dengan bobot 1,18 ton dan juara ketiga sapi dengan bobot tubuh 1,09 ton. Hal tersebut sanggup menggambarkan potensi peternakan sapi di Kabupaten Probolinggo. Jumlah ternak yang diikutkan dalam kontes ternak dari tiap-tiap kecamatan terbilang cukup banyak yaitu 176 ekor sapi dan 115 ekor kambing.

Kontes Ternak Probolinggi mulai digelar pada Rabu (19/4) dan puncak kegiatan digelar pada hari Kamis (20/4). Selain dihadiri pribadi oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, pada puncak kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Drh. Kusnoto, dan anggota Komisi VIII dewan perwakilan rakyat RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si didampingi anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan PTKL Kecamatan Leces, tersebut digelar oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo dalam rangka memeriahkan Hari Kaprikornus Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-271.

Dalam sambutannya, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE memberikan bahwa kegiatan kontes ternak selain untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pelaksanaan kegiatan Inseminasi Buatan (IB) di Kabupaten Probolinggo, kegiatan ini juga untuk memotivasi semangat masyarakat peternak biar lebih meningkatkan perjuangan budidaya ternaknya. Selain itu perlunya ajang untuk memperlihatkan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat peternak yang berprestasi dan berhasil. Pada puncak acara, dilepaskan balon dan penyuntikan straw ke sapi bunting sebagai bentuk tunjangan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB).

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai potensi sektor peternakan yang cukup besar, khususnya komoditas sapi potong.

Data populasi sapi potong menurut hasil sensus bps tahun 2013 Kabupaten Probolinggo berada pada rangking ke 4 (empat) populasi tertinggi di Jawa Timur, pada tahun 2015 naik menjadi rangking ke 3 (tiga), sehabis Kabupaten Sumenep dan Tuban. Jumlah populasi ternak sapi potong di Kabupaten Probolinggo ketika ini mencapai 256.249 ekor.
Berikut ialah hasil Kontes Ternak Kabupaten Probolinggo 2017
1. KATEGORI SAPI PO – CALON INDUK
PERINGKAT PEMILIK ASAL KECAMATAN
Juara I Sholeh Tegalsiwalan
Juara II Nusun Besuk
Juara III Koher Kahuripan

2. KATEGORI SAPI PO – INDUK
PERINGKAT PEMILIK ASAL KECAMATAN
Juara I Muhammad Sumberasih
Juara II Wahid Tongas
Juara III Eko Wahyudi Kuripan

3. KATEGORI SAPI PO – CALON KEREMAN
PERINGKAT PEMILIK ASAL KECAMATAN
Juara I Wasis Leces
Juara II Muklis Kuripan
Juara III Hosnian Kuripan

4. KATEGORI SAPI EKSTREM
PERINGKAT PEMILIK ASAL KECAMATAN
Juara I Rudi Hartono Gending
Juara II Abdulkarim Leces
Juara III Taufik H. Tegalsiwalan


Sumber: DISNAK JATIM

0 Response to "Daftar Lengkap Juara Kontes Ternak Probolinggo 2017"

Total Pageviews