Latest News

Diberi Pakan Ini Sebelum Gantang Kenari Ini Bisa Berdurasi Panjang, Cengkok Glamor Dan Suara Di Satu Titik


Meskipun size kalitan atau bodi berukuran kecil, BJ bisa bersaing di kelas kenari gabungan melawan gaco-gaco berpostur bongsor seri F. Koleksi tropi kenari lokal berwarna kuning sunkis ini sudah puluhan, kebanyakan top podium.

Seperti di Kontes Mancar BC yang digelar di Arena Mancar BC di Desa Mancar, Peterongan Jombang pada Jumat, 6 April, BJ berhasil merajai kelas kenari dan merangkum dua prestasi puncak dari kelas A dan B.

Durasi di rumah maupun lapangan BJ cukup stabil, berkisar 45 detik dengan vokal standar kenari diselingi bunyi ciblek. Perpindahan lagu atau cengkok terdengar dalam dan mewah. Namun, keindahan bunyi yang dipadu durasi glamor itu tidak akan ada apa-apanya jikalau gaco tiba-tiba bunyi sambil ngruji atau ngecop.


Kenari durasi panjang banyak, cengkok glamor juga banyak. Tapi jikalau cari durasi panjang, cengkok glamor dan bunyi di satu titik, itu gres istimewa. Seperti apa setingannya?

"Alhamdulillah BJ tidka pernah ngecop, tidak pernah bunyi sambil ngruji. Di lapangan, BJ jikalau bunyi selalu tancap di satu titik. Padahal, gaco kalitan kebanyakan suka bunyi sambil bergeser atau ngering. Tapi BJ sangat tenang," beber Arsya atau Ardiyan Bayem.
Menurut Ardiyan Bayem, tidak ada yang istimewa soal perawatan BJ. Pakan pun beli kiloan di pasar. "Campuran kenari sit, milet putih dan merah, biji sawi dan niger sit. Untuk harian, aku kasih pisang kepok. Tapi jikalau di lapangan aku beri jagung muda," ungkapnya.
Jagung muda, ternyata menjadi kunci setingan BJ biar bisa tancap di satu titik. "Kalau tidak dikasih jagung muda, BJ cenderung badung dan kurang fighter. Tapi jikalau sudah makan jagung, BJ sangat stabil," lanjut Bayem.
semoga menginspirasi
disunting dari www.burungnews.com

0 Response to "Diberi Pakan Ini Sebelum Gantang Kenari Ini Bisa Berdurasi Panjang, Cengkok Glamor Dan Suara Di Satu Titik"

Total Pageviews