Latest News

Harga Sapi Bali Terbaru 2017 Jelang Idul Adha

Sapi Bali dan Kupang - Bali ialah salah satu sapi yang banyak dicari oleh pedagang musiman ketika hari raya kurban. Sapi ini banyak dicari alasannya ialah ukurannya yang kecil sesuai dengan kebanyakan budget pembeli binatang kurban.

Harga sapi Bali spek ternak kurban biasanya ditawarkan antara Rp 14.000.000 - Rp 18.000.000 sedangkan jenis sapi yang umum menyebutnya sebagai Bali - Kupang sanggup lebih murah lagi alasannya ialah ukurannya yang lebih kecil biasa sitawarkan dengan harga 12 - 14 juta rupiah.

Sapi jenis Kupang Bali ini menjadi favorit sapi kurban yang banyak ditawarkan oleh para pedagang binatang kurban di Jabodetabek.


Beberapa keunggulan sapi Bali:
  • Memiliki tulang yang kecil
  • Sapi bali Jantan mempunyai fat tipis
  • Tahan terhadap pakan yang kurang bagus
Kelemahan Sapi Bali:
  • Tulang yang kecil menyebabkan gampang patah

Sekilas SAPI BALI

Sapi bali ialah salah satu ternak orisinil Indonesia, mirip namanya, sapi ini berasal dari dari propinsi sebelah timur Indonesia yaitu pulau bali, sejarah sapi bali berasal dari banteng yang telah dijinakkan berabad-abad lalu. Abad ke-19 sapi bali mulai menyebar ke Lombok, kemudian kala ke-2 masuk ke Sulewasi Selatan dan semenjak tahun 1962 masuk ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. Tidak hanya menyebar di Indonesia, sap ini diketahui juga menyebar hingga ke Australia, Malaysia, dan Filipina.

Sapi bali yang berasal dari banteng mengalami beberapa perubahan. Perubahan tersebut terjadi alasannya ialah cara hidupnya dan bukan alasannya ialah efek kawin silang dengan sapi jenis lain. Salah satu perubahan tersebut ialah ukurannya yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan banteng, terutama pada bobot dan tinggi badan.

Masyarakat pulau dewata beternak sapi bali, tidak hanya sebagai daging semata, tetapi diimanfaatkan untuk membajak di sawah atau lahan pertanian, sebagai sumber pupuk oganik (kotoran atau air seni sapi). Sapi ini biasa juga populer dimanfaatkan sebagai atraksi agrowisita. Salain juga dimanfaatkan dalam upacara keagamaan Hindu. Dalam upacara keagamaannya butha yad dikenal sebagai caru, yang melambangkan makna pembersihan. Sedangakan untuk umat Islam, sapi bali biasa dipakai sebagai binatang kurban pada ketika hari raya Idul Adha. Sehinga pemerintah perlu memerhatikan keberadaannya, semoga terus berkembang.
Reproduksi sapi bali dkenal dengan sangat baik, sapi bali betina sudah sanggup dikawinkan, ketika sudah mencapai umur 2-2,5 tahun. Pada umur itu, sapi sudah mempunyai organ yang sangat sempurna, Jarak ssapi bali melahirkan anak berkisar antara 12-14 bulan,.

Sapi bali mempunyai tingkat karkas yang tinggi dibandingkan dengan sapi lokal yang lain, yaitu sekitar 53,26%, Peranakan Ongole 46.9%. Perbandingan antara daging dan tulang yaitu sekitar 4,4 :1. Kendati mengalami perubahan ukuran dan bobot badan, secara kesuluruhan ciri-ciri sapi bali masih sama dengan banteng sebagai moyangnya. Saat lahir, anak sapi bali berwana sawo matang merah mengkilap dengan garis hitam di punggung yang terlihat jelas. Setelah dewasa, sapi betina tetap  berwarna sawo matang kemerahan, sedangkan sapi jantan berwarna hitam. Jika dikebiri, sapi jantan mempunyai bulu berwarna sawo matang kemerahan mirip sapi betina.

Baik jantan maupun betina, sapi ini mempunyai bulu berwarna putih di bidang belakang paha atau pantat dan kaki bab bawah berwarna putih. Pada sapi jantan yang sudah tua, akan muncul warna putih pada dahinya dan diantara dasar-dasar tanduknya. Sapi bali mempunyai dada yang dalam dan tubuh padat. Tanduk sapi bali jantan tumbuh melebar kea rah luar kepala, sedangkan tanduk betinanya cenderung mengarah kedalam.  Kaki sapi bali pendek ibarat kaki kerbau. Berat sapibali jantan sanggup mencapai 450 Kg, sedangkan berat sapi bali betina atara 300-400 kg.

Keunggulan sapi bali,  mempunyai daya tahan terhadap panas tinggi, pertumbuhan tetap baik walaupun  dengan pakan yang buruk dengan persentase karkas tinggi dan kualitas daging baik. Umumnya, sapi bali betina sanggup beranak setiap tahun. Sayangnya pertumbuhan bobot hari sapi ini hanya 0.5 kg, dibandingkan dengan sapi lainnya mirip Sapi Simmental, sapi brahman, sapi limousin yang sanggup mencapai bobot harian 1,2 kg/hari.

0 Response to "Harga Sapi Bali Terbaru 2017 Jelang Idul Adha"

Total Pageviews