Latest News

Burung Cipoh Atau Cipoh Kacat

Burung Cipoh atau Cipoh kacat (Aegithina tiphia) yaitu burung pengicau kecil yg ditemukan di Anakbenua India dengan populasi yg mengatakan variasi bulu, beberapa di antaranya dianggap subspesies. Cipoh kacat ditemui di semak-semak, Mudah ditemukan menurut siulannya yg lantang dan warnanya yg terang.

Selama masa perkawinan, burung jantan pamer dengan berbagi bulu-bulunya dan berputar di udara sehingga tampak menyerupai bola hijau, hitam, kuning dan putih.
Persebaran & habitat Cipoh kacat ditemukan sedari Persia, India, Annam, negara-negara Indochina, Malaysia, sampai Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Filipina. Ditemukan pula di Pulau Bali.
Aegithina tiphia memiliki habitat yg sangat fleksibel. Tinggal di habitat menyerupai di hutan sekunder, perkebunan, padang terbuka, sampai hutan mangrove di tepi pantai. Di Indonesia, cipoh kacat berada di tepian hutan, menyenangi hutan yg tidak terlalu lebat, dan biasanya bersarang di pinggiran hutan pada cabang-cabang pohon yg rendah. Sering pula ditemukan di kebun-kebun milik rakyat, semak-semak, dan ladang anggrek. Ditemukan di bukit-bukit sampai pada ketinggian 1500-2000 mdpl.
Cipoh menggugurkan bulunya dua kali dalam setahun dan variasi bulu membuat mereka agak besar lengan berkuasa pada bulu menurut pemisahan populasi. Saat mabung/menggugurkan bulu, fisiknya menjadi drop dan rentan terhadap penyakit dan malah, ia bakal berhenti berkicau.
Cipoh kacat/sirtu yg sering pula disebut cipeuw, telah banyak dipelihara di Indonesia. Cipoh kacat cukup baik/cocok bila dipelihara dengan penuh kesabaran. Cipoh kacat cocok dipelihara oleh mereka-mereka yg membutuhkan ketenangan dan perenungan, untuk mencari pandangan gres baru menyerupai penulis lagu dan komposer alasannya memang abjad cipoh kacat sangatlah tenang, juga pemalu dan pendiam. Untuk memelihara cipoh kacat, kita memerlukan sangkar yg besar dan Musti dipelihara bersama, jantan dan betina. yg menjadi daya tarik, dikala berkicau, bakal meggerakkan sayapnya, namun sayang, burung ini rentan penyakit dan Mudah mati.

0 Response to "Burung Cipoh Atau Cipoh Kacat"

Total Pageviews