Latest News

Harga Sapi Di Pasar Binatang Mulai Naik 1 Hingga 2 Juta Per Ekor

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Sapi di Berbagai Pasar Hewan Mulai Menunjukkan Kenaikkan Harga Yang Cukup Tinggi, Antara 1 - 2 Juta Per Ekor

Dilansir dari situs sakadoci.com paceklik harga sapi yang sempat turun dan stagnan beberapa bulan sebelum memasuki bulan Ramadhan dan Syawal (Idul Fitri) mulai berubah dengan banyaknya pedagang sapi musiman yaitu pedagang sapi kurban yang mulai mengunjungi pasar hewan-pasar binatang di area Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY. Kebanyakan dari para pedagang tersebut yakni mereka yang memang hampir tiap tahun membuka lapak sapi kurban dan binatang kurban lainnya menyerupai kambing di seputaran Jabodetabek. Untuk gosip selengkapnya mengenai kenaikkan harga sapi lokal terutama untuk sapi lokal spek kurban silahkan dibaca dibawah ini.

Untuk berat sapi yang paling diminati para pedagang sapi kurban yakni range berat antara 200 - 350 kg sebab berat ini juga yang paling banyak dicari meraka yang mau berkurban dan sesuai dengan kebanyakan budget para pembeli sapi kurban.

Pergerakan harga sapi lokal di pasar ternak secara umum memang sangat terpengaruh dengan berbegai moment hari besar Islam, meskipun hal ini tidak mutlak menjadikan kenaikkan harga. Seperti pada moment jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini ternyata harga sapi tidak terlalu terpengaruh atau naik dengan signifikan bahkan cenderung stabil atau tetap.


Setelah moment lebaran idul fitri berlalu biasanya harga sapi akan cenderung tetap dan akan merangkak naik ketika para pedagang binatang kurban (sapi kurban) mulai mengumpulkan stok sapi kurban untuk dijual ketika hari raya. Dan ternyata mulai ahad ini, beberapa pasar binatang sudah mulai banyak kedatangan "tamu" para pengepul maupun pengirim sapi kurban yang biasanya dipasarkan disekitar Jabodetabek.

Mulai munculnya para pedagang musiman ini setidaknya menjadi berkah bagi pedagang sapi maupun peternak yang kebetulan mempunyai ternak sapi yang siap dijual pada bulan-bulan menjelang hari raya kurban ini. Peternak yang mempunyai sapi lokal dengan ukuran kecil yaitu dengan bobot antara 250 - 350 kg menjadi incaran pada pedagang binatang kurban. Kondisi ini menjadikan harga sapi lokal dengan ukuran bobot tersebut pribadi naik dengan signifikan.

Berdasarkan informasi dari seorang blantik yang biasa beroperasi di pasaran Lumajang dan Probolinggo yaitu Bp M. Sahri, pada minggu-minggu awal Juli 2017 ini harga sapi dengan ukuran kecil mulai naik harganya dengan signifikan. Harga sapi ukuran ini naik antara 1 juta hingga 1, 5 juta rupiah sehingga sapi-sapi yang tadinya dibanderol dengan harga Rp 14 - 16 jutaan ketika ini harga yang ditawarkan sudah mencapai Rp 15 - 17,5 juta.

Kenaikkan harga pada sapi ukuran ringan ini sedikit mensugesti harga sapi siap potong tetapi tidak terlalu signifikan kenaikkan pada sapi besar atau siap potong. Sapi dengan berat 500 - 700 kg masih mempunyai harga yang relatif stabil.

Senada dengan M Sahri, seorang jagal yang biasa beroperasi di pasar binatang Jombang, Bojonegoro, Kediri dan sekitarnya yaitu Bp M Amin juga mengutarakan hal yang sama. Dalam ahad ini untuk harga sapi-sapi spek kurban dengan berat 300 an kg harga mulai naik 1 - 2 juta per ekor. Harga sapi ukuran besar siap potong juga mulai naik mengikuti musim harga sapi-sapi spek kurban. Bahkan sapi-sapi betina afkir yang tadinya berharga sangat miring kini mulai naik pula harganya. Dan kondisi ini diperkirakan akan terus berlangsung hingga menjelang hari raya Idul Adha.

Untuk situasi harga sapi lokal di sekitar pasar kawasan Yogya dan Sekitarnya serta beberapa pasar binatang di Jawa Tengah juga mengalami hal yang sama. Sapi-sapi dengan spek kurban di beberapa pasar binatang di Jateng dan DIY juga mulai menunjukkan kenaikkan harga antara 1 - 2 juta per ekor.

Berikut informasi harga sapi lokal dibeberapa pasar binatang yang dikonversi menurut harga per kg berat hidup:
  • Harga sapi lokal siap potong dengan berat 500 - 600 an kg antara Rp 43.000 - Rp 45.000/kg
  • Harga sapi lokal spek kurban jenis Limousin dan Simental serta sapi PO antara Rp 47.000 - 49.000/kg
  • Harga sapi kurban jenis sapi Madura berkisar antara Rp 50.000 - Rp 60.000/kg
Catatan: makin kecil berat sapi kurban biasanya harga per kg nya akan semakin mahal.

Untuk sapi yang menjadi idola atau yang paling banyak akan dicari pedagang untuk persiapan hari raya kurban tahun ini diperkirakan masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu sapi dengan berat kecil antara 250 - 350 kg. Sedangkan sebagian kecil akan mencari sapi super Jumbo dengan berat diatas 1 ton yang biasanya dikurbankan oleh para pejabat atau tokoh masyarakat.

Informasi harga diatas dapat saja berubah sewaktu-waktu seiring mendekatnya hari raya kurban, harga juga dapat berbeda di beberapa pasar hewan. Semoga dapat menjadi teladan dan bermanfaat.

0 Response to "Harga Sapi Di Pasar Binatang Mulai Naik 1 Hingga 2 Juta Per Ekor"

Total Pageviews