Latest News

Membedakan Jenis Kelamin Dan Perawatan Cucak Kombo

Sebenarnya sudah cukup usang mengenal burung Cucak Kombo di pasar-pasar burung, namun belum tertarik waktu itu alasannya yaitu merasa belum cukup telaten untuk memelihara burung jenis pemakan sari-sari madu.

Burung Cucak Kombo atau sanggup juga disebut Kecial Kombo merupakan burung jenis penghisap madu dan masih dalam keluarga nectarinideae, burung jenis penghisap madu merupakan jenis burung yg dilindungi oleh pemerintah mengingat burung tersebut sangat diharapkan untuk membantu proses pembuahan dan penyerbukan pada tanaman.

Sebenarnya sudah cukup usang mengenal burung Cucak Kombo di pasar Membedakan jenis kelamin dan perawatan Cucak Kombo
Cucak Kombo
Dalam kesehariannya di alam bebas, Cucak Kombo biasa mengkonsumsi nectar atau sari bunga-bunga kemudian juga memakan serangga-serangga kecil-kecil menyerupai lalat, kroto, semut dan ulat-ulat kecil.

Di alam bebas, Cucak Kombo hidup di hutan-hutan rindang menyerupai hutan bakau, hutan lebat, tempat perkebunan kelapa dan menyukai daerah-daerah erat dengan sumber air.

Dalam berkembang biak, Cucak Kombo menentukan menyimpan sangkarnya di pohon-pohon pakis atau pohon dengan dedaunan rindang pada ketinggian kurang lebih 5 mtr dari tanah. Sangkar burung Cucak Kombo biasanya berbentuk cawan bundar berbahan rerumputan kering dan bulu-bulu halus.

Membedakan jenis kelamin burung Cucak Kombo.

Membedakan jenis kelamin burung Kecial Kombo memang bukan perkara yg simpel dan Mudah, mengingat ciri dan warna bulu antara jantan dan betina hampir menyerupai menimbulkan kita kesulitan untuk membedakan jenis kelaminnya.

Namun ada sedikit Tipsnya yg sanggup dijadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin Burung Cucak Kombo.
  • Betina Cucak Kombo, pada bab bawah perut dan paruhnya terdapat garis kuning sedangkan bab punggungnya memiliki warna cenderung lebih mayoritas kekuningan.
  • Burung Jantan, dipercaya memiliki postur badan lebih besar dibandingkan dengan betinanya, namun hal tersebut tidak sanggup dijadikan patokan mutlak jikalau kita tidak menyediakan pembandingnya.

Perawatan harian Cucak Kombo.

Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa burung Kecial Kombo merupakan jenis burung pemakan sari bunga, madu-maduan dan serangga kecil-kecil.

Jika Sobat sudah terlanjur memiliki dan ingin memeliharanya di dalam sangkar, maka pakan yg dianjurkan yaitu berupa air gula,air susu, madu-maduan. Serangga sanggup Sobat Kicau Mania berikan juga menyerupai Kroto, Ulat Hongkong dan lain sebagainya.

Untuk proteksi air gula, madu atau air susu sebaiknya setiap hari pada pagi hari disarankan selalu diganti dengan yg baru. Mengingat air gula, air susu atau madu jikalau diagarkan dalam kondisi terbuka bakal cepat bau dan tentunya tidak baik dikonsumsi lagi oleh burung.

Selain air gula, air susu dan madu yg Musti selalu diganti setiap pagi, kroto dan ulat hongkong juga lebih baik selalu diberikan setiap hari supaya burung tercukupi gizinya dan tidak lemas hanya memakan air gula saja.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Membedakan Jenis Kelamin Dan Perawatan Cucak Kombo"

Total Pageviews